Kamu termasuk pemilik rumah berukuran kecil?  Jangan langsung berkecil hati guys, rumah kecil bisa jadi istana pribadi yang super nyaman dan ideal loh. Kuncinya adalah teknik dekorasi yang baik, desain yang pas dan pemilihan elemen- elemen interior seperti perabot yang tidak mengecewakan.

Layaknya rumah berukuran sedang atau besar lainnya, rumah kecil kamu juga bisa punya ruang tamu yang nyaman dan membuat betah kok. Kalau ditata dengan tepat, ruang tamu kecil bukan cuma bisa jadi tempat yang membuat penghuni rumah bangga, tapi membuat tamu kamu kagum juga! Gimana sih, caranya? Yuk ikuti tips Kania supaya tahu trik-trik penting saat mendesain ruang tamu kecil milikmu!

1. Bermain Dengan Warna Netral

thespruce.com

Salah satu trik paling popular dalam mendesain ruang tamu kecil adalah dengan penggunaan palet warna yang kalem dan netral. Tidak dapat dipungkiri kalau pemilihan warna yang tepat, serta dekorasi rumah yang dipilih akan sangat menentukan aura ruangan hingga mood pemilik rumah.

Prioritaskan warna-warna cerah seperti putih, krem, atau abu muda untuk dinding, lantai, dan peralatan rumah tangga utama. Warna-warna tersebut bisa memantulkan cahaya. Selain memberi efek lebih lapang, pilihan warna-warna ini akan menghasilkan sebuah ruang tamu kecil yang terlihat elegan dan terasa nyaman.

2. Ruang Tamu Kecil Terlihat Luas dengan Cermin

made4decor.com

Tips paling klasik tapi efektif dalam menghadapi ruang tamu kecil adalah dengan memasukkan dekorasi cermin cantik di ruangan. Cermin punya efek memantulkan yang bisa membuat ruang tamu kecil terlihat lebih luas secara instant.

Tapi jangan sembarangan menggantung cermin di ruang tamu kecil milikmu, kamu harus tahu titik- titik strategis dan hal-hal umum seperti memilih satu cermin berukuran besar atau susun beberapa cermin berukuran kecil secara bersamaan.

Penempatan cermin juga penting, tempatkan cermin ruang tamu kecil berdekatan atau tepat dengan sumber cahaya, ruangan yang penuh dengan cahaya akan memberi kesan luas. Untuk ruang tamu kecil dengan jendela, tempatkan cermin berseberangan dengan jendela.

3. Tonjolkan Sisi Atas Ruang Tamu Kecil

impnerd.com

Sebuah ruangan punya dimensi vertikal dan horizontal. Untuk ruang tamu kecil dengan langit- langit yang tinggi, manfaatkan ruang ekstra di bagian atas untuk menampilkan kesan yang lebih luas. Di langit-langit yang tinggi, kamu bisa menghiasinya dengan lampu gantung atau memasang tirai panjang dari ujung langit-langit sampai ke lantai.

Isi juga ruang vertikal bagian atas dengan dekorasi  atau hiasan lain. Misalnya, kamu bisa kok membuat rak buku yang dekat dengan langit-langit supaya pandangan mata lebih terfokus ke bagian atas ruangan.

4. Pilih Perabot Dengan Tampilan Effortless

candypop.com

Contoh mudah perabot yang punya kesan ringan atau effortless adalah koleksi furnitur yang berbobot lebih ringan, baik dari sebi tampilan maupun bobot aslinya.

Bandingkan antara sofa tebal dengan kursi duduk empuk berkaki kayu atau besi tipis, pasti akan ada kesan kalau sofa tebal lebih berat dan memakan tempat. Sama halnya dengan meja, hindari meja dan kursi dengan kaki yang tebal dan terlalu petak di ruang tamu kecil. Sedangkan dari segi bahan, meja kaca juga akan lebih atraktif secara visual, kaca yang transparan juga membuat ruangan terlihat luas dibandingkan dengan meja kayu yang padat dan kaku.

5. Ganti Meja Samping Dengan Rak Tinggi

freshome.com

Daripada menambahkan sebuah meja kecil untuk meletakkan pernak- pernik atau dekorasi ruang tamu kecil, sebaiknya kamu menaruh sebuah rak atau kabinet vertikal yang lebih fungsional.

Kamu bisa mendapatkan lebih banyak tempat penyimpanan atau rak-rak display untuk memperindah ruang tamu kecil. Selain itu, pemilihan rak tinggi juga sesuai dengan teknik mengisi bidang vertikal atau atas untuk ruang tamu kecil yang semakin gaya.

6. Manfaatkan Dinding Sebagai Area Tambahan

amazon.com

Dinding bisa jadi kanvas ideal untuk menampilkan dekorasi seperi bingkai, cermin dan hiasan lain di ruang tamu kecil. Tetapi kamu juga bisa menambahkan benda yang memang punya fungsi untuk ruang tamu kecil, seperti lampu gantung, meja belajar kecil, rak gantung, dan perabot juga furnitur fungsional lainnya sebagai storage tambahan pada ruang tamu. Contohnya pada area meja komputer yang mungkin ada di ruang tamu.

7. Pilih Perabot Dengan Manfaat Ekstra

pinterest.com

Meja tamu sekaligus merangkap meja kerja? Meja tarik dengan tatakan untuk laptop? Sofa kecil dengan laci rahasia? Atau sofa yang bisa ditarik kapan saja untuk tempat beristirahat ekstra?

Ya, untuk kalian yang punya ruang tamu kecil, bukan tidak mungkin bermain dengan perabot-perabot dengan desain kreatif multifungsi. Karena keterbatasan ruang, kamu harus pintar-pintar dalam memilih perabot yang berkualitas dan smart demi memenuhi tuntutan untuk ruang yang lebih besar dan memadai.

8. Dekorasi Bernuansa Keemasan

havenly.com

Ruang tamu kecil juga bisa tampil glamor dengan sentuhan keemasan yang ekslusif. Bahkan, dengan memberikan sedikit dekorasi atau hiasan berwarna emas, ruang tamu kecil akan tampil lebih elegan. Dekorasi bertema keemasan juga tepat untuk ruang tamu kecil. Di sini, dekorasi menjadi spotlight bagi keseluruhan dekorasi di dalam ruangan.

9. Posisikan Rak Pajangan Secara Ideal

thespruce.com

Bingung mencari lokasi untuk menarik rak dinding khusus pajangan di ruang tamu kecil? Gunakan teknik susunan berlapis seperti inspirasi ruang tamu kecil di atas. Menempatkan sebuah rak tinggi untuk buku atau pajangan tepat di belakang sofa adalah cara yang efektif untuk menambahkan visual yang indah sekaligus menambah fungsi storage yang sangat dibutuhkan di ruang tamu kecil. Ingat juga untuk memilih rak tinggi yang berkesan ringan seperti konsep tangga pajang tanpa alas dinding seperti inspirasi ruang tamu kecil di atas.

10. Pilih Tema Favorit Secara Konsisten

alvhem.com

Apapun pilihan tema interior ruang tamu kecil milikmu, pastikan kamu mengaplikasikannya secara penuh dan konsisten. Baik shabby chic seperti inspirasi di atas, minimalis modern, hingga klasik ekslusif, sangat penting bagi kamu untuk menerapkannya dengan tepat.

Gunakan formula dasar seperti perabot berkesan ringan, warna-warna netral dan dekorasi yang wajib seperti cermin atau karya seni di dinding, lalu bubuhkan tema kesayangan untuk ruang tamu kecil sehingga tercapai sebuah ruang keluarga yang nyaman, apik dan betah untuk dinikmati.

11. Jaga Kebersihan dan Kerapian

adaymag.com

Trik ini simpel dan sederhana tetapi selalu efektif untuk ruang tamu kecil. Saat mendesain, usahakan agar tata ruang tamu bisa mudah dibersihkan dan dirapikan setiap saat. Ini artinya kamu harus sudah mendesain semua tempat untuk setiap benda. Alhasil, ruang tamu kecil bisa terlihat rapi dan bebas dari barang-barang yang berserakan.

Kamu sedang mencari furnitur berkualitas untuk melengkapi hunianmu? Kamu bisa menemukannya secara online di Dekoruma, lho! Dekoruma jual rak tv, sofa bed, rak dinding, dan kursi bar. Selain model dan ukurannya beragam, pilihan mereknya pun bervariasi, seperti dari Funika, Livien, dan Pro Design.

Tak hanya itu saja, aneka jenis kasur dari merek-merek ternama juga bisa kamu temukan di Dekoruma! Beberapa di antaranya ada kasur Serta, King Koil, dan The Luxe. Lengkap banget, ‘kan?

Nah, kalau kamu saat ini hendak membeli rumah baru, kamu bisa mengunjungi laman Dekoruma Properti. Ada banyak hunian dengan harga terbaik yang bisa kamu pilih. Tersedia juga hunian yang berada di dalam perumahan dengan lokasi strategis, seperti perumahan baru di Bekasi, Jakarta Barat, Tangerang, dan Depok. Tunggu apa lagi? Yuk, temukan rumah impianmu di Dekoruma dan ciptakanlah momen indah bersama keluarga di rumah barumu!