Kantor adalah tempat bekerja para karyawan dari sebuah perusahaan. Para karyawan ini tidak hanya sebentar berada di kantor, melainkan berjam-jam bahkan seharian saat lembur. Dengan demikian, sebuah desain interior kantor harus dibuat sebaik mungkin.

Tidak hanya fokus kepada fungsinya, desain interior kantor akan lebih baik jika fokus juga pada tata letak dan dekorasi. Kenyamanan saat berada di kantor bisa jadi faktor yang membuat karyawan betah dan semangat bekerja.

Kali ini Kania tidak akan membahas desain interior kantor biasa yang hanya terdiri dari deretan meja komputer dan kursi dengan dinding polos, melainkan desain interior kantor yang ditata dengan apik dan dilengkapi dengan dekorasi cantik nan fungsional. Yuk, simak foto-fotonya berikut yang bisa membuat kamu ingin segera pindah kantor berinterior keren!

1. Desain interior kantor Opera Software

design-milk.com

Sebuah kantor agensi bernama Opera Software memiliki kantor baru di Wroclaw, Polandia. Kantor ini menempati sebuah lahan dari bekas rumah 2 lantai yang berdiri sejak abad 19. Desain awal rumah ini kemudian menginspirasi untuk desain interior kantor yang mengusung gaya eklektik. Karena merupakan hasil renovasi dari sebuah rumah, tentu rasanya sangat nyaman dan bagaikan bekerja di rumah sendiri.

Ruang kerjanya kebanyakan merupakan area terbuka dengan meja kantor panjang di mana karyawan bisa bebas memilih tempat duduknya sendiri. Meski terlihat berbeda-beda, desain interior kantor pada masing-masing ruang kerja memiliki ciri khas yang sama yakni menggunakan gaya eklektik dan menggunakan lampu bohlam.

design-milk.com

Untuk ruang rapatnya, tentu tidak kalah keren dibandingkan dengan ruang kerja. Di dalamnya ada sebuah meja panjang dengan banyak kursi kantor. Bagian dinding digunakan untuk menggantungkan televisi dan hiasan berupa pipa-pipa berujung bohlam. Suasana rapat pun jadi lebih santai dan menyenangkan.

Furniture minimalis yang nyaman menjadi salah satu kunci di sini, baik itu di kantor ataupun perumahan, memilih furniture yang baik bisa merubah suasana lho. Di Indonesia sendiri, kamu sudah bisa membeli furniture dan perabotan secara online. Misalnya di Dekoruma.

Jika ingin bertemu klien, pelanggan, atau berdiskusi dengan rekan kerja, ruangan-ruangan kecil ini bisa digunakan sebagai area privat. Sebagian bidang dindingnya dilapisi kayu sehingga terlihat elegan, sedangkan bagian lainnya menggunakan busa sehingga membuat tamunya nyaman.

2. Desain interior kantor Candlefox HQ

design-milk.com

Desain interior kantor yang pertama adalah karya dari Tom Robertson Architects untuk perusahaan Candlefox HQ yang berada di Melbourne, Australia. Desain interior kantor dari perusahaan yang bergerak di bidang penyedia pasar edukasi ini terlihat keren dengan tema hitam putih. Kantor ini terdiri atas ruang kerja untuk 20 karyawan, ruang rapat, dan dapur.

design-milk.com

Penggunaan warna hitam putih pada setiap elemen desain interior kantor ini mungkin akan terlihat membosankan, oleh karena itu, tanaman-tanaman hias daun diletakkan di beberapa sudut. Hal yang menarik di sini adalah kehadiran tiang-tiang di bagian atas yang berfungsi sebagai jalur tanaman rambat. Tanaman pembawa hoki pun boleh dihadirkan. Selain itu, rasanya tidak ada lagi dekorasi berukuran besar yang menghiasi ruang kantor ini. Hasilnya, desain interior kantor pun terlihat bersih, lebih hidup dan segar.

design-milk.com

Saat sudah merasa suntuk dan tidak mendapat ide, para karyawan perlu beristirahat. Tempat favoritnya tentu saja dapur dan ruang makan. Area dapur ini tetap didominasi warna hitam dan putih, namun materialnya menggunakan keramik-keramik dapur berukuran kecil. Tujuannya agar mudah dibersihkan saat terkena kotoran. Keramik ini digunakan sebagai pelapis backsplash dan meja makan.

3. Desain interior kantor I TO NIJE SVE!

design-milk.com

Kantor I TO NIJE SVE! berada di Zagreb, Kroasia dengan luas lahan sekitar 39 m². Perusahaan yang bergerak di bidang periklanan ini memilih konsep industrial modern untuk desain interior kantor mereka. Ruang kerja karyawan dibuat terbuka sehingga memudahkan mereka untuk saling berkomunikasi satu sama lain. Ruangan yang tertutup hanyalah beberapa ruang rapat di bagian atas.

design-milk.com

Jika dilihat secara keseluruhan, desain interior kantor ini seperti hasil renovasi dari kontainer yang biasa digunakan untuk mengirim barang menggunakan kapal. Desain interior kantor ini didominasi oleh material khas gaya industrial seperti besi, beton, dinding batu bata ekspos, dan kaca.

design-milk.com

Nilai estetikanya menjadi bertambah berkat pencahayaan lampu yang tepat, tanaman hijau sebagai dekorasi sederhana, dan warna cokelat-putih yang mendominasi ruangan.

design-milk.com

Selain desain interior kantor yang keren, kamu bisa puas bermain dan menghilangkan stres dengan bermain basket, ping pong, atau catur yang memiliki area khusus.

4. Desain interior kantor Digital Intelligence Company New Relic

design-milk.com

Desain interior kantor berikutnya sekilas tidak tampak seperti kantor pada umumnya. Kantor milik Digital Intelligence Company New Relic ini lebih cocok jika disebut sebagai food court. Didesain oleh IA Interior Architects, desain interior kantor ini berfokus pada semangat, originalitas, dan keterhubungan.

design-milk.com

Desain interior kantor ini didominasi dengan 3 warna utama yaitu kuning, biru, dan abu-abu. Pilihan tempat duduknya pun beragam. Ada yang menggunakan sofa empuk berkualitas baik, kursi kayu, kursi bar yang tinggi, dan kursi yang menyerupai nook. Para karyawan bebas memmilih tempat duduk sesuai dengan keinginan. Dengan suasana yang nyaman seperti ini, para karyawan akan lebih mudah untuk berkonsentrasi.

5. Desain interior kantor unbot inc.

design-milk.com

Desain interior kantor berikutnya yang bisa membuat para karyawan betah berada di kantor adalah kantor milik unbot inc. yang didesain oleh PRISM DESIGN. Suasana kantornya terlihat terang dan alami berkat penggunaan warna hijau, putih, dan cokelat muda. Secara keseluruhan, desain interior kantor ini memudahkan para karyawan untuk saling berkomunikasi. Kemudahan ini memberikan rasa nyaman sehingga berpengaruh positif pada hasil kerja mereka.

design-milk.com

Untuk ruang rapat, suasananya lebih gelap dan tenang dibandingkan area kerja karyawan. Meski demikian, tetap tidak kalah nyamannya bukan? Dijamin segala ide bisa bermunculan saat berada di sini.

design-milk.com

Desain interior kantor milik perusahaan IT di China ini memiliki satu objek yang sangat menonjol dan menarik yaitu jaring-jaring di lantai 2. Jaring berukuran besar ini bisa digunakan para karyawan untuk bersantai dan tidur-tiduran sambil melepas stres. Jaring dari tali ini teruji keamanannya, sehingga karyawan tidak perlu khawatir akan jatuh.

design-milk.com

Tidak suka berada di atas jaring? Kamu bisa pindah ke ruang lain yang menyediakan sofa empuk untuk bersantai.

6. Desain interior kantor Barrows

design-milk.com

Desain interior kantor milik biro iklan Barrows di Afrika Selatan ini bisa membuat karyawannya merasa seperti berada di rumah sendiri. Selain tempat kerjanya yang nyaman, desain interior kantor ini sangat menonjolkan warna-warna cerah di setiap sudutnya.

Di bagian bawah, kamu akan menemukan sebuah ruang yang didominasi warna hijau mulai dari sofa, karpet, hingga dindingnya.

design-milk.com

Sedangkan ruang rapatnya didominasi dengan warna biru. Begitu juga dengan area kubikelnya yang cocok digunakan saat ingin menelepon klien atau pun saat ingin berkonsentrasi mengerjakan sesuatu. Selain nyaman, desain interior kantor ini bisa dibilang Instagram-able juga!

design-milk.com

Tidak tangung-tangung, kantor ini juga mengerjakan bagian toilet dengan maksimal. Dekorasi lampu, hiasan dinding berupa cermin bundar, dan motif pada dinding membuat toilet ini jauh dari kesan jorok.


Keren banget ‘kan desain interior kantor-kantor di atas? Rasanya ingin mencoba bekerja di sana, ya. Dari 6 kantor yang sudah Kania bahas, yang mana favoritmu?

Jika kamu ingin mengaplikasikan desain kantor di atas tapi budget-mu terbatas, kamu bisa mencari jasa desain interior murah, salah satunya Dekoruma. Dekoruma juga jual King Koil, Comforta, dan Guhdo untuk menemani kamu tidur nyenyak.

Tak hanya itu, ada juga beragam jenis furnitur untuk hunianmu. Dekoruma jual lemari dapur, rak tv, sofa bed, dan rak sepatu. Lengkap banget, ‘kan? Jangan lupa cek juga artikel-artikel menarik lainnya di Dekoruma, ya!