Aneka Tanaman Gantung Untuk Hiasi Hunian

Siapa sih yang tidak ingin punya rumah kediaman yang dihiasi dengan kebun dan tanaman cantik? Pekarangan dengan tanaman memang menjadi idaman hampir setiap orang, tetapi jika membayangkan perawatan yang berat, pot bunga yang berserakan, hingga pembersihan tanah terutama saat musim hujan- duh, pasti banyak yang langsung menyerah.

Buat kalian yang ingin praktis, Kania menyarankan untuk mencoba tanaman gantung. Banyak sekali jenis tanaman hias atau bunga-bunga yang cocok untuk dijadikan tanaman gantung loh. Bayangkan, sepanjang mata memandang, warna-warni indah dan bau semerbak dari tanaman gantung sudah siap menyambut kedatangan kamu di rumah. Yuk, langsung lihat ulasan 10 tanaman gantung terbaik yang dijamin bikin rumah tambah adem dan makin cantik!

1.  Fuschia atau Kembang Anting-Anting


vwhomeandgarden.com

Di Indonesia, mungkin kita lebih mengenal istilah ‘bunga anting-anting’ dibandingkan dengan nama baratnya yaitu fuschia. Sesuai julukannya, memang bunga gantung yang satu ini paling cocok untuk tanaman gantung karena posisi menggantungnya yang mirip dengan anting-anting cantik.

Seperti tanaman tropis pada umumnya, tanaman ini bisa subur dan mekar sepanjang tahun. Bisa ditemukan di taman-taman minimalis, bibit fuschia juga mudah ditemukan di pasaran dalam berbagai macam variasi warna seperti merah, putih, pink, ungu dan warna kombinasi. Pastikan kamu rajin menyirami fuschia dan letakkan di posisi yang agak sejuk supaya tanaman gantung hasil kreasimu terhindar dari kekeringan akibat sinar matahari langsung.

2. Lili Paris (Chlorophytum comosum)

pinterest.com

Berasal dari Afrika Selatan, lili paris termasuk tanaman hias yang populer di daerah tropis seperti Indonesia karena tahan panas dan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.  Dengan warna daun yang menarik dan bisa tumbuh panjang ke bawah, tidak heran jika banyak yang menggunakan lili paris sebagai tanaman gantung di rumah. Untuk menanam lili Paris di dalam vas & pot bunga, cukup gunakan tanah liat dan tempatkan di daerah yang kerap mendapatkan sinar matahari.

3. Tanaman Begonia

amazon.com

Satu lagi tanaman gantung hias yang juga mudah ditanam di negara tropis seperti Indonesia, si cantik begonia. Untuk jenis begonia sendiri, terdapat beberapa variasi yang berbeda, dimulai dari dedaunan begonia hingga pucuk bunga Begonia dalam aneka warna dan bentuk yang cocok untuk tanaman gantung.

Salah satu yang paling terkenal adalah begonia rex dengan bentuk daun yang besar dan didominasi dengan warna hijau dan merah yang menarik. Ada juga begonia cane yang tidak kalah tenar dengan julukan “sayap malaikat” hingga begonia lilin atau wax begonia karena daunnya yang terlihat seperti dilapisi lilin. Semua jenis begonia ini bisa kamu tanam dalam bentuk tanaman gantung untuk penampakan rumah yang makin asri.

4. Ragam Cantik Bunga Lobelia

blogspot.com

Dikenal dengan bunganya yang cantik dan beraneka ragam, kamu bisa menikmati tanaman Lobelia yang berwarna ungu, biru, merah dan putih. Selain cantik, lobelia juga disenangi sebagai tanaman gantung karena nggak memerlukan banyak perawatan dan mudah tumbuh subur tanpa tergantung pada musim tertentu.

Kamu cukup menabur bibit lobelia di dalam tanah seperti cara menanam yang biasanya. Setelah penyemaian berhasil dan pucuk lobelia sudah tumbuh, barulah saat itu kamu bisa memindahkan lobelia kedalam pot menjadi tanaman hias untuk mempercantik tampilan rumahmu!

5.  Bunga Petunia

pinterest.com

Berasal dari negara Amerika Serikat, bunga petunia memiliki ketinggian antara 16-30 cm. Bunga petunia bisa ditandai dengan kelopak bunga yang menyerupai terompet dengan mahkota tunggal ataupun ganda. Jadi, juntaian tanaman gantung petunia memang sangat indah secara visual.

Variasi warnanya seperti merah, kuning, putih, biru dan ungu juga menjadikannya sebagai salah satu tanaman gantung favorit. Sebagai bunga yang bersifat semusim tetapi kerap berbunga, bunga petunia lebih cocok ditanaman untuk kalian yang berdomisili di kota- kota sejuk, seperti Bogor atau Bandung.

6. Menghalau Nyamuk dengan Geranium

prweb.com

Bunga geranium umumnya berwarna merah dan ungu dengan karakteristik yang berbeda-beda. Keunggulannya yang paling diminati adalah berfungsi sebagai tanaman pengusir nyamuk sehingga kehadirannya sangat membantu mengurangi serangga berkaki enam itu.

Perlu diperhatikan kalau  geranium juga membutuhkan cuaca yang cukup sejuk untuk tumbuh berkembang secara optimal. Jadi, kalian harus melakukan usaha ekstra terhadap geranium seperti menyiram, menjaga kelembaban dan suhu serta rajin memberi pupuk saat geranium kalian berbunga.

7. Tanaman Anggrek (Orchidaceae)

pinterest.com

Tanaman anggrek juga sudah bukan hal asing lagi bagi pecinta flora di Indonesia. Banyak sekali jenis anggrek yang bisa dijadikan tanaman gantung dan memberikan nilai estetika tersendiri bersama dengan tanaman lain di pekarangan rumah milikmu.

Selain bentuknya yang indah dan benihnya yang mudah didapat, anggrek sebagai tanaman gantung juga mempunyai khasiat anti-stres karena keindahan dan aromanya yang bisa memberikan efek relaksasi. Anggrek juga dipercaya bisa mengurangi polusi udara. Selain itu, Anggrek bisa dijadikan bahan makanan dan tonik panjang usia, hingga mengobati berbagai penyakit seperti demam dan nyeri sendi.

8. Portulaca atau Bunga Pukul Sembilan

fairviewgardencenter.com

Bunga portulaca atau portulaka sering juga disebut dengan istilah Sutra Bombay atau bunga pukul sembilan. Bentuknya yang pendek dengan rumput berbunga cantik dan berwarna-warni menjadikannya sebagai tanaman gantung yang sangat ideal untuk rumahmu.

Bunga portulaca juga memiliki varietas yang berbeda-beda, mulai dari kelopak tunggal hingga ganda atau susun. Jika dijadikan tanaman gantung, bunga portulaca bisa berbunga dengan cepat tanpa membutuhkan banyak usaha penyiramanan. Jika kalian mencari tanaman gantung yang minim perawatan, boleh lho mempertimbangkan portulaca sebagai solusi tanaman gantung yang praktis!

9. Bunga Lantana

egangardens.com

Bunga lantana adalah salah satu nominasi tanaman gantung terbaik yang berasal dari region tropis Amerika. Dengan bentuknya yang cantik, bunga Lantana memiliki bentuk payung dan warna-warni yang menarik seperti kuning, pink, ungu, putih, merah tua hingga warna kombinasi. Sebagai tanaman gantung di perumahan, bunga lantana bisa tumbuh dengan cepat sesuai kondisi iklim. Lantana juga kerap mengundang kupu-kupu yang cantik  untuk menyambanginya. Seperti punya tanaman gantung ibarat dalam dunia dongeng, ya?

10. Black-Eyed Susan Vine (Thunbergia alata)

pinterest.com

Black-eyed susan vine sering juga disebut sebagai Thunbergia alata. Walaupun lebih cocok tumbuh di daerah dingin, tanaman gantung ini tidak butuh banyak perawatan sehingga diyakini bisa menjadi tanaman gantung yang ideal di Indonesia.

Untuk penampilannya, bunga Susan memiliki warna-warni seperti kuning, oranye, putih, merah, salmon dan ivory. Bentuknya cukup unik, yakni menyerupai bentuk hati atau mata panah. Kamu bisa meletakkan black-eyed susan vine di daerah yang lembap, tetapi masih mendapatkan sinar matahari. Jaga juga tanaman gantung ini dari serangan hama seperti laba-laba supaya tumbuh sempurna.


Itulah 10 tanaman gantung yang bisa kamu coba aplikasikan di rumah. Yang mana yang paling menarik perhatianmu? Jangan lupa untuk baca artikel menarik lainnya di Dekoruma, ya! Selain artikel, kamu juga bisa menemukan aneka furnitur untuk melengkapi kebutuhan rumahmu. Dekoruma jual sofa, spring bed, meja makan, kasur busa, dan rak dinding dengan kualitas terbaik.

Kalau kamu justru sedang mencari rumah dijual di BSD, Dekoruma juga menyediakannya, lho! Ada berbagai pilihan rumah dijual dan rumah baru dengan harga terbaik untukmu. Tak hanya di daerah BSD, tapi juga ada di berbagai kawasan berkembang lainnya, seperti di Jakarta Selatan, Depok, dan Bekasi. Tunggu apa lagi? Yuk, temukan rumah impianmu bersama Dekoruma!