Dalam merancang sebuah rumah tinggal, istilah void rumah mungkin terdengar familiar dan kerap disebut-sebut. Namun, apa itu void rumah?

Void rumah adalah ruang kosong terbuka yang terletak di tengah-tengah konstruksi antar dua lantai. Bagi sebagian orang, void rumah bisa diartikan, dan sering juga disebut dengan istilah “plafon ganda”.

homedsgn.com

Kehadiran void rumah dalam sebuah rancangan pada dasarnya tidak hanya sekedar sebagai pemanis atau memberikan segi estetis pada rumah saja. Ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan penghuni hunian dengan menggunakan void rumah sebagai elemen bangunannya. Berikut beberapa manfaat dari hadirnya void rumah dalam rancangan rumah tinggalmu.

Manfaat penggunaan Void Rumah dalam rancangan rumah tinggal

Sumber pencahayaan alami

squarespace.com

Kehadiran void rumah bisa dimanfaatkan sebagai strategi menangkap lebih banyak cahaya matahari yang masuk ke dalam hunian. Hal ini tentunya akan membuat pencahayaan alami rumahmu jadi lebih baik. Untuk itu, selalu perhatikan arah dan sudut datang matahari dalam merancang void rumah agar pencahayaan alami yang didapat dari menghadirkan void rumah menjadi lebih maksimal.

Selain menangkap sumber pencahayaan alami, sifat terbuka yang dimiliki void rumah juga akan membantu persebaran cahaya sehingga ruangan di dalam rumah jadi jauh terasa lebih terang.

Memberikan sirkulasi udara yang lebih baik pada rumah tinggal

telegraph.co.uk

Selain pencahayaan alami, void rumah juga bisa diandalkan untuk memaksimalkan pengudaraan alami di dalam rumah. Tak hanya membantu menangkap udara lebih baik, keberadaan void rumah yang terbuka juga akan membuat alur sirkulasi udara di dalam hunian jauh lebih baik yang akan mencegah kelembapan udara berlebih dan membuat rumah menjadi jauh lebih sejuk untuk kamu yang tinggal di daerah tropis. Sirkulasi udara yang baik merupakan ciri-ciri dari rumah sehat lho!

Memberikan efek visual lebih luas dan lapang melalui void rumah

busyboo.com

Karena sifatnya yang terbuka dan memberikan pencahayaan yang lebih baik, kehadiran void rumah akan memberikan kesan yang lebih lapang pada hunianmu. Void rumah bisa menjadi pusat dari hunian yang menghubungkan berbagai ruang lainnya dan menjadikannya seperti sebuah ruang luas yang utuh tanpa penggunaan terlalu banyak sekat-sekat masif.

Mempermudah komunikasi di dalam rumah

alisonbrooksarchitects.com

Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, dengan adanya void rumah, beberapa ruang berbeda jadi tetap bisa terkoneksi bahkan ruang berada di beda lantai. Dengan begitu setiap penghuni rumah jadi jauh lebih mudah untuk bertemu dan berkomunikasi satu sama lain meski berada di ruang bahkan lantai yang berbeda.

Nggak cuma mempermudah komunikasi akan penghuni rumah, void rumah juga menjadikan atmosfer di dalam hunian menjadi lebih hangat dan dekat.

Memberikan suasana rumah yang lebih dinamis dan tidak monoton

archinspire.pro

Salah satu hal yang sudah pasti akan dirasakan pada saat memiliki void rumah adalah suasana yang lebih dinamis. Kehadiran void akan membantu membuat rumah nggak terasa terlalu datar dan juga membuat variasi ukuran dari ruangan di dalam rumah. Rancangan void rumah membuat interior juga jauh dari kesan monoton dan membosankan. Dengan adanya void, kreasi desain rumah juga bisa dieksplorasi lebih banyak dan dalam. Terlebih lagi, penempatan void yang tepat bisa membuat rumah lebih megah dan elegan, lho.

Bentuk-bentuk pengaplikasian Void Rumah pada rancangan rumah tinggal

contemporist.com

Lalu, seperti apa umumnya penerapan void rumah pada rancangan hunian residensial? Tentu hal ini bisa disesuaikan dengan kreasi dan kebutuhan, namun berikut adalah penerapan umum dari void rumah yang bisa menjadi referensi.

Void rumah sebagai ruang penyambut tamu.

ignant.com

Meski umumnya berada pada bagian terdepan rumah, tak jarang orang membuat ruang tamu dengan konsep void. Ruang tamu yang dirancang dengan void rumah bertujuan untuk memberikan kesan ‘welcoming’ yang lebih terbuka. Hal ini juga tak pernah gagal memberikan first impression yang baik kepada tamu.

Untuk kamu yang ingin memberikan kesan elegan dan megah, konsep ruang tamu dengan void rumah adalah pilihan yang tepat. Terlebih lagi kamu bisa menempatkan lampu gantung kristal pada ruang tamu milikmu.

Void rumah sebagai ruang utama di dalam rumah (ruang makan, ruang TV, atau ruang keluarga)

homedit.com

Salah satu penerapan umum dari void rumah adalah pada ruang-ruang utama pada hunian. Untuk bagian ini, bagian utama rumah setiap orang tentu berbeda, namun pada umumnya, void diterapkan pada ruang TV, ruang makan, atau ruang keluarga yang biasanya memang menjadi pusat kegiatab di rumah tersebut. Hal ini dikarenakan void rumah biasanya akan menjadi penghubung dari ruangan lainnya, sehingga fungsi ruang dari void rumah akan diartikan sebagai pusat dari rumah tersebut.

Void rumah sebagai penambah elemen outdoor kedalam rumah tinggal

dezeen.com

Void rumah juga sering dijadikan sebagai media untuk mengimplementasikan elemen yang biasanya ada pada bagian luar rumah seperti taman dan juga kolam ikan. Karena kemampuannya menangkap udara dan cahaya yang alami, void rumah sangatlah mungkin untuk dimanfaafkan sebagai taman di dalam rumah. Ketinggian yang lebih memungkinkanmu memiliki pohon atau vegetasi tinggi lainnya di dalam rumah.

Kehadiran kolam juga bisa jadi alternatif untuk kamu yang ingin menghidupkan ketenangan pada desain rumah. Kehadiran taman dan kolam, misalnya sebuah kolam ikan minimalis atau sebuah desain taman dalam rumah yang cantik pada rancangan void rumah juga membantu memaksimalkan fungsi dari void rumah dalam mengatur pengudaraan yang ada di dalam rumah.

Void rumah sebagai sirkulasi vertikal rumah tinggal

desiretoinspire.net

Saat memberikan ruang untuk tangga tentu diperlukan void rumah. Namun, sebagian orang membuat void rumah bagian tangga ini sedikit lebih besar daripada kebutuhan ruang daripada tangga. Hal ini memungkinkan penghuni bermain dengan desain tangga dan juga desain railing tangga yang unik, lebih dinamis dan juga berani. Penerapan void rumah seperti ini juga pilihan untuk menghadirkan kesan megah dan elegan pada interior dari rumah impianmu lewat void rumah.

Void rumah untuk kebutuhan ruang-ruang lainnya

freshome.com

Selain kebutuhan rumah umum seperti yang dijabarkan seperti sebelumnya, penerapan void dalam rumah bisa diaplikasikan pada beberapa ruang yang tak konvensional lainnya seperti ruang dapur, ruang olahraga, ataupun ruang lainnya menyesuaikan aktivitas utama apa yang kerap kamu lakukan di dalam rumah. Tentunya, void rumah akan membantu mengidentifikasi ruang sebagai ruang atau titik utama dari keseluruhan rancangan rumah.

archipendium.com


Itulah beberapa hal mengenai void rumah serta penerapannya di dalam hunian yang perlu kamu pahami agar bisa mewujudkan rumah yang nggak hanya estetis, tapi juga tepat guna.

Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mengaplikasikan void rumah ke dalam hunian adalah kekuatan dan sistem konstruksi rumah, kebutuhan luas dari void rumah serta ketersediaan lahannya.

Memaksakan void rumah pada lahan yang terbatas tidak akan membuat rumah terasa lapang, justru sebaliknya. Kalau masih ragu, jangan lupa berkonsultasi pada jasa interior desain profesional untuk rumahmu. Misalnya jasa desain rumah dan interior yang juga disediakan oleh Dekoruma. Jadi, apakah kamu sudah siap berkreasi dengan void rumah pada rumah impianmu?

Kamu sedang mencari perlengkapan kamar tidur yang baru? Dekoruma adalah solusi yang tepat karena selain menyediakan jasa desain, Dekoruma juga jual bedcover, selimut, bantal, tempat tidur, dan kasur dari merek-merek ternama.

Eitss.. tak hanya sampai di situ saja, Dekoruma juga menyediakan layanan jual beli properti melalui laman Dekoruma Properti, lho! Ada banyak pilihan rumah baru dan rumah dijual dengan harga terbaik yang bisa kamu pilih dari berbagai wilayah di Jabodetabek, seperti rumah dijual di BSD dan Jakarta Selatan, serta rumah baru di Jakarta Barat dan Bekasi. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma dan ciptakanlah momen indah di rumah barumu!