Jenuh dengan desain kamar tidur kamu yang sekarang?

Salah satu hal efektif untuk menghilangkan rasa jenuh adalah dengan mendesain ulang kamar tidurmu. Salah satu desain yang bisa kamu pakai adalah desain kamar tidur minimalis. Desain kamar tidur minimalis enggak ada matinya lho, kepopulerannya sudah ada sejak tahun 1960an sampai sekarang.

Mengapa harus memilih desain minimalis? Desain kamar tidur minimalis cenderung memiliki ruangan dengan minim perabotan sehingga memberikan kesan luas, terbuka dan bersih. Dengan desain kamar tidur minimalis  juga dianggap lebih santai dan cocok untuk mereka yang menginginkan suasana rileks.

pinterest.com

Salah satu inspirasi desain kamar tidur minimalis yang bisa kamu coba adalah desain dari negara asal kimchi alias negara Korea. Belakangan ini, desain kamar tidur minimalis ala Korea cukup diminati seiring semakin banyaknya masyarakat yang tinggal di apartemen, yang membutuhkan desain nyaman untuk luasan apartemen yang sempit. Ada beberapa hal yang harus ada di desain kamar tidur minimalis ala Korea, lho. Yuk, simak apa saja!

1. Gunakan Elemen Kayu Pada Desain Kamar Tidur Minimalis

trendir.com

Hampir setiap desain kamar tidur minimalis ala Korea menggunakan kayu sebagai elemen utama. Dari furnitur, lantai, hiasan kamar, sampai alas kasur. Nggak jarang, mereka memakai lantai kayu sebagai alas di kamar mereka.

Kayu dipercaya memberikan rasa hangat pada suasana kamar, sehingga bagi negara empat musim ini, sangat menguntungkan menggunakan kayu sebagai elemen utama untuk desain kamar tidur minimalis mereka. Setelah mengaplikasikan kayu sebagai alas kasur atau lantai, kamu pun bisa meletakkan kasur lantai yang menjadi salah satu ciri khas pada desain kamar tidur minimalis ala Korea.

2. Gorden Panjang Membantu Menutupi Jendela Berukuran Besar

keribrownhomes.com

Jendela besar tidak lepas dari desain kamar tidur minimalis. Semakin besar ukuran jendela, semakin besar juga akses pencahayaan alami ke dalam kamar. Hal ini dinilai cocok dengan konsep desain minimalis yang diusung pada kamar. Cahaya yang masuk juga menambah estetika ruangan.

Pasangan yang tepat untuk jendela berukuran besar sebenarnya sangat simpel, yang kamu perlukan hanyalah sebuah tirai atau gorden minimalis yang panjang. Idealnya, panjang gorden menjuntai sampai ke dasar lantai. Karena model gorden jendela bermacam-macam, pastikan kamu memilih gorden jendela yang tepat!

3. Gunakan Karpet Sebagai Pemanis Pada Desain Kamar Tidur Minimalis

blogbeen.com

Karpet adalah salah satu pemanis ruangan pada desain kamar tidur minimalis yang sangat eye-catching. Kegunaan karpet bukan hanya sebagai pemanis, tetapi juga dapat menghalau telapak kaki bersentuhan dengan lantai yang dingin secara langsung. Selain itu, karpet juga dapat juga digunakan sebagai alas duduk saat berkumpul bersama teman.

hgtvhome.com

Karpet favorit saat ini adalah karpet bulu sintetis. Untuk menjaga keselarasan nuansa ruangan, kamu bisa menggunakan warna putih gading, abu-abu muda, cokelat muda dan hitam. Bentuk dan motif karpet bulu juga beragam. Untuk ruangan minimalis, warna netral disarankan agar nggak mengganggu keseluruhan konsep ruangan.

4. Bantal Duduk Untuk Kumpul Bersama Teman-Teman

urbanoutfitters.com

Berkumpul dengan teman di kamar tidur memang menyengkan. Nggak heran, orang rela menyingkirkan banyak perabotan untuk menciptakan luasan yang lapang. Padahal, nggak semua perabotanmu harus disingkirkan lho. Untuk acara berkumpul yang tetap nyaman, kamu bisa menaruh bantal duduk dan juga alas kursi atau cushion empuk sebagai alas.

Kamu juga bisa berkreasi dengan membuat alas bantal duduk sesuai bentuk kesukaanmu. Setelah alas bantal duduk digunakan, kamu dapat merapikannya dengan cara ditumpuk dan ditaruh pada pojok ruangan. Dengan menggunakan bantal duduk ini, kamu tidak perlu khawatir lagi spring bed jadi kotor karena diduduki, deh!

5. Bantuan Rak Buku Lucu

Pusing dengan banyaknya buku yang berantakan di rumah, tapi merasa sayang membuangnya? Solusinya sangat simpel kok, cukup letakkan rak buku di rumah. Kalau kamu memiliki ruangan yang tergolong sempit, kamu bisa memakai rak buku dinding. Bentuk rak buku bukan cuma persegi panjang atau kotak-kotak saja kok, di Dekoruma kamu bisa menemukan rak buku berbentuk lucu.

pinterest.com

Bentuk rak buku memang bermacam-macam; ada yang berbentuk karakter, terbuat dari barang bekas sampai model klasik. Buku-buku milikmu akan tersusun rapi dengan rak yang ada pada dinding, tapi tetap terlihat indah. Jangan lupa, pasang rak yang kuat untuk menopang buku-bukumu!

6. Laci Bentuk Klasik Membantu Menjaga Gaya Desain Kamar Tidur Minimalis Milikmu

ikea.com

Selain rak, perabotan simpel yang dapat menjaga kerapihan kamarmu adalah laci atau kabinet. Kamu dapat menempatkan laci di sudut ruangan, di samping meja kerja ataupun dekat dengan tempat tidur.

Desain laci memiliki beberapa variasi. Saat ini, laci dari material kayu dengan warna netral sangat digemari karena bisa memberikan kesan dramatis pada kamar tidur. Kamu bisa memilih laci dengan kaki panjang. Selain sebagai tempat penyimpanan barang, laci juga bisa menjadi 

side table 
yang apik!

7. Tempat Penyimpanan Serbaguna yang Apik

pinterest.com

Prinsip utama desain kamar tidur minimalis salah satunya adalah membantumu untuk memaksimalkan ruangan. Belakangan ini, ranjang dengan sebuah tempat penyimpanan yang terletak di bawah ranjang banyak digunakan pada desain apartemen studio sampai kos-kosan. Desain tempat tidur dengan laci tambahan bisa menghemat tempat bagi penghuni kamar.

Kamu bisa memanfaatkan tempat penyimpanan untuk menyimpan berbagai keperluan. Misalnya menyimpan koleksi sprei kesayangan atau selimut-selimut ekstra. Tidak hanya itu, kamu juga dapat menyimpan peralatan kecantikan seperti hair dryer, handuk, dan parfum.

8. Selalu Terinspirasi dengan Inspiration Wall

pinterest.com

Jadikan kamar tidurmu sebagai tempat inspirasi untuk pekerjaanmu. Bukan hanya ruang kerja saja lho yang bisa dipakai untuk bekerja. Nah, kamu bisa selalu terinspirasi dengan home office organizing dan inspiration wall. Perlengkapan satu ini merupakan salah satu kunci pada desain kamar tidur minimalis. Kamu juga sering melihatnya di drama-drama Korea, kan?

Bentuk home office organizing juga bermacam-macam, biasanya inspiration wall dipasang pada tembok atau dekat dengan meja belajar. Selain lebih rapi, kini kamarmu juga terlihat lebih manis!

9. Pertajam Nuansa Desain Kamar Tidur Minimalis dengan Lampu Lantai

bedbathandbeyond.com
Lampu tidak hanya berguna untuk menambah pencahayaan kamar saja, tapi juga sebagai dekorasi utama sebuah interior ruangan, termasuk pada desain kamar todur minimalis. Di kamar tidur, seringkali lampu lantai atau lampu dinding menjadi pilihan.

Idealnya, penempatan lampu lantai di kamar tidur adalah di samping tempat tidur ataupun dekat dengan kursi malas. Memilih lampu yang tepat sangat penting lho, bukan hanya memilih desainnya saja, tetapi juga menentukan watt lampu yang tepat.

10. Kursi Sebagai Pelengkap Desain Kamar Tidur Minimalis

katelavie.com

Jika kamu memiliki kamar tidur berukuran cukup luas untuk menempatkan beberapa furniture minimalis, kamu bisa menaruh kursi sebagai alternatif tempat duduk di kamarmu. Desain minimalis sendiri termasuk versatile dan cocok dipadukan dengan elemen-elemen interior lainnya. Misalnya, kamu bisa menaruh dekorasi Mandala tapestry yang identik dengan gaya Bohemian tanpa terlihat janggal.

11. Bingkai Foto Bantu Kamar Tidur Terlihat Lebih Dramatis

squarespace.com

Ayo, mulai abadikan memori bersama orang-orang tersayang dengan kolase bingkai foto yang cantik. Nggak usah terlalu mewah, kamu cukup menempatka pigura foto sederhana dan menatanya dengan rapi sesuai kreasimu. Kamu bisa menempatkan bingkai foto secara beraturan ataupun secara acak.

12. Menaruh Hanger Baju

thewowdecor.com

Jangan sedih kalau lemari pakaian minimalis kamu berada di ruang terpisah dari kamar tidurmu. Gunakan hanger atau gantungan baju untuk menggantung bajumu agar tetap rapi. Terutama baju yang memiliki bahan yang gampang kusut. Penempatan hanger baju di dalam desain kamar tidur minimalis memberikan kesan sederhana dan rapi.

13. Kamar Terlihat Lapang dengan Cermin Besar

trendir.com

Sudah bukan rahasia lagi kalau cermin yang berukuran besar bisa menghasilkan ilusi ruangan yang tampak lapang. Pada siang hari, cermin juga bisa membantu ruangan terlihat lebih cerah karena dapat memantulkan cahaya lho. Kamu bisa mencari cermin berbagai ukuran di toko ataupun secara online seperti di Dekoruma. Untuk ilusi luas yang maksimal, pasang cermin besar seukuran badan.

14. Bantal Dekorasi Empuk yang Nyaman, Cushion Pillow

pinterest.com

Untuk desain kamar tidur minimalis, ukuran bantal cushion pillow yang ideal adalah 40x40cm. Jika kamu tidak ingin menaruh cushion dalam jumlah banyak, kamu bisa mensiasatinya dengan membeli quilt bermotif.

Dalam memilih warna, desain kamar minimalis identik dengan warna-warna monokrom atau warna-warna lembut. Misalnya cokelat muda, merah muda, atau biru langit. Kamu juga bisa menghiasi kamarmu dengan dekor ruangan dengan aksen ombre untuk kesan unik.


Gimana, sekarang kamu tahu kan apa saja yang harus kamu persiapkan kalau ingin menata kamar tidur minimalis ala Korea? Meskipun kamu sudah mengikuti cara-cara di atas, tidurmu tidak akan nyaman ala Korea apabila kamu tidak menggunakan kasur atau spring bed yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan punggungmu juga. Dekoruma jual kasur Serta, spring bed Alga, King Koil, Airland, dan merek terkenal lainnya, tentunya dengan kualitas kelas atas.

Selain kasur, ada juga aneka furnitur dengan desain yang menarik untuk melengkapi kamar tidur minimalis ala Korea milikmu. Dekoruma jual meja riasside table, kursi panjang, lemari pakaian, bahkan juga jual meja kerja dan kursi kantor ergonomis untuk di area kerja pada kamar tidurmu.

Tak hanya sampai di situ saja, Dekoruma juga menyediakan layanan jual beli properti melalui DekorumaHouse, lho! Ada banyak pilihan rumah baru dan rumah dijual dengan harga terbaik dari berbagai wilayah di Jabodetabek untukmu. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!