Guys, coba kalian bayangkan apa jadinya sebuah rumah kalau tidak dilengkapi dengan pintu? Pasti kacau dan bingung banget deh. Pintu memang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari rumah dan punya fungsi penting sebagai pemisah antar ruangan, pemberi privasi dan juga proteksi bagi pemilik rumahnya.

Karena fungsinya yang penting, maka tak heran kalau kamu akan bisa menjumpai berbagai macam model pintu rumah, termasuk pintu untuk eksterior atau interior. Kali ini, Kania ingin mengajak kalian untuk mengenali model pintu kamar yang ada supaya kamu bisa memilih desain pintu yang paling tepat buatmu. Yuk, langsung kita lihat model-model pintu kamar untuk interior paling keren!

1. Model Pintu Kamar Bypass atau Pintu Geser

irastar.com

Disebut juga pintu bypass, pintu geser adalah model pintu kamar yang juga kerap ditemui di perumahan. Sesuai namanya, model pintu kamar geser menggunakan konsep ‘digeserkan’ dari kiri ke kanan, atau sebaliknya. Tidak seperti model pintu kamar lainnya yang berayun dari luar ke dalam, atau sebaliknya. Model pintu kamar geser akan disertai dengan bingkai dudukan ataupun dipasang dengan menggunakan sistem gantung untuk proses menggeser pintu yang leluasa.

ebay.co.uk

Termasuk salah satu jenis model pintu minimalis, model pintu kamar ini sering digunakan terutama di area rumah yang tidak banyak memiliki ruang, sehingga kamu tidak usah khawatir akan posisi pintu yang terbuka tidak sempurna atau terkena perabot yang di luar. Otomatis, model pintu kamar geser sering menjadi solusi saat menata rumah-rumah kecil atau pada kamar yang agak sempit.

2. Model Pintu Kamar Paling Umum, Pintu Engsel

pinterest.com

Jenis pertama untuk model pintu kamar adalah pintu engsel, yang menggunakan konsep ayun untuk tutup-buka dan dipasang dengan engsel. Pintu engsel adalah model pintu kamar yang paling umum kita jumpai di rumah-rumah dengan bahan solid. Contohnya kayu, papan, kaca, dan vinyl untuk seluruh permukaannya.

pinterest.com

Model pintu kamar ini bisa dibeli dalam bentuk terpisah, yaitu pintu tersebut sendiri atau dibarengi dengan unit kusen secara komplit. Jika dibeli secara komplit, maka model pintu kamar ini sudah dilengkapi dengan engsel supaya instalasi pintu engsel ini dapat kamu kerjakan sendiri di rumah.

2. Pintu Panel

loversiq.com

Sebenarnya tidak ada banyak perbedaan antara pintu engsel dengan model pintu kamar yang berjenis panel. Prinsip kerjanya tetap menggunakan engsel dengan konsep buka-tutup dari luar ke dalam atau sebaliknya.

Yang membedakan model pintu kamar jenis panel adalah pada permukaan pintu yang tidak seluruhnya tertutup, tetapi telah digantikan dengan bukaan dengan model miring.  Jadi, jika dilihat dari luar, akan ada nampak cahaya atau aliran udara yang keluar dari bukaan miring tersebut.

Pintu panel sering digunakan untuk lemari pakaian, pintu kloset, pintu kamar laundry, atau pintu kamar garasi karena sifatnya yang bisa memberikan ventilasi, tetapi tetap ada unsur privasi bagi pemakainya. Model pintu kamar ini juga bisa disesuaikan dalam segi bukaannya, baik full, semi, maupun custom sesuai kebutuhan.

4. Pintu Lipat (Bifold)

Pastinya model pintu kamar lipat juga bukan jenis yang asing lagi bagi kita. Umumnya model pintu kamar lipat sering dipasang untuk menutupi ruang-ruang seperti garasi, kloset, dapur, ataupun area laundry di rumah.  Model pintu kamar lipat juga terdiri dari berbagai bahan yang berbeda-beda, seperti kayu tipis, besi atau komposit gabungan seperti campuran antara kayu dengan vinyl.

homedepot.com

Cara kerja model pintu kamar berjenis lipat adalah pada ulir besi yang telah dimasukkan pada ujung atas dan bawah setiap lipatan pintu, sehingga proses membuka dengan menggeser/ melipat dapat berjalan dengan mudah.

Dibandingkan dengan pintu geser, model pintu kamar jenis lipat memiliki kelebihan tersendiri, yaitu kondisi pintu yang bisa terbuka dengan sempurna, berbeda dengan model pintu kamar geser, kecuali pemilik rumah mengkondisikan ruang geser yang memadai untuk bukaan sempurna.

5. Pintu Ganda

houzz.com

Mau punya model pintu kamar yang berkesan dramatis nan elegan di dalam rumah? Pintu ganda bisa menjadi solusi yang kamu cari, karena stylenya yang lebih dominan, anggun dan juga cantik.

Sesuai namanya, pintu ganda terdiri dari dua daun pintu yang saling bertemu di tengah saat ditutup. Masih menggunakan konsep yang sama dengan pintu engsel, yaitu buka tutup dan engsel sebagai penahan, pintu ganda bisa terbuat dari berbagai macam bahan seperti kayu, kaca (French Door), dan papan.

Model pintu ganda sering digunakan terutama untuk rumah yang berukuran besar dengan gaya mewah, misalnya untuk kamar utama, kamar keluarga, atau ruangan kantor yang butuh ekstra privasi.

6. Pintu Pocket atau Pocket Door

pinterest.com

Hampir sama dengan model pintu kamar yang berjenis geser, pintu pocket juga menggunakan konsep slide atau geser yang efisien. Bedanya adalah, pintu pocket menggunakan konsep “tersembunyi” saat digeser, sedangkan pintu geser selalu masih terlihat di  bagian samping.

Konsep ” tersembunyi” dari model pintu kamar jenis pocket ini bisa terjadi karena teknik pembuatannya yang saling melengkapi antara geseran pintu dengan dudukannya. Pintu pocket juga dianggap memiliki elemen arsitektur yang menarik dan hemat tempat, baik untuk pintu pocket single maupun dobel/ganda.

7. Pintu Pivot

Termasuk salah satu model pintu kamar yang baru dan kekinian, pintu pivot mungkin masih agak jarang dijumpai pada perumahan umumnya.  Berbeda dengan pintu engsel yang ditahan pada bagian samping, pintu pivot terbuka pada engsel yang ditahan pada bagian tengah pada atas dan bawahnya.

archiexpo.com

Saat dibuka, pintu pivot akan terbuka pada kedua sisi dan tertahan pada tengah- tengah kusen pintu, sehingga terlihat sangat unik dan menarik. Model pintu kamar non konvensional ini punya gaya khas tersendiri yang elegan dan lain daripada yang lain, sehingga sudah mulai banyak pemilik rumah ingin menerapkannya di luar maupun dalam rumah.

Perlu diingat untuk pintu pivot, kamu tentunya membutuhkan ruang gerak pintu yang maksimal atau sekitar 180-360 derajat perputaran. Jika bisa diinstalasi dengan baik, bukan tidak mungkin rumah akan menjadi ekstra menarik dan elegan.

8. Pintu Dutch, Model Pintu Kamar Merangkap Jendela

Ingin punya pintu yang merangkap jendela? Pintu Dutch adalah jawaban yang kamu cari.

Masih menggunakan konsep engsel samping, model pintu kamar berjenis Dutch terdiri atas dua bagian/panel (atas & bawah), sehingga pintu bisa dibuka hanya pada salah satu bagian ataupun keduanya pada waktu bersamaan.

designsflair.com

Untuk ukuran, kedua panel pintu pada sebuah daun pintu yang sama bisa disesuaikan, baik kecil di bawah atau atas dan sebaliknya. Begitu juga dengan bahannya, misalnya bahan kaca di bagian atas dan kayu solid pada bagian bawahnya.

Model pintu kamar dutch memang agak jarang dijumpai di desain rumah modern masa kini, karena merupakan salah satu model pintu yang sudah agak kuno. Tetapi, bagi kalian pecinta gaya desain interior pedesaan atau tradisional, pintu dutch bisa memberikan sentuhan berbeda.


Dari delapan model pintu kamar tadi, yang mana yang paling kamu sukai? Kamu bisa menemukan artikel-artikel menarik lainnya di Dekoruma. Jangan lupa dicek ya!

Kalau kamu sedang mencari kasur baru, kamu bisa temukan di Dekoruma, lho! Dekoruma jual kasur The Luxe, King Koil, Serta, dan berbagai merek kasur ternama lainnya.

Tak hanya itu, aneka sprei, furnitur, dan perlengkapan tidur lainnya juga ada di Dekoruma. Dekoruma jual side table, tempat tidur, selimut, bed cover, dan masih banyak lagi. Yuk, lengkapi kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!