Meja makan adalah furnitur utama yang harus ada di dalam ruang makan. Fungsinya? Jelas untuk meletakkan makanan sehingga seluruh anggota keluarga bisa menikmati makanan dengan nyaman tanpa perlu memegangi piring terus-menerus. Di antara begitu banyak model meja makan, yang paling populer di kalangan masyarakat adalah meja makan minimalis.

Meja makan minimalis sendiri memiliki berbagai jenis, seperti meja makan minimalis lipat atau meja makan minimalis yang terbuat dari kaca. Supaya tidak penasaran lagi, langsung saja simak beberapa jenis meja makan minimalis yang bisa kamu gunakan di rumah berikut ini!

1. Meja makan minimalis breakfast bar

styleathome.com

Meja makan minimalis berupa bar ini biasanya menyatu dengan kitchen island atau bagian lainnya dari dapur. Bentuknya memanjang dan cukup tinggi, sekitar 125 cm hingga 150 cm. Untuk bisa menikmati makanan di meja makan  minimalis ini, kamu harus menggunakan kursi bar dengan kaki yang tinggi juga. Breakfast bar cocok digunakan untuk menikmati minuman dan makanan ringan sambil berbincang santai.

2. Meja makan minimalis dengan kaki pedestal

potterybarn.com

Selain meja makan minimalis dengan dua kaki meja, ada juga meja makan yang hanya memiliki satu kaki meja. Meja makan minimalis ini disebut sebagai pedestal table. Meja jenis ini umumnya memiliki bentuk bulat dan berukuran sedang. Kaki mejanya berada di tengah meja dengan beberapa susunan balok sebagai alasnya.

3. Meja makan minimalis dengan kaki sawhorse

charlesandhudson.com

Kaki meja makan minimalis tidak selalu harus berbentuk lurus dan memiliki empat kaki meja. Sebuah meja makan minimalis juga bisa terlihat unik berkat kaki meja dengan bentuk sawhorse atau bentuk menyerupai segitiga seperti ini.

4. Meja kopi untuk meletakkan minuman dan camilan

dekoruma.com

Saat menerima kunjungan dari teman atau keluarga, kamu akan berkumpul di ruang keluarga. Acara kunjungan ini tidak akan lengkap tanpa menghidangkan minuman dan camilan. Hal ini sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia.

dekoruma.com

Dengan kehadiran meja kopi, kamu bisa meletakkan minuman dan camilan di tengah ruang. Dibandingkan dengan meja lainnya, sebuah coffee table berukuran kecil hingga sedang dengan tinggi sekitar lutut orang dewasa. Selain minuman dan camilan, kamu juga bisa meletakkan majalah atau dekorasi vas bunga di atasnya.

5. Meja konsol penghias sudut ruangan

dekoruma.com

Selain meja makan minimalis, ada juga meja untuk meletakkan aneka pajangan. Meja seperti ini disebut dengan meja konsol. Biasanya meja ini diletakkan di dekat sebelah dinding dekat ruang keluarga atau area pintu masuk hunian. Di atasnya, kamu bisa meletakkan bingkai foto, vas bunga, majalah, dan sebagainya. Sementara itu, di bagian temboknya kamu bisa menggantungkan hiasan dinding, seperti lukisan atau cermin.

6. Meja makan minimalis lipat

pinterest.com

Butuh meja makan minimalis tambahan ketika ada banyak tamu datang? Kamu bisa memanfaatkan meja makan minimalis lipat seperti ini. Saat tidak dipakai, kamu bisa menyimpan meja lipat ini di gudang.

Saat ingin menggunakannya, kamu bisa membuka lipatan dan meletakkannya di tempat yang diinginkan. Meja makan minimalis lipat ini cocok untuk kamu yang tinggal di hunian mungil atau sering mengadakan acara kumpul-kumpul di halaman belakang rumah.

7. Meja makan minimalis ala Jepang, chabudai

pinterest.com

Saat melihat film-film Jepang zaman dulu, kamu akan sering menemukan meja makan minimalis dengan kaki pendek. Meja makan minimalis berkaki pendek ini bernama chabudai.

Karena kakinya pendek, orang yang makan di sekitar meja ini harus duduk bersila menggunakan alas berupa kursi lesehan. Kalau kamu menggunakan meja makan seperti ini, sanggup untuk duduk bersila dalam waktu lama tidak?

8. Meja samping tempat tidur, nakas

dekoruma.com

Meja yang berada di samping tempat tidur atau biasa disebut sebagai nakas ini berbentuk kecil. Meski demikian, kehadirannya tidak boleh disepelekan. Nakas atau dikenal juga dengan nama bed side table ini berguna untuk meletakkan benda-benda kecil dan penting seperti kacamata, jam tangan, buku, gelas, atau ponsel.

Tujuannya agar kamu bisa segera mengambil benda tersebut setelah bangun tidur atau menggunakan benda tersebut tanpa harus beranjak dari tempat tidur. Tidak kebayang kan jika kamu harus berjalan ke ujung kamar untuk mencari kacamata atau minum?

9. End table di sudut ruang keluarga

pinterest.com

Hampir sama seperti nakas, ukuran end table ini kecil dan sering disepelekan. Biasanya meja ini diletakkan di sebelah sofa atau sudut ruangan. Gunanya sebagai tempat meletakkan hiasan seperti vas bunga, lampu meja, atau bingkai foto.

Sangat sederhana, tapi bisa menambah estetika di dalam ruangan. Kalau kamu ingin menggunakan end table ini, sesuaikan dengan gaya interior, ya!

10. Meja makan minimalis dengan material kaca

thresholdbydesign.com

Meja makan minimalis dengan material kaca memiliki beberapa keunggulan. Di antaranya adalah ruang makan mungil bisa terlihat lebih lega karena mejanya tembus pandang. Selain itu, ruangan juga akan terlihat lebih terang. Material kaca pun mudah dibersihkan.

Namun, jenis meja makan minimalis ini juga memiliki beberapa kekurangan seperti materialnya yang mudah pecah ketika kena benturan. Saat makan juga harus berhati-hati agar tidak menimbulkan bekas baret. Oleh karena itu, meja makan minimalis dengan material kaca ini tidak dianjurkan bagi keluarga dengan anak-anak yang masih aktif bergerak.

11. Meja makan minimalis gateleg

pinterest.com

Meja makan minimalis berikutnya adalah meja makan gateleg. Meja makan minimalis gateleg ini adalah sebuah meja yang bagian daunnya bisa dilipat. Meja yang sering disebut juga sebagai meja drop leaf ini populer pada abad ke-16 di Inggris. Selagi dibutuhkan, daun meja ini bisa diangkat dan ukuran meja pun bertambah besar.

12. Meja makan minimalis berbentuk abstrak

pinterest.com

Meja makan tidak selamanya harus berbentuk bundar, persegi, atau persegi panjang. Kamu bisa menggunakan meja berbentuk abstrak juga loh. Misalnya saja meja makan minimalis berbentuk abstrak yang terbuat dari kayu berukuran besar. Meja makan berbentuk abstrak ini bisa menciptakan kesan yang dinamis sekaligus natural, apalagi jika dipadukan dengan kursi makan yang juga terbuat dari kayu senada.

13. Meja makan minimalis dengan keramik

furthurla.com

Keramik yang selama ini melekat di pikiran masyarakat sebagai pelapis lantai, ternyata bisa digunakan untuk mempercantik meja makan. Meja makan minimalis dengan permukaan yang ditutupi keramik ini lebih mudah dibersihkan ketika terkena tumpahan makanan. Kemampuannya menahan beban juga sudah teruji. Agar terlihat cantik, pilihlah keramik berwarna cerah dengan motif yang simetris.

14. Meja makan minimalis dengan kaki trestle

finewoodworking.com

Sebuah meja biasanya memiliki empat kaki di masing-masing sudutnya sehingga beban meja dapat ditopang dengan seimbang. Berbeda dari bentuk meja lainnya, meja makan minimalis dengan kaki trestle ini hanya terdiri dari dua kaki meja.

Meski hanya memiliki dua kaki meja, keseimbangan dan kekuatannya terjamin berkat kerangka yang terhubung di antara dua kaki meja tersebut. Ditambah lagi dengan balok horisontal sebagai alasnya.


Meja makan minimalis jenis apa yang cocok untuk diletakkan di hunian milikmu? Kamu bisa lho mendapatkan meja makan dengan model kekinian di Dekoruma! Selain meja makan, Dekoruma juga jual lemari dapur, kursi bar, dan rak dinding untuk melengkapi ruang makan atau dapurmu. Ada juga aneka perlengkapan dapur. Dekoruma jual toples, piring, wajan, dan panci. Lengkap banget, ‘kan?

Nah, buat kamu yang sedang mencari properti untuk tempat tinggal atau investasi, kamu bisa kunjungi laman Dekoruma Properti. Ada banyak sekali pilihan rumah ataupun apartemen dari berbagai daerah di Jabodetabek. Kamu bisa menemukan rumah dijual di Jakarta Selatan, apartemen dijual di Jakarta Barat, dan rumah baru di Tangerang. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja kepoin Dekoruma!