Ragam Jenis Batu Bata Beserta Fungsi dan Harganya

Batu bata, siapa yang tidak mengenalnya? Batu bata merupakan salah satu bahan bangunan yang sangat familiar dan sangat umum digunakan sebagai bahan konstruksi tembok, pagar, dan elemen rumah lain selain menggunakan kayu. Sebagian dari kita mungkin hanya mengetahui jika batu ini hanya terbuat dari tanah saja. Seiring dengan perkembangan teknologi, hari ini batu bata tidak hanya dibuat dengan menggunakan tanah liat saja, tetapi bisa dibuat dengan bahan-bahan lainnya.

Dibandingkan dengan bahan lainnya, batu bata terbukti lebih awet, kuat, murah dan lebih mudah didapatkan di pasaran. Inilah sebabnya mengapa banyak orang yang lebih memilih batu bata dibandingkan dengan material-material baru seperti gypsum atau bambu.

Sebelum memilihnya sebagai bahan utama untuk membangun hunian impian kamu, ada baiknya kamu ketahui dulu 5 jenis batu bata yang paling umum beserta fungsinya di bawah ini. Simak ulasan Kania, yuk!

1. Batu Bata Merah

atcshuttle.com

Jelas batu bata merah ini merupakan material bangunan yang sangat umum kita jumpai di Indonesia sejak zaman dahulu. Bata merah sudah menjadi bahan wajib dalam membangun rumah. Selain sudah teruji kekuatannya, jenis ini pun mudah ditemui di pasaran.

Batu bata merah dibuat dari tanah yang dicetak berbentuk balok persegi panjang dan dibakar dengan suhu tinggi sehingga menjadi benar-benar kering, mengeras dan memiliki warna yang kemerah-merahan. Tanah yang digunakan pun bukan sembarang tanah, bahan utama pembuatannya menggunakan tanah liat. Sehingga dalam proses pembuatannya, jenis batu dari tanah liat ini bisa saling menyatu saat dicetak.

home-designing.com

Rumah yang dindingnya dibangun dari material batu bata merah akan terasa lebih nyaman dan sejuk, karena komponen didalamnya yang menyatu dan rapat. Selain rapat, jenis batu ini juga tahan lama dan kokoh sehingga jarang terjadi keretakan dinding. Bata merah juga tahan api, hal ini memberikan keamanan ekstra bagi penghuni rumah nantinya.

Namun, dari beberapa kelebihan di atas, terdapat pula kekurangannya. Untuk merekatkan batu bata merah satu sama lain, diperlukan bahan perekat yang cukup banyak. Alhasil, biaya dikeluarkan untuk perekatnya tentu tidak sedikit.

pinterest.com

Selain itu, sulit untuk membuat pasangan batu yang rapi jika menggunakan batu bata merah. Misalnya pada dinding. Oleh karena itu, diperlukan plesteran yang cukup tebal untuk menghasilkan dinding yang rata. Hal ini juga membuat proses pengerjaan dinding menjadi lebih lama.

2. Batu Bata Batako

designboom.com

Secara umum, batu bata batako terbuat dari campuran semen dan pasir kasar yang dicetak atau dipres. Konstruksi bangunan yang sering menggunakan batako di antaranya adalah gudang, pagar, dan pos jaga. Jenis batu yang satu ini memiliki ukuran yang relatif besar, menjadikan pemasangannya lebih mudah dan cepat selesai.

Bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan bata merah menjadikan batako cocok digunakan untuk bangunan yang memiliki lebih dari dua lantai, seperti ruko. Batu bata batako juga memiliki rongga, sehingga pemasangannya relatif lebih cepat dibanding menggunakan jenis lainnya.

youtube.com

Penggunaan batu bata batako ini juga cocok digunakan untuk dinding bagian luar rumah karena sifatnya yang kuat dan kedap air. Sifatnya yang kedap air cocok untuk melindungi rumah di lingkungan yang dikelilingi banyak air.

Di sisi lain, sifat ini pula yang menjadikan batu bata batako kurang cocok digunakan sebagai tembok rumah di daerah tropis seperti Indonesia. Kenapa? Bahan dari jenis batu ini memiliki sifat menyimpan panas, bukan hal yang mustahil jika kondisi rumah menjadi panas dan pengap. Batako juga rentan terhadap keretakan dan benturan. Selain itu, karena mudah dilubangi, jenis ini termasuk batu bata yang mudah pecah.

3. Batu Bata Hebel

pinterest.com

Satu lagi jenis batu bata mulai banyak digunakan di Indonesia, yaitu hebel. Batu bata hebel sendiri mulai populer penggunannya karena di Indonesia, karena pertumbuhan teknologi dan tren industri yang berkembang pesat. Batu bata ringan atau yang biasa disebut bata hebel merupakan produk pabrikan yang dibuat dengan melalui proses kimiawi. Material jenis ini terbuat dari campuran pasir kuarsa, semen, kapur, gypsum, air dan almunium pasta sebagai bahan pengembangnya.

Karena proses pencetakannya yang dilakukan di pabrik, ukuran bata jenis ini jauh lebih presisi dan rapi, memudahakan dalam proses pemasangannya. Bata hebel juga sangat baik dalam menyerap panas, sehingga rumah akan terasa jauh lebih sejuk.

hebel-usa.com

Keistimewaan dari bata hebel ini adalah daya serap air yang rendah dan tidak mudah menyerap rembesan air. Selain itu, batu bata hebel lebih ringan daripada jenis bata lainnya sehingga memperkecil beban struktur sebuah bangunan. Bata hebel juga nggak kalah kokoh dari bata merah.

Namun, bukan berarti bata hebel nggak punya kekurangan. Kita harus menyiapkan sebuah perekat khusus untuk memasangnya. Umumnya, semen instan menjadi perekat pilihan. Harganya jauh lebih mahal dari batu bata yang lain karena bata ini merupakan produksi pabrik.

Selain itu, diperlukan keahlian khusus untuk memasangnya. Kalau nggak hati-hati, dampaknya akan sangat terlihat pada struktur bangunan yang sedang dibangun. Bata jenis ini juga agak susah dicari, biasanya batu bata hebel hanya dapat kita jumpai di toko material besar dan ternama saja.

4. Batu Bata Berlubang

wikipedia.org

Batu bata berlubang  mengandung lubang silinder di dalam ketebalannya dan tergolong ringan. Sebelum memasangnya pada rangka suatu bangunan, kamu membutuhkan sedikit campuran tanah liat. Jenis bata ini cukup populer karena tergolong cepat dalam pembuatan, terutama pada proses pembakaran dan pengeringannya.

Biasa digunakan dalam konstruksi panel untuk struktur ringan dan struktur berbingkai pada sebuah bangunan yang bertingkat, batu  bata berlubang memiliki berbagai macam bentuk; balok, melingkar, dan melintang.

lowes.com

Kalau ingin menggunakan jenis bata ini, sebaiknya jarak antara sisi batu bata dengan tepi lubang-lubangnya tidak kurang dari 10mm. Bata juga perlu direndam selama 24 jam dan dikeringkan selama beberapa jam di bawah sinar matahari. Hal ini bertujuan untuk semakin meningkatkan daya tahan batu bata sebelum disusun menjadi sebuah bangunan.

5. Batu Bata Purpose-Made

wienerberger.co.uk

Dari namanya saja sudah terlihat bahwa batu bata ini memiliki bentuk beragam tergantung kebutuhan. Biasanya, bata purpose-made digunakan saat ada kesalahan pembagunan yang harus segera diatasi. Jenis bata ini dapat terbuat dari campuran pasir dan tanah liat, biasanya dipasang untuk membantu pemasangan kusen pintu dan jendela.

pinterest.com

Tergantung bahan pembuatnya, bata purpose-made sebenarnya cukup kuat, lho! Walaupun umumnya jenis bata ini terbuat dari campuran pasir dan tanah liat, ada juga yang menyampurkan bahan-bahan kimiawi lainnya untuk tujuan tertentu seperti pembuatan gedung besar. Bata ini memiliki daya tahan dan kompresi tinggi dan untuk menghadapi goncangan-goncangan tertentu. Namun, jenis batu bata purpose-made biasanya jauh lebih mahal karena tidak mudah didapat.

Daftar Harga Tiap Jenis Batu Bata

Beda jenis, beda juga harganya. Jadi, harga batu bata cukup bervariasi, ditambah lagi ada faktor kualitas, ukuran, dan merek. Nah, berikut ini merupakan daftar harga dari tiap jenis batu bata secara umum per tahun 2021 yang dilansir dari berbagai sumber:

Jenis Batu BataSatuanHarga
Bata Merah BiasabuahRp 600
Bata Merah OvenbuahRp 900
BatakobuahRp 3.500
Bata HebelRp 750.000
Bata BerlubangbuahRp 3.500

 

Itulah 5 jenis batu bata yang paling umum digunakan dalam pembangunan beserta fungsi dan harganya. Kalau suka dengan artikel ini, jangan lupa share dan cek artikel dengan informasi dan inspirasi menarik lainnya di Dekoruma, ya!

Selain artikel, Dekoruma juga jual furnitur, seperti sofa, meja makan, lemari, rak dinding, dan meja tv yang siap melengkapi hunianmu. Dekoruma juga jual lampu gantung dan lampu LED.

Tak hanya sampai di situ saja, melalui DekorumaHouse, kamu juga bisa menemukan hunian baru di dalam perumahan yang nyaman dari berbagai lokasi, lho! Misalnya saja perumahan baru di Depok, Jakarta Selatan, Tangerang, dan daerah lainnya yang sedang berkembang. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!