Lahan sempit sebaiknya jangan dijadikan alasan untuk malas mendekorasi. Meski lahan tergolong sempit, jika didekorasi dengan baik maka tempat tersebut bisa terlihat rapi dan nyaman untuk digunakan. Salah satu area hunian yang sering diabaikan kehadirannya adalah lahan pada model teras rumah. Seringkali pemilik hunian hanya meletakkan beberapa kursi teras atau bahkan membiarkan teras kosong tanpa furnitur apa pun.

idealhome.co.uk

Bagi kamu yang bersikap demikian, yuk mulai benahi teras sekarang agar nyaman digunakan dan hunian terlihat semakin cantik! Kamu bisa menerapkan beberapa model teras minimalis pada lahan sempit berikut ini.

1. Model teras minimalis dengan kursi gantung

boredpanda.com

Jika kamu ingin suasana yang sederhana, model teras minimalis dengan kursi gantung ini adalah pilihan yang tepat. Bentuknya yang unik bisa menjadi focal point pada area teras tanpa harus terlihat berlebihan. Selain itu, gunakan warna-warna terang secara keseluruhan mulai dari dinding, meja, dan bagian lantai.

2. Model teras minimalis ala tumblr

pinterest.com

Desain ala tumblr biasanya identik dengan penggunaan lampu-lampu. Desain ini juga bisa kamu terapkan untuk model teras minimalis. Tidak perlu menggunakan lampu warna-warni, kamu cukup menggunakan lampu gantung minimalis berwarna kuning dan letakkan di bagian atas teras. Pada malam hari, kamu bisa bersantai di sini sambil mengobrol atau menikmati teh hangat. Agar privasi terjaga, gantungkan saja kain putih sebagai tirai di area tertentu.

3. Model teras minimalis dengan konsep lesehan

architectureartdesigns.com

Kunci dari model teras minimalis adalah penggunaan jumlah furnitur yang sedikit agar tidak terasa sempit. Salah satu furnitur yang bisa kamu singkirkan adalah kursi. Sebagai gantinya, kamu bisa meletakkan bantal duduk atau cushion. Konsep ini bisa membuat kamu lebih santai dan bebas.

4. Model teras minimalis ala Skandinavia

architectureartdesigns.com

Buat kamu yang ingin menerapkan gaya Skandinavia sebagai model teras minimalis di lahan sempit, bisa juga loh. Caranya sangat sederhana. Pertama, pilihlah furnitur yang terbuat dari kayu. Dekorasinya cukup dengan beberapa pot tanaman kecil berisi bunga atau tanaman hijau serta tanaman gantung di bagian pinggir. Agar lebih nyaman dan hangat, tutupi kursi dengan selimut bulu berwarna putih atau abu-abu.

5. Model teras minimalis dengan meja tempel

architectureartdesigns.com

Penggunaan furnitur berkaki pada model teras rumah akan membuat area terlihat penuh sesak. Oleh karena itu, kamu bisa menyingkirkan meja biasa berkaki dengan meja tempel yang melekat pada bagian tiang atau tembok. Tidak perlu berukuran besar, yang penting cukup kuat untuk menopang beberapa gelas minuman dan wadah camilan.

6. Model teras minimalis sekaligus taman

pinterest.com

Untuk beberapa hunian yang ada di tengah kota Jakarta, keberadaan taman dihilangkan karena ukuran lahan yang terbatas. Hal ini tentu membuat resah para pecinta tanaman. Meski demikian, area teras rumah bisa dijadikan sebagai taman rumah mini loh!

Model teras minimalis yang berikutnya adalah teras sekaligus taman. Teras yang dijadikan sebagai taman ini bukan berarti dipenuhi dengan tanah dan pohon besar, melainkan dipenuhi dengan berbagai tanaman hias dalam pot yang disusun rapi.

7. Model teras minimalis sederhana namun elegan

livedoor.blogimg.jp

Model teras minimalis berikutnya bisa dibilang minim dekorasi. Dinding berwarna terang dihiasi dengan barisan bunga berwarna merah. Furnitur yang digunakan terbuat dari rotan berukuran kecil. Meski minim dekorasi dan sederhana, model teras minimalis yang satu ini tetap terlihat elegan ya.

8. Model teras minimalis yang penuh warna

decoist.com

Model teras minimalis yang penuh warna ini cocok untuk penghuni rumah yang suka menghabiskan waktu di teras untuk bersenang-senang. Warna-warni yang bisa membangkitkan mood ini bisa kamu terapkan pada bunga, bantal kursi, atau bahkan karpet.

Karena menggunakan banyak material kain dan merupakan area semi outdoor, kamu harus mempertimbangkan lokasi bantal dan karpet apakah akan basah jika sedang turun hujan.

9. Model teras minimalis untuk bersembunyi

decoist.com

Setelah seharian bekerja di luar rumah, tubuh kamu akan merasa penat dan membutuhkan area khusus untuk bersembunyi dari keramaian. Selain bersantai di dalam kamar tidur, area teras juga bisa jadi tempat persembunyian.

Letakkan berbagai tanaman hijau dan beberapa bunga hias gantung cantik hingga menyerupai hutan mini. Di sini kamu bisa bersembunyi dan menenangkan pikiran sebelum tidur. Dibandingkan dengan berdiam di kamar, kamu akan mendapatkan lebih banyak udara segar di teras.

10. Model teras minimalis dengan kursi pantai

decoist.com

Namanya memang kursi pantai, tapi bukan berarti kamu tidak boleh membawanya ke rumah. Kursi pantai bisa jadi elemen yang menarik untuk model teras minimalis.

Bagi kamu yang mengutamakan kenyamanan dan ingin bersantai, kursi pantai ini pas diletakkan pada model teras rumah. Dengan kursi pantai ini kamu bisa berselonjor santai sambil membaca buku dan menikmati secangkir teh hangat kapan pun.

11. Model teras minimalis yang terhubung ke ruang keluarga

pinterest.com

Teras di lahan terbatas biasanya berukuran mungil dan sangat sesak ketika ditambahkan berbagai furnitur. Model teras minimalis yang berikutnya terhubung dengan ruang keluarga melalui pintu kaca besar yang bisa dibuka-tutup dengan cara dilipat.

Model teras minimalis ini seakan-akan menyatu dengan ruang keluarga dan bisa dijadikan area tambahan ketika kamu mengadakan acara kumpul-kumpul dengan banyak tamu. Cukup tambahkan sofa minimalis sesuai dengan konsep teras. Voila! Teras minimalis dan ruang keluarga pun terasa lebih terkoneksi secara harmonis.

12. Model teras minimalis dengan tempat duduk di sudut

pinterest.com

Model teras minimalis di lahan terbatas membuat kamu harus bertindak kreatif dalam memaksimalkan setiap sudut. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan tempat duduk yang memiliki sudut 90º pada sudut teras.

Jika menggunakan kursi kamu hanya bisa meletakkan 2 buah, dengan tempat duduk model ini kamu bisa memberi ruang duduk untuk 3 hingga 4 orang. Jangan lupa menambahkan meja side table mungil untuk meletakkan gelas ya.

13. Model teras minimalis dengan living wall

pinterest.com

Dinding di area teras bisa jadi terlihat polos dan kamu bingung harus meletakkan dekorasi seperti apa. Jika kamu penggemar tanaman, hiasi saja dinding teras dengan living wall alias taman rumah vertikal.

Tidak perlu memenuhi seluruh permukaan dinding dengan tanaman, gantungkan saja beberapa pot dengan pola yang menarik. Bila perlu tambahkan beberapa hiasan dinding di antara pot.

14. Model teras minimalis minim furnitur

pinterest.com

Model teras minimalis berikutnya sangat minim furnitur, hanya ada dua buah kursi bar. Tanpa ada banyak furnitur, kamu bisa menghirup udara dengan bebas, bahkan melakukan olahraga ringan di sini.

15. Model teras minimalis dengan keramik cantik

pinterest.com

Tidak ada banyak benda yang bisa diletakkan di teras? Kamu bisa mempercantik model teras minimalis dengan menggunakan keramik teras bermotif unik. Tidak hanya 1 motif, kamu bisa menggabungkan beberapa motif keramik sekaligus. Jika sudah menggunakan keramik bermotif, sebaiknya dinding dibiarkan dalam warna polos saja.


Itulah 15 model teras minimalis yang bisa kamu terapkan di rumah. Kamu paling suka yang mana? Jangan lupa lengkapi juga interior rumahmu dengan furnitur berkualitas dari Dekoruma, ya! Dekoruma jual meja tv, meja makan, rak display, kursi tamu, dan lemari dengan model yang kekinian.

Selain furnitur, kamu juga bisa menemukan aneka kasur dengan merek ternama untuk melengkapi kebutuhan tidurmu, seperti kasur Alga, Comforta, The Luxe, dan King Koil. Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu besama Dekoruma!