Permukaan lantai yang ditutupi kayu akan menciptakan suasana hangat dan alami di dalam hunian. Namun, menggunakan lantai kayu bisa dibilang susah-susah gampang untuk urusan perawatannya.

Misalnya saja kamu harus menjaga kelembapan udara di dalam ruangan karena sifat kayu yang mudah lapuk. Belum lagi harus rajin melakukan furnishing agar tetap terlihat cantik. Bagi kamu yang ingin menciptakan suasana hangat dan alami khas dari material kayu namun tidak ingin repot merawatnya, coba saja gunakan keramik motif kayu.

Keramik motif kayu ini bisa menciptakan suasana yang sama persis dengan lantai kayu, ditambah lagi kamu bisa bebas berlarian di atasnya karena daya tahan keramik lebih kuat dibandingkan lantai kayu.

Terdengar menarik, ya. Jika kamu tertarik untuk mengaplikasikannya pada lantai hunian, yuk simak beberapa keramik motif kayu dengan pola terfavorit berikut ini!

1. Keramik motif kayu dalam berbagai warna

archiproducts.com

Keramik motif kayu tidak hanya untuk hunian bergaya tradisional saja, tapi juga cocok untuk diterapkan pada hunian bergaya modern. Agar kesan tradisionalnya hilang, kamu bisa menggunakan beberapa warna kayu sekaligus. Perpaduan warna kayu cokelat tua, cokelat muda, abu-abu, dan putih akan menciptakan kesan modern dan cerah.

 

2. Keramik motif kayu dengan pola papan catur

hgtv.com

Siapa bilang papan catur hanya sah jika berwarna hitam dan putih? Kamu juga bisa menggunakan pola papan catur menggunakan keramik motif kayu. Pilihlah warna cokelat tua sebagai pengganti warna hitam dan warna cokelat muda sebagai pengganti warna putih pada pola papan catur. Garis serat kayu pada keramik akan membuat lantai semakin indah.

3. Keramik motif kayu dengan garis bergelombang

trendir.com

Bagi kamu yang ingin menghadirkan kesan dinamis dan natural, cobalah menggunakan keramik motif kayu yang garisnya bergelombang bukan garis lurus. Tidak hanya terlihat dinamis, keramik motif kayu ini jika dilihat sekilas seperti memiliki efek 3D seakan-akan permukaan lantainya tidak rata.

4. Keramik motif kayu dengan cat mengelupas

emersonwindy.com

Pada hunian berusia tua yang menggunakan lantai kayu, kamu akan menemukan cat dan beberapa bagian kayu mengelupas. Jika kamu menerapkan model ini pada hunian dan rumah modern dengan cara yang tepat, suasananya tidak akan mencekam melainkan keren. Keramik motif kayu dengan efek cat yang mengelupas ini sangat cocok untuk hunian modern bergaya interior rustic atau interior shabby chic.

5. Keramik motif kayu serba putih

homeflooringpros.com

Material kayu identik dengan warna cokelat. Meski demikian bukan berarti kamu tidak bisa menggunakan warna lain untuk material kayu, misalnya warna putih. Keramik motif kayu berwarna putih ini menciptakan suasana yang bersih dan nyaman. Biasanya keramik ini digunakan pada hunian bergaya Skandinavia.

6. Keramik motif kayu dengan pola horisontal dan vertikal

ikadceramic.com

Penggabungan pola horisontal dan vertikal bisa menciptakan anyaman yang sederhana. Pada desain ini, 1 buah keramik motif kayu berisi 4 bar kayu. Kamu hanya perlu memasangnya selang-seling seperti yang terlihat pada gambar. Caranya mudah dan hasilnya menarik, ya!

7. Keramik motif kayu dengan efek 3D

thespruce.com

Keramik motif kayu berikutnya memiliki efek 3D berkat susunan garis horisontal yang tidak sejajar. Bukan menciptakan efek bergelombang, keramik motif kayu ini justru menciptakan efek permukaan lantai yang memiliki perbedaan tinggi. Seperti ada tangga di seluruh ruangan ini. Kalau kamu menerapkannya pada hunian, kira-kira akan merasa pusing tidak?

8. Keramik motif kayu pertemuan 4 garis

lowes.com

Keramik motif kayu yang satu ini rasanya tidak asing lagi buat kamu. Motif yang mempertemukan 4 garis pada satu titik ini jika dipasang pada lantai dalam jumlah banyak akan menghasilkan pola belah ketupat yang berukuran besar. Motif kayu seperti ini cocok untuk digunakan pada ruangan berukuran kecil.

9. Keramik motif kayu pola berjejer dengan beragam warna

houzz.com

Keramik motif kayu yang berjejer dalam satu warna sudah sangat umum ditemukan. Bagaimana jika menyusun keramik motif kayu ini dalam berbagai warna seperti cokelat, abu-abu, dan putih sekaligus? Agar terlihat menarik, kamu bisa meletakkan warna-warna secara acak.

 

10. Keramik motif kayu berpola anyaman

thespruce.com

Sering melihat pola anyaman tas atau tampah dari lembaran kayu? Pola anyaman tersebut juga bisa kamu terapkan untuk lantai menggunakan keramik motif kayu seperti pada gambar. Sesuaikan ukuran keramik dan anyaman dengan ukuran ruangan agar terlihat serasi.

11. Keramik motif kayu dengan gabungan segitiga

thehomedepot.com

Keramik motif kayu berikutnya yang bisa menjadi penghias lantai hunianmu adalah gabungan 4 segitiga dalam warna yang berbeda. Keempat segitiga ini akan menghasilkan bentuk seperti baling-baling. Sederhana namun bisa membuat lantai hunian terlihat lebih menarik.

12. Keramik motif kayu dengan pola ikatan / jaring

pinterest.com

Keramik motif kayu ini akan sulit diterapkan jika memakai material kayu sungguhan karena polanya cukup rumit. Keramik ini memiliki pola menyerupai ikatan tali atau jaring. Orang yang berjalan di atas lantai dengan keramik motif ini pasti akan terpesona saat melihatnya.

13. Keramik motif kayu dengan pola herringbone

archiproducts.com

Keramik motif kayu berikutnya adalah keramik yang berpola herringbone. Herringbone sendiri berbentuk menyerupai susunan tulang ikan herring. Pola ini membuat ruangan tidak terlihat kaku. Ditambah lagi dengan penggunaan 3 warna yang berbeda sekaligus, ruangan ini semakin terlihat cantik dan cerah.

14. Keramik motif kayu dominasi abu-abu seperti batu alam

houzz.com

Jika dilihat sekilas, keramik motif kayu ini seperti terbuat dari batu alam karena warnanya yang didominasi abu-abu. Mirip dengan batu alam yang biasa dipakai pada desain keramik dapur. Namun, bentuk keramiknya tetap menonjolkan ciri khas lantai kayu yang berbentuk persegi panjang atau balok ramping.

15. Keramik motif kayu bentuk kotak yang memiliki pusaran

pinterest.com

Keramik motif kayu berikutnya berbentuk kotak. Tidak seperti keramik berbentuk kotak pada umumnya, bentuk kotak ini terdiri dari beberapa bentuk persegi panjang yang disusun mengelilingi sudut sehingga terciptalah titik pusaran. Hampir mirip seperti lolipop, hanya saja bentuknya bukan lingkaran melainkan kotak kaku.

16. Keramik motif kayu klasik

thehomedepot.com

Keramik motif kayu yang disusun rapi berjajar ini sangat klasik dan paling sering ditemui di beberapa tempat. Bagi kamu yang memiliki hunian bergaya tradisional atau country, memilih keramik seperti ini merupakan keputusan yang tepat.

17. Keramik motif kayu pola segi enam

pinterest.com

Keramik motif kayu bisa memiliki pola yang beragam dan rumit, salah satunya adalah pola segi enam seperti ini. Pola segi enam berwarna abu-abu tua yang memiliki bingkai tebal berwarna putih ini akan membuat lantai hunian kamu menjadi focal point. Jika sudah demikian, kamu tidak perlu menambahkan berbagai dekorasi lagi pada interior rumah.

Itulah 17 jenis keramik motif kayu yang terfavorit para pemilik hunian. Dari ketujuh belas jenis keramik tadi, keramik mana yang ingin kamu gunakan untuk menghiasi lantai hunian?

Jangan lupa lengkapi hunianmu dengan ragam furnitur dari Dekoruma, ya! Dekoruma jual Livien dan Pro Design, dua merek furnitur ternama yang tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Selain furnitur, Dekoruma juga jual kasur Elite dan King Koil untuk menemani kamu tidur siang dan malam.

Kamu sedang mencari tempat tinggal baru? Dekoruma juga bisa menjadi solusi yang tepat! Melalui DekorumaHouse, kamu bisa menemukan hunian yang nyaman di dalam perumahan yang lokasinya strategis, seperti perumahan baru di Bekasi, Jakarta Selatan, dan Depok. Tunggu apa lagi? Yuk, cari rumah impianmu di Dekoruma sekarang juga!