Mungkin sudah sering kita jumpai rumah-rumah berbentuk persegi panjang dengan atap yang datar, itulah salah satu ciri desain rumah modern. Ciri lain adalah keterbukaan yang ditonjolkan oleh kaca baik sebagai pintu ataupun jendela yang luas, juga oleh warna-warna terang seperti putih atau pastel. Desain rumah modern juga berusaha menghadirkan keseimbangan dengan penyajian unsur alam, seperti material kayu pada beberapa bagian rumah dan tanaman sebagai ornamen.

dekoruma.com

Meski karakter utama dari desain rumah modern adalah kepraktisan baik dalam fungsi ruang maupun keberadaan perabot, namun bukan berarti desain rumah modern harus minim dekorasi. Buat kamu yang bingung apa saja sih barang dekorasi yang cocok buat desain rumah modern, langsung saja yuk, simak artikel berikut!

1. Ornamen Dinding Memaniskan Desain Rumah Modern

dekoruma.com

Rasanya ada yang kurang jika dinding pada desain rumah modern dibiarkan polos begitu saja. Selain foto keluarga, beberapa hiasan dinding juga akan tampil manis pada desain rumah modern. Kamu bisa memajang lukisan alam favoritmu, atau benda seni yang kamu dapat dari mengunjungi tempat-tempat spesial.

2. Tanaman Hijau dan Bunga

dekoruma.com

Desain rumah modern tentunya tidak lengkap tanpa hiasan alami. Tanaman hijau dan bunga dapat membuat desain rumah modern terlihat lebih segar. Ada beberapa pilihan tanaman hijau daun untuk dipajang di atas meja, misalnya saja pokok duit-duit. Tanaman hijau satu ini selain simpel juga tidak membutuhkan banyak air dan cahaya matahari langsung.

Namun jika kamu ingin sesuatu yang lebih berwarna untuk desain rumah modern, bunga krisan mungkin akan membuatmu jatuh hati. Krisan memiliki warna-warna yang menawan seperti ungu, kuning, dan merah muda.

dekoruma.com

Kamu bisa memilih salah satu warna atau mengombinasikannya. Selain cantik, bunga krisan juga bermanfaat bagi tubuh lho, karena bisa mengurai senyawa-senyawa yang merugikan.

Untuk tanaman hijau yang diletakkan di sudut ruangan, lidah mertua atau monstera mungkin bisa kamu pilih. Kepraktisan pada desain rumah modern bisa tercermin oleh lidah mertua sebagai dekorasi. Asalkan punya ventilasi, lidah mertua hanya perlu sedikit air dan cahaya matahari untuk bertahan hidup.

3. Wallpaper untuk Desain Rumah Modern

Salah satu barang dekorasi yang memiliki banyak pilihan warna, motif, bahkan tekstur adalah wallpaper. Jika kamu ingin menyempurnakan tampilan desain rumah modern dengan memasang wallpaper, maka beberapa saran berikut ini mungkin membantu.

dekoruma.com

Wallpaper pada ruang tamu sebaiknya memiliki tekstur agar dinding tampak lebih menonjol, pilihlah motif seperti pola geometri, bunga, atau monokromatik. Pastikan warnanya selaras dengan keseluruhan ruangan. Untuk ruang keluarga, pilihlah wallpaper berbahan vinyl agar lebih mudah dibersihkan, terutama jika memiliki anak-anak.

Pasanglah wallpaper berwarna seperti cokelat, krem, atau hijau muda. Motif-motif kalem seperti garis-garis lurus atau melengkung, dan polkadot bisa membuat ruangan tampak menenangkan dan menarik.

4. Bean Bag di Ruang Keluarga

Kursi malas seperti bean bag yang nyaman diduduki pastinya nggak boleh ketinggalan dong dalam desain rumah modern terutama di ruang keluarga. Warna bean bag bisa kamu sesuaikan dengan warna dominan ruangan, atau jika kamu ingin bean bag sebagai aksen yang bold, kamu bisa memilih warna bean bag yang kontras dengan ruangan.

dekoruma.com

Setidaknya ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih

bean bag.
Pertama, pastikan jahitan bean bag rapi agar styrofoam di dalamnya tidak berhamburan. Pilih bean bag berbahan halus atau katun yang elastis sehingga mudah menyerap keringat. Dianjurkan memilih bean bag yang punya dua lapisan, yaitu lapisan cover dan lapisan isi yang empuk, selain lebih nyaman juga mudah dicuci.

5. Lemari atau Rak untuk Desain Rumah Modern yang Praktis

dekoruma.com

Keberadaan lemari seringkali membuat sesak ruangan, terutama jika lemari berukuran besar. Pada desain rumah modern, kepraktisan merupakan salah satu ciri yang tidak bisa dihilangkan. Untuk itu, menggunakan lemari pakaian yang simpel dan tidak memakan banyak ruang pastinya perlu dilakukan.

dekoruma.com

Sebuah rak terbuka cocok untuk menyimpan pakaian, aksesoris, dan sepatu di dalam kamar. Sekat-sekat ruangan pada desain rumah modern pun bisa dimanfaatkan sebagai tempat rak gantung atau sebagai rak buku yang bisa digunakan untuk menaruh buku-buku hingga ornamen.

6. Lampu Gantung pada Desain Rumah Modern

dekoruma.com

Adanya lampu gantung bisa meningkatkan penampilan desain rumah modern. Lampu gantung pada desain rumah modern sebaiknya tidak memiliki banyak detail, tetapi memiliki bentuk yang elegan dan menawan.

Jangan memilih lampu gantung yang terlalu panjang, sepertiga tinggi ruangan sudah cukup. Namun, apabila desain rumah modern memiliki langit-langit yang tinggi, kamu bisa memilih lampu gantung yang panjangnya hingga setengah tinggi ruangan.

7. Karpet Sesuai Kebutuhan Tiap Ruang pada Desain Rumah Modern

dekoruma.com

Agar desain rumah modern terasa lebih hangat dan homey, penggunaan karpet pada beberapa ruangan tentu dibutuhkan. Misalnya saja pada ruang tamu, kamu bisa memilih karpet berbahan wol yang cantik namun mudah dibersihkan. Sedangkan untuk ruang keluarga, gunakanlah karpet jenis berber karena lebih elastis dan cocok untuk ruangan dengan aktivitas yang tinggi. Jangan gunakan karpet berbulu tebal dan mudah menangkap debu apabila anggota keluarga memiliki riwayat alergi.

8. Pintu Utama pada Desain Rumah Modern

marthastewart.com

Pintu utama yang besar sedang menjadi tren pada desain interior akhir-akhir ini. Contohnya saja pintu berukuran sekitar 48 inci yang cocok untuk desain rumah modern. Selain bentuknya yang elegan, pintu ini bisa membuat desain rumah modern memiliki nuansa klasik dan modern sekaligus.

9. Memakai Bantal-Bantal Sofa

dekoruma.com

Keberadaan sofa pada desain rumah modern sebaiknya memang tidak terlalu kosong. Tidak ada salahnya menambahkan beberapa bantal sofa yang empuk pada sofa ruang tamu. Selain sebagai unsur dekorasi, bantal sofa dapat membuat ruang tamu pada desain rumah modern tampil lebih friendly.

Seimbangkan warna bantal dengan sofa, jika warna sofa polos maka kamu bisa memilih bantal dengan warna terang misalnya merah. Bantal sofa juga bisa menjadi aksen yang ceria. Meski begitu, jangan tambahkan bantal terlalu banyak karena akan membuat duduk kurang nyaman.

10. Cermin untuk Desain Rumah Modern yang Lebih Lapang

Siapa bilang cermin hanya berfungsi untuk memantulkan bayangan? Keberadaan cermin pada desain rumah modern juga berfungsi untuk membuat ruangan terasa lebih luas. Termasukcermin berukuran kecil seperti cermin di meja rias, lho!

dekoruma.com

Cermin sebaiknya tidak memiliki bingkai dengan banyak detail. Kamu bisa menemukan cermin yang pas di dekoruma. Posisikan cermin berhadapan dengan pandangan namun jangan letakkan cermin berhadapan dengan pintu. Di samping itu, cahaya dari lampu dinding jika memantul pada cermin akan membuat ruangan pada desain rumah modern semakin menawan.


Jadi sudah menyiapkan apa saja sebagai barang dekorasi pada desain rumah modern milikmu? Pastikan barang dekorasi tidak hanya memenuhi ruangan saja ya, tetapi juga mendukung desain rumah modern lebih cantik dan menarik. Kalau suka dengan artikel ini, jangan lupa share dan cek artikel menarik lainnya di Dekoruma!

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma adalah solusi yang tepat! Dekoruma jual Pro Design, Heim Studio, dan Livien, tiga merek furnitur ternama yang tak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Selain itu, Dekoruma juga menyediakan aneka perlengkapan untuk semua ruangan rumahmu. Misalnya untuk kamar mandi, Dekoruma jual closet duduk, bathtub, cermin, dan rak penyimpanan. Untuk perlengkapan kamar tidur, ada sprei, selimut, slippers, kasur lipat, hingga bantal & guling. Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumah bersama Dekoruma!