Percaya atau tidak, keberuntungan seseorang tidak lepas kaitannya dengan elemen- elemen yang mengelilinginya, dimulai dari pekarangan rumah hingga tiap sudut yang ada di rumah. Tidak bisa dipungkiri kalau ilmu feng shui seputar tata ruang dan benda- benda di rumah dan pekarangan itu bisa punya efek positif yang menguntungkan untuk pemilik rumah.

Jika kamu tidak ingin direpotkan dengan pernak-pernik atau dekorasi ala feng shui yang terlalu ribet, setidaknya kamu boleh mempertimbangkan pekarangan rumah yang ditata dengan baik. Untuk menghindari pekarangan rumah yang gersang dan kering, mengapa tidak ditambahkan dengan tanaman hijau yang bikin segar dan adem? Kerennya lagi, 10 tanaman untuk pekarangan ini juga dipercaya bisa membawa keberuntungan, kesehatan dan kemakmuran loh. Penasaran? Yuk kita simak bareng!

1. Tanaman Bunga Kertas (Bougenville)

gardenista.com

Mau punya keluarga yang selalu langgeng dan penuh kasih sayang? Saatnya menaruh bunga bougenville yang cantik di pekarangan rumah kamu. Tanaman hias ini disebut juga bunga kertas karena bentuk bunganya yang tipis menyerupai kertas.

pinterest.com

Jika ditanaman di depan pekarangan tropis, tanaman bunga kertas alias bougenville bisa tumbuh tinggi hingga 10 meter dan memberikan keteduhan yang terlihat indah di pekarangan. Selain itu, banyak manfaat kesehatan dari tanaman ini, dari mengobati hepatitis hingga mengatasi berbagai masalah kewanitaan.

2. Pohon Uang (Money Tree atau Pachira)

epicgardening.com

Salah satu jenis tanaman hias di pekarangan yang sudah populer bagi kalian yang senang dengan feng shui, Money Tree atau Pachira adalah wujud dekorasi tanaman pekarangan yang dipercaya bisa membawa keberuntungan finansial.

Untuk pohon cantik ini, seringkali pemilik rumah akan mengepang batangnya secara bersamaan. Sering dianjurkan supaya kalian memilih batang yang berjumlah 3 hingga 5 untuk dijalin bersamaan, dan tidak memilih angka 4 yang umumnya dianggap sebagai angka sial.

3. Tanaman Karet (Rubber Plant)

thespruce.com

Bentuk tanaman hias Rubber Plant ini ditandai dengan daunnya yang berbentuk bulat pada ujungnya. Rubber Plant ini terdiri dari berbagai ukuran pula dan tidak membutuhkan banyak perawatan selain disiram secara berkala, mirip seperti tanaman kaktus dan sukulen. Tepat sekali kalau diletakkan di depan pekarangan terbuka di depan rumah.

Untuk urusan keberuntungan, tanaman hias ini cocok diletakkan di pekarangan atau bagian “pojok uang” di rumah karena merupakan simbol keberuntungan, kemakmuran dan berlimpanya uang.

4. Tanaman Peace Lily (Spatiphyllum)

wikipedia.org

Namanya mungkin masih asing, tetapi Kania yakin kamu pasti sudah melihat tanaman Peace Lily yang cantik menghiasi berbagai pekarangan rumah. Bentuk daunnya hanya selembar dengan tangkai bagian tengah yang unik.

Sesuai namanya, Peace Lily bisa menjadi tanaman simbol “damai” di pekarangan yang meliputi seluruh rumah. Tanaman hias Peace Lily juga bisa dikategorikan sebagai tanaman pembersih udara loh, jadi pasti berpengaruh untuk kesehatan anggota keluarga setiap melewati pekarangan indah di depan rumah.

5. Tanaman Jade (Crassula ovata)

youtube.com

Tanaman Jade adalah sejenis tanaman sukulen yang dipercaya punya efek positif untuk kekayaan dan kesejahteraan pemiliknya. Jika diletakkan di pekarangan, tanaman jade ini layaknya menyambut kesuksesan tepat di pekarangan rumah untuk pemiliknya.

Tak heran juga jika tanaman jade ini sering didapuk sebagai hadiah pindah rumah yang cukup ideal. Kania yakin, setiap orang pasti ingin punya keberuntungan langsung tepat di depan pekarangan rumah bukan?

6. Anggrek di Pekarangan Atau Taman Rumah

gardenista.com

Bukan cuma cantik, bunga anggrek yang biasanya ditanam di pekarangan atau taman rumah minimalis juga melambangkan ‘cinta’. Efek positif dari bunga anggrek ini adalah memberikan keberuntungan asmara, memberikan ketentraman bagi yang melihatnya dan juga mempererat hubungan antar anggota keluarga.

Selain ilmu feng shui yang menghargai bunga anggrek, baik di pekarangan maupun di titik-titik lain di dalam rumah, tradisi kuno Yunani juga sering mengaitkan bunga anggrek dengan fertilitas atau kesuburan. Cocok banget deh meletakkan tanaman hias anggrek di depan pekarangan rumah bagi kalian pasangan yang baru menikah!

7. Bambu Hoki (Bambusoideae)

google.com

Bentuknya memang menyerupai bambu berukuran mini, tetapi sebenarnya bambu hoki ini masuk ke jenis Dracanea. Jenis tanaman hias yang satu ini bentuknya memang lucu dan menggemaskan. Tanaman ini juga melambangkan ‘kerimbunan’ bambu yang dikenal sebagai tanaman yang memberikan kedamaian, kesehatan, cinta dan keberuntungan selama ribuan tahun.

Tanaman bambu hoki ini cocok diletakkan di pekarangan ataupun di dalam rumah, tepatnya di bagian yang menghadap di bagian Timur untuk keluarga dan Tenggara untuk kekayaan.

8. Palem di Pekarangan Rumah

youtube.com

Tanaman hias palem adalah salah satu yang paling mudah didapat dalam berbagai bentuk dan ukuran. Jika diletakkan di sudut-sudut tertentu di pekarangan, tanaman palem bisa melengkapi elemen feng shui yang hilang.  Tanaman palem juga ampuh untuk menyerap zat-zat kimia negatif seperti xylene dan formaldehyde dari karpet atau perabot baru sehingga secara ilmiah memang baik sekali untuk kesehatan, baik di dalam ruangan maupun pekarangan.

 

9. Tanaman Lidah Mertua (Snake Plant/Sansevieria trifasciata)

naver.com

Namanya memang terdengar lucu, tanaman lidah mertua, tetapi efek positifnya bakalan bikin kamu kagum dengan jenis Snake Plant ini. Dengan bentuknya yang cukup eksotis, letakkan tanaman snake plant di tempat yang ideal di pekarangan rumah supaya kamu mendapat perlindungan terhadap energi negatif yang datang dari luar.

Dalam ilmu feng shui sendiri, ada pro dan kontra terhadap tanaman lidah mertua yang dianggap terlalu “kuat” dalam menghalau energi negatif. Untuk mengantisipasinya, letakkan tanaman ini di tempat yang jarang dilalui anggota keluarga pada pekarangan rumah.

10. Daun Kuping Gajah (Anthurium crystallium)

wikimedia.org

Memiliki daun yang berbentuk lebar sehingga menyerupai kuping gajah, Anthurium crystallium adalah tanaman hias di pekarangan yang juga sudah cukup terkenal di kalangan pecinta tumbuh-tumbuhan dan tanaman hias. Tanaman yang merupakan salah satu spesies dari genus Anthurium ini juga diyakini akan mendatangkan rezeki dan kekayaan materi berlimpah jika ditanam di taman atau pekarangan rumah.

11. Si Jeruk Emas/Jinju (Fortunella japonica)

fruitpedia.com

Ini nih si jeruk kecil yang sering muncul kala perayaan Tahun Baru Imlek. Bukan hanya saat Imlek saja, Jinju juga dipercaya bisa membawa keberuntungan kalau ditanam di pekarangan rumah lho! Buahnya yang berwarna kuning keemasan sering melambangkan kesuksesan dan kekayaan, sehingga sering dijadikan kado saat perayaan besar.

Khusus untuk tanaman yang juga dikenal dengan nama Kumquat ini, kamu harus rajin menyiram, menyiangi dan juga memangkas daunnya. Memang sedikit repot dibandingkan dengan tanaman hias untuk pekarangan lainnya yang minim perawatan, Saat kamu memiliki tanaman Jinju yang subur, semoga keberuntungan tidak jauh-jauh dari kamu ya!

12. Sri Rezeki (Agalonema)

thespruce.com

Dari namanya saja, bisa dibanyangkan keberuntungan dan rezeki yang akan dibawa tanaman ini jika diletakkan di pekarangan rumah. Tanaman ini memiliki daun dengan corak warna hijau yang berlainan, dari yang agak terang hingga guratan hijau tua yang terlihat jelas. Semakin jelas warna yang muncul di daun, diyakini akan semakin banyak pula keberuntungan yang akan menyapa pemiliknya. Supaya tanaman sri rezeki bisa tumbuh semakin indah, letakkan saja di tempat yang strategis di pekarangan rumah.


Sekarang kamu sudah tahu kan tanaman apa saja yang dipercaya bisa membawa keberutungan, tanaman yang mana yang kamu sukai? Jangan sampai salah memilih tanaman yang justru menjadi tanaman pembawa sial, ya!

Kamu sedang mencari furnitur baru? Dekoruma jual furniture minimalis yang esensial dengan harga terjangkau, lho seperti rak display, lemari, tempat tidur, sofa, dan meja tv. Selain furnitur, Dekoruma juga jual King Koil, kasur Serta, dan merek kasur lainnya dengan kualitas yang terjamin.

Atau justru kamu sedang mencari properti baru untuk tempat tinggalmu? Di Dekoruma kamu pun bisa menemukan rumah dan apartemen siap huni dari berbagai wilayah di Jabodetabek, lho! Dengan demikian, kamu bisa menyesuaikannya dengan domisilimu. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma sekarang juga!