Saat ini, banyak sekali alat rumah tangga yang ditawarkan di pasaran. Semakin beragamnya jenis dan inovasi alat rumah tangga membuat kamu sering bingung dan tidak tahu harus memilih alat rumah tangga yang seperti apa untuk melengkapi rumahmu. Kemungkinan lainnya adalah kamu terlalu kagum dengan desain maupun kecanggihanya dan langsung tergoda untuk membelinya.

Belum lagi berbagai penawaran diskon yang makin membuatmu tergiur untuk membeli aneka alat rumah tangga. Tak jarang, karena terburu-buru, kamu malah melakukan kesalahan dalam memilih alat rumah tangga. Apakah kamu sudah mengetahui kesalahan apa saja dalam memilih alat rumah tangga yang seringkali dilakukan? Jangan-jangan kamu pernah melakukan salah satunya!

Tidak Sesuai dengan Konsep Ruangan

dekoruma.com

Dalam mendekorasi ruangan, sebaiknya kamu berpatokan atau memilih salah satu konsep  dekorasi. Jika sudah menentukan konsep ruangan, maka ketika membeli berbagai alat rumah tangga untuk melengkapinya, perhatikan baik-baik kesesuaiannya dengan konsep ruanganmu.

dekoruma.com

Seringkali, karena terpukau oleh desain sebuah alat rumah tangga, kamu jadi melupakan konsep ruangan yang sudah kamu rencanakan atau malah sudah diterapkan di rumahmu. Misalnya saja kamu terpesona oleh lampu gantung dari kristal berwarna-warni dengan desain yang rumit, sehingga memutuskan membelinya untuk ditempatkan di tengah-tengah ruang tamu rumahmu.

tumblr.com

Padahal, ruang tamu di rumah mengadopsi konsep industrial, misalnya, lengkap dengan dinding bata ekspos serta konstruksi langit-langit terbuka. Jika begini, penempatan lampu gantung dari kristal bukannya malah menambah apik ruangan, malah menjadikannya terlihat aneh. Celakanya, kamu sudah terlanjur membelinya.

Nah, agar terlihat serasi atau tidak bertabrakan dengan susunan arsitektur rumah, pilihlah alat rumah tangga yang desainnya sesuai dengan konsep rumah atau ruangan. Ruang dan elemennya, termasuk berbagai alat rumah tangga yang ada di dalamnya, sebaiknya tampak menyatu agar kamu semakin merasa nyaman tinggal di rumahmu.

Alat Rumah Tangga Tidak Ringkas dan Sulit Digunakan

Berbagai inovasi peralatan rumah tangga terbaru dilakukan untuk memudahkan kegiatan pemakainya. Meski demikian, terkadang hal ini malah menjadi pemicu kesalahan dalam memilih alat rumah tangga. Alih-alih memudahkan, inovasi alat rumah tangga yang tidak kamu butuhkan bisa berbalik menyulitkanmu.

contractorexpress.com

Biasanya kesalahan dalam memilih alat rumah tangga yang tidak ringkas dan sulit digunakan terjadi ketika kamu hanya terfokus pada fungsinya saja, tanpa memikirkan lebih lanjut apakah pemakaiannya mudah atau rumit.

Tidak jarang, juga kamu sudah mengalami kesulitan dari awal akan merakit atau memasang alat rumah tangga yang baru saja kamu beli untuk pertama kali. Alhasil kamu malah harus bolak-balik membaca buku panduan atau menelepon customer service perusahaan penyedia alat rumah tangga tersebut. Benar-benar merepotkan!

Membeli Dua Alat Rumah Tangga Berbeda dengan Fungsi Sama

madebymood.com

Karena sedang ada diskon besar-besaran, kamu memutuskan untuk membeli sebuah pemanggang roti atau toaster. Padahal kamu pun belum yakin akan menggunakannya atau tidak di kemudian hari. Apalagi kamu sudah memiliki sebuah oven yang juga dapat digunakan untuk memanggang di dapurmu. Alhasil, toaster barumu hanya akan ditaruh di pojokan dapur.

Nah, contoh di atas adalah ketidakefisienan yang mungkin kamu lakukan ketika memilih alat rumah tangga. Sebaiknya ketika membeli alat rumah tangga baru, kamu juga mempertimbangkan fungsinya, apa kamu punya furnitur atau perabotan yang memiliki kegunaan sama di rumah? Jika iya, sebaiknya urungkan niatmu untuk membeli alat rumah tangga tersebut.

Tidak Sesuai Skala dan Ukuran Ruangan

Pernahkah kamu melihat dapur yang hanya berukuran sekitar 4 m x 2 m diisi dengan lemari es yang dapat dibuka dari empat arah, atau dapur yang luas diisi oleh kompor satu tungku berukuran mungil?

hgtvhome.com

Kedua contoh kesalahan memilih alat rumah tangga tersebut akan membuat ruangan di rumah kelihatan nggak efisien dari segi penggunaan ruang. Terlalu sedikit atau terlalu banyak perabotan membuat interior di rumah terlihat ganjil. Perabotan yang terlalu besar juga bisa memakan tempat.

Nggak ada salahnya mengecek ukuran ruangan-ruangan yang ada di rumahmu dan menyesuaikannya dengan ukuran perabotan yang ingin kamu beli. Jangan lupa, pikirkan juga area-area ruangan yang memang harus dibiarkan kosong dan tidak boleh ditempati oleh perabotan.

Kurang Memperhatikan Material Barang

fabulousfelt

Tawaran penjual alat rumah tangga yang menggiurkan seringkali membuat kamu lupa untuk meneliti lebih lanjut bahan dasar dari perabotan tersebut. Contohnya saja untuk mengucek beberapa pakaian yang rentan rusak apabila dimasukkan ke mesin cuci, kamu memutuskan harus membeli papan cuci alias penggilasan. Lalu kamu memilih papan dari material padatan bubur kayu atau pulp karena harganya yang murah. Padahal, bahan ini sangat rapuh jika terkena air.

Pastikan kamu meneliti dulu material dari barang yang ingin kamu beli. Misalnya saja untuk peralatan memasak, pilihlah bahan yang anti karat dan tidak mudah menghitam saat digunakan. Tahu nggak, salah memilih piring saja bisa menyebabkan kanker lho!

Melebihi Perkiraan Anggaran Dana Awal Kamu

pixabay.com

Sebelum mencari alat rumah tangga tertentu di department store, toko houseware, atau online shop tentunya kamu sudah memiliki perkiraan budget yang akan dihabiskan sesuai dengan kondisi finansialmu.

Terkait hal ini, seringkali ketika tiba saatnya membeli, kamu malah memilih alat rumah tangga yang harganya melebihi perkiraan atau menambah item lain yang sebelumnya tidak masuk dalam hitungan.

Nah, untuk mengantisipasi hal ini sebaiknya kamu menghidari membeli alat rumah tangga secara mendadak tanpa pertimbangan anggaran dana. Selain itu, jika terpaksa membeli yang lebih mahal, pastikan alat rumah tangga itu sangat urgent untuk kamu miliki. Apabila memungkinkan kamu juga bisa menggunakan opsi pembayaran kredit untuk memiliki alat rumah tangga tersebut.

Membeli Alat Rumah Tangga yang Nggak Kamu Butuhkan

youtube.com

Kesalahan lain yang sering dilakukan dalam memilih alat rumah tangga adalah kamu memutuskan untuk membeli yang tidak kamu perlukan sama sekali. Misalnya saja kamu membeli freezer box hanya untuk menaruh beberapa potong daging untuk keperluan memasak keluarga kecilmu. Hal itu tentu cukup digantikan oleh peran lemari es yang memiliki freezer di dalamnya.

Contoh lain adalah kamu memutuskan pergi ke tempat yang jual juicer untuk membelinya padahal kamu selalu lebih memilih jus dalam kemasan ketimbang buah segar saat belanja bulanan. Padahal kamu termasuk orang super sibuk yang tidak punya banyak waktu untuk membuat jus. Alat rumah tangga yang kamu pilih harus sesuai dengan gaya hidup dan keseharianmu.


Mulai sekarang kamu bisa lebih berhati-hati dalam memilih alat rumah tangga, pertimbangkan baik-baik alat rumah tangga yang sesuai dengan hunian dan kebutuhanmu ya. Kalau suka dengan artikel ini, cek juga tips home and living menarik lainnya di Dekoruma!

Selain artikel, Dekoruma juga jual Pro Design, merek furnitur berkualitas yang menyediakan kursi makan, nakas, lemari pakaian, dan tempat tidur untuk hunianmu. Yuk, langsung saja kunjungi Dekoruma!