Di Indonesia rasanya tidak sulit menemukan arsitektur rumah minimalis. Umumnya arsitektur rumah minimalis ini digunakan untuk rumah-rumah yang berada di tengah kota. Konsep minimalis ini fokus pada desain bangunan yang memenuhi kebutuhan dasar si penghuni rumah. Bentuknya geometris dan tidak memiliki dekorasi.

Masih belum ada banyangan tentang tampilan dan bentuk dari arsitektur rumah minimalis? Yuk, simak dulu penjelasan dari Kania berikut ini mengenai ciri khas arsitektur rumah minimalis!

1. Apa itu arsitektur rumah minimalis?

archdaily.com

Meski sangat populer, banyak yang belum tahu sebenarnya apa sih, arsitektur rumah minimalis itu? Arsitektur minimalis adalah salah satu tipe arsitektur yang elemen-elemen pada desainnya didasari oleh frasa less is more. Konsep simplicity ini diwujudkan lewat bentuk geometris dasar yang simpel, elemen-elemen tanpa dekorasi, penggunaaan material sederhana, dan repetisi struktur bangunan yang terlihat teratur tapi tetap nggak kehilangan kualitas esensial dari desain itu sendiri.

architecturaldigest.com

Pada desain interior, interior minimalis bisa dibilang sebagai tipe desain yang sangat mengutamakan fungsi. Makanya, desain interior minimalis biasa menggunakan elemen tanpa dekorasi. Misalnya saja kaca besar tanpa dekorasi untuk mempermudah cahaya alami masuk ke dalam ruangan.

idolza.com

Mulai populer pada akhir tahun 1980an di London dan New York. Arsitektur rumah minimalis sendiri hadir sebagai bentuk respon dari desain arsitektur-arsitektir sebelumnya yang dianggap rumit. Arsitek yang berperan besar pada arsitektur rumah minimalis adalah Ludwid Mies van der Rohe dan Le Corbusier.

Ide awal untuk arsitektur rumah minimalis ini salah satunya berasal dari budaya Zen yang ada di Jepang lho! Budaya Zen sendiri identik dengan kesederhanaan. Orang Jepang senang menerapkan budaya tersebut pada estetika dan desain bangunan.

2. Arsitektur rumah minimalis biasanya berbentuk geometris tanpa dekorasi

loversiq.com

Kesederhanaan arsitektur rumah minimalis juga bisa dilihat dari keseluruhan bentuk bangunan. Jika dilihat dari luar, rumah minimalis memiliki bentuk geometris seperti persegi panjang atau kubus. Atapnya juga tidak berbentuk segitiga, melainkan datar.

Fasad sebuah arsitektur rumah minimalis dibangun tanpa dekorasi, berbeda dengan fasad arsitektir rumah lainnya, seperti arsitektur rumah bergaya Eropa. Pada contoh di atas, fasad arsitektur rumah minimalis dibiarkan polos dan hanya dilapisi oleh cat berwarna putih. Bagian jendela juga tidak memiliki detail yang rumit. Hanya ada jendela berbentuk persegi dengan bingkai sederhana, namun tahan lama dan bisa melindungi kaca jendela.

3. Memiliki ruang terbuka dan fokus pada fungsi

usualhouse.com

Pada umumnya, arsitektur rumah minimalis memiliki tata letak yang sangat sederhana dan efisien. Denah lantai biasanya terbuka tanpa ada dinding penyekat antar ruangan dan area penyimpanannya pun sederhana.

Furnitur yang digunakan juga sangat sederhana dan apa adanya. Misalnya untuk sebuah ruang keluarga hanya ada sofa minimalis, meja kopi, dan mungkin sebuah rak pajangan. Bentuknya pun tidak rumit dengan banyak dekorasi, karena arsitektur rumah minimalis mengutamakan fungsi.

freshome.com

Ruang-ruang dalam arsitektur rumah minimalis cenderung terbuka, minimnya furnitur minimalis yang digunakan membuat ruangan terlihat besar, meskipun luasan lahannya sendiri tergolong sempit. Tidak heran kalau arsitektur rumah minimalis ini sangat digemari sebagai gaya hunian di pusat kota.

3. Arsitektur rumah minimalis menggunakan material bangunan sederhana dengan hasil maksimal

architecturebeast.com

Arsitektur rumah minimalis dikenal selalu menggunakan material bangunan yang sederhana mudah ditemukan. Biasanya, jenis batu bata digunakan untuk membangun dinding. Kayu atau keramik digunakai sebagai bahan dari desain lantai pada rumah. Beberapa rumah juga ada yang menggunakan material bangunan lain seperti kaca, beton, dan baja. Material bangunan yang tidak rumit ini justru akan memberikan daya tarik tersendiri sekaligus menonjolkan sifat dari material bangunan tersebut.

Hasil akhirnya pun bisa dibilang tidak serumit arsitektur rumah lainnya. Untuk dinding, hasil akhirnya didapatkan dengan proses aci. Bagian lantainya pun hanya dilapisi keramik tanpa perlu proses finishing lagi.

4. Minim pembatas dan sekat ruangan

pinterest.com

Ruang-ruang di dalam arsitektur rumah minimalis biasanya tidak memiliki dinding pembatas. Misalnya antara dapur dan ruang makan atau antara ruang makan dan ruang keluarga. Tapi, ruang-ruang yang sifatnya pribadi tetap memiliki dinding pembatas, misalnya kamar tidur dan kamar mandi. Ruang-ruang di atas tadi biasanya hanya dipisahkan menggunakan partisi seperti rak atau meja. Tanpa adanya dinding pembatas, bagian dalam rumah akan terlihat lebih luas, nyaman, dan terang.

architecturebeast.com

Suasana interior rumah minimalis juga terlihat terang berkat pencahayaan alami yang didapatkan dari matahari. Pemilihan jendela minimalis juga diperhatikan. Dari segi ukuran, jendelanya berukuran besar sehingga sinar matahari bisa lebih mudah masuk ke dalam rumah. Apalagi kalau ruangannya nggak dibatasi sekat ruangan.

Warna pada cat dinding, keramik, dan furnitur juga bisa mempengaruhi interior lho. Biasanya warna yang digunakan adalah warna netral seperti putih, hitam, atau abu-abu yang diimbangi dengan dekorasi berwarna cerah.

5. Arsitektur rumah minimalis didominasi warna putih, hitam, dan abu-abu

homedit.com

Putih, hitam, dan abu-abu adalah 3 warna yang paling sering mendominasi arsitektur rumah minimalis. Warna monokrom ini membuat rumah minimalis terlihat sederhana, bersih, namun tetap elegan. Meski ada yang menggunakan warna selain 3 warna tadi, biasanya hanya sebagai aksen pemanis interior agar tidak terlihat monoton.

Warna putih, hitam, dan abu-abu ini biasanya diterapkan pada bagian dinding, lantai, furnitur, dekorasi, bahkan perlalatan makan. Jadi, nggak salah kalau 3 warna tersebut dikenal sebagai ciri khas desain arsitektur rumah minimalis.

6. Memaksimalkan pencahayaan dalam rumah

pinterest.com

Arsitektur rumah minimalis tidak memiliki bentuk bangunan yang kompleks dan ukiran yang rumit, tapi kesederhanaan ini malah menambah daya tarik dari arsitektur rumah minimalis. Rahasia di balik penampilan ini adalah perencanaan desain yang hati-hati sehingga banyak cahaya alami masuk ke dalam rumah sebagai output-nya.

Selain itu, arsitektur rumah minimalis ini dilengkapi dengan pencahayaan tidak langsung. Pencahayaan tidak langsung sendiri digunakan untuk menegaskan kesan tertentu pada ruangan.

7. Arsitektur rumah minimalis dilengkapi dengan taman yang minimalis juga

houzz.com

Tidak hanya rumahnya saja yang sederhana, tetapi juga tamannya. Kebanyakan arsitektur rumah minimalis menempati lahan yang terbatas. Agar seimbang dengan luasan rumah, taman rumah minimalis biasanya tidak memiliki pohon berukuran besar. Hal ini juga dilakukan karena nggak sedikit taman minimalis yang berukuran kecil.

Bagian tanah ditutupi oleh rumput atau bebatuan kecil agar terlihat rapi. Tanaman yang bisa digunakan adalah tanaman merambat atau tanaman hijau berukuran sedang. Sangat sedikit yang menanam bunga berwarna mencolok untuk taman rumah minimalis. Sebagai dekorasi, biasanya ditambahkan model air mancur pada taman.


Demikian 7 ciri arsitektur rumah minimalis yang perlu kamu ketahui. Selain bentuknya yang sederhana, arsitektur rumah minimalis ini juga hemat biaya saat pembangunan maupun perawatan. Menarik, ya?

Temukan aneka jenis furnitur untuk hunianmu di Dekoruma! Dekoruma jual meja belajar, sofa, lemari pakaian, dan furnitur esensial lain dengan model serta ukuran yang beragam sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Selain furnitur, Dekoruma juga jual Luminarc yang menyediakan alat makan dan minum dari bahan yang aman untuk kesehatanmu dan keluarga. Tunggu apa lagi? Yuk, segera ke Dekoruma dan cari semua keperluan rumahmu!