Desain dapur minimalis bentuk L sifatnya fleksibel karena bisa digunakan pada dapur berukuran kecil maupun besar. Pada dapur berukuran kecil, ruang kosong di bagian tengahnya akan membuat penghuni rumah merasa lebih leluasa bergerak. Sedangkan pada dapur berukuran besar, ruang kosong di bagian tengah bisa diisi dengan kitchen island.

Kamu ingin menerapkan desain dapur minimalis bentuk L di rumah? Yuk, simak inspirasi desain yang sudah dikumpulkan oleh Kania berikut ini!

1. Desain dapur minimalis bentuk L bergaya Skandinavia

tvgnews.com

Inspirasi desain dapur minimalis bentuk L yang terakhir mengusung gaya Skandinavia. Dapur ini didominasi warna putih pada lemari dapur dan material kayu berwarna cokelat alami pada bagian meja dan kursi. Dekorasinya hanya berupa tanaman hijau dalam vas. Meski ukurannya kecil dan tidak banyak dekorasi, kamu tetap akan merasa betah memasak di sini karena nyaman.

2. Desain dapur minimalis bentuk L di luar ruangan

decoist.com

Bagi para pecinta BBQ yang memiliki area luar ruangan cukup besar, cobalah menerapkan desain dapur minimalis bentuk L seperti ini. Satu sisi untuk meletakkan pemanggang, sedangkan sisi lainnya yang lebih panjang digunakan untuk menyajikan makanan untuk para tamu. Lengkapi juga dengan kursi makan yang tinggi untuk tempat duduk para tamu dan keluarga.

3. Desain dapur minimalis bentuk L berdinding keramik

decoist.com

Desain dapur minimalis bentuk L berikutnya cocok untuk kamu yang menyukai warna cerah tapi takut kotor. Bagian dinding dilapisi dengan pilihan backsplash cantik dari keramik motif bata berwarna putih, sehingga mudah dibersihkan ketika terkena noda makanan. Agar terlihat lebih menarik, gunakan keramik berbentuk segi enam untuk lantainya.

4. Desain dapur minimalis bentuk L yang didominasi warna abu-abu

decoist.com

Desain dapur minimalis bentuk L yang satu ini didominasi oleh warna abu-abu dengan aksen warna putih pada bagian backsplash dan permukaan meja. Meski desainnya sederhana dan menggunakan furnitur minimalis, dapur ini memiliki kesan mewah berkat paduan warna abu-abu dan hitam serta meja marmernya.

5. Desain dapur minimalis bentuk L dengan pemandangan pantai

decoist.com

Bagi para pecinta pantai, desain dapur minimalis bentuk L ini merupakan dapur impian. Satu sisi dapur menghadap dinding, sedangkan sisi lainnya menghadap ke jendela dengan pemandangan pantai. Kegiatan memasak akan jadi lebih menyenangkan dengan pemandangan yang cantik, kan? Material yang mendominasi dapur ini adalah kayu, material yang identik dengan rumah di tepi pantai.

6. Desain dapur minimalis bentuk L dengan pencahayaan alami

decoist.com

Desain dapur minimalis bentuk L dengan pencahayaan alami ini cocok untuk kamu yang ingin berhemat sekaligus berpartisipasi dalam penyelamatan bumi. Jendela besar di sepanjang sisi dapur ini akan membuat interior dapur terlihat terang tanpa bantuan listrik pada siang hari. Kamu bisa mencontek gaya ini dengan memilih kitchen set kayu jati berkualitas, lengkapi penampilannya dengan dekorasi vas bunga yang cantik!

7. Desain dapur minimalis bentuk L dengan nuansa alami

decoist.com

Jika diperhatikan, kamu akan menemukan tiga material utama pada desain dapur minimalis bentuk L ini. Ada kayu, batu alam, dan marmer. Tiang-tiang kayu sebagai struktur rumah terlihat serasi dengan dinding yang dilapisi dengan batu alam dan menciptakan suasana yang alami.

Sedangkan marmer yang yang digunakan sebagai permukaan meja dapur membuat suasana lebih sejuk dan berkelas. Selain kitchen set berbahan kayu, bagi kamu yang memiliki dekat pantai, disarankan untuk membangun kitchen set aluminium.

8. Desain dapur minimalis bentuk L bergaya eklektik

decoist.com

Desain dapur minimalis bentuk L juga bisa dipadukan dengan gaya eklektik. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menggunakan furnitur dapur yang minimalis. Kalau kamu merasa kebingungan, kamu bisa kok meminta jasa desainer interior untuk merancang kitchen set-mu, misalnya saja jasa desain interior dari Dekoruma yang memiliki sistem harga kitchen set yang transparan.

Ingat, jangan sampai salah memilih cat, ya! Pilihlah cat yang berwarna mencolok seperti biru dan hijau. Jangan lupa juga untuk menggantungkan lampu kristal sebagai dekorasi yang bisa membuat dapurmu lebih menawan.

9. Desain dapur minimalis bentuk L yang kontras

decoist.com

Pada desain dapur minimalis bentuk L, khususnya pada dapur yang berukuran kecil, kamu tidak bisa menempatkan banyak dekorasi. Sebagai gantinya, cobalah gunakan warna-warna kontras. Misalnya furnitur utama berwarna putih diimbangi dengan peralatan makan warna-warni sebagai dekorasi dapur juga. Desain dapur minimalis bentuk L pun bisa terlihat lebih menarik.

10. Desain dapur minimalis bentuk L dengan dinding ekspos

decoist.com

Desain dapur minimalis bentuk L yang menerapkan gaya semi industrial ini terlihat menarik berkat dinding ekspos batu bata. Bukannya terlihat lusuh atau kotor, desain dapur minimalis bentuk L ini justru terasa hangat dan berkelas! Apalagi di bagian tengahnya terdapat meja makan dan enam kursi kayu. Momen makan malam bersama keluarga jadi makin berkesan, deh!

11. Desain dapur minimalis bentuk L bergaya Victorian

decoist.com

Jika gaya Victorian biasanya identik dengan ukiran rumit, desain dapur minimalis bentuk L yang satu ini bisa jadi contoh gaya Victoria yang sederhana. Dominasi sentuhan garis-garis dari kuningan yang terdapat pada permukaan pintu kabinet dan meja dapur berfungsi sebagai pengganti ukiran rumit.

Selain itu, sentuhan warna kuningan juga terdapat pada tutup toples, pinggiran cooker hood, dan rak gantung yang dikhususkan untuk menaruh panci, wajan, serta spatula. Warnanya terlihat serasi dengan furnitur berwarna hitam. Hasilnya? Tetap terlihat berkelas dan mewah. Sebagai dekorasi, gunakan keramik bermotif untuk area backsplash.

12. Desain dapur minimalis bentuk L yang berkilau

decoist.com

Berkilau bukan berarti harus menggunakan emas atau kristal, loh. Kamu bisa mencontoh desain dapur minimalis bentuk L yang berkilau seperti di atas. Kamu hanya perlu menggunakan penny tiles untuk area backsplash. Tambahkan juga elemen stainless steel pada bagian furnitur agar cahaya bisa terpantul ke segala arah. Memasak di dapur ini serasa seperti memasak di dapur hotel bintang lima!

13. Desain dapur minimalis bentuk L dengan bar di ujungnya

decoist.com

Jika pada umumnya desain dapur minimalis bentuk L menempatkan meja bar pada salah satu sisi dapurnya, dapur yang satu ini justru menempatkan meja dan kursi bar hanya pada ujung sisinya. Terdengar pelit, tapi cukup unik dan tidak memakan ruang bagi ibu yang hobi memasak. Area kompor dan bak cucian jadi terasa lebih luas.

14. Desain dapur minimalis bentuk L dengan furnitur terbuka

decoist.com

Rak dinding terbuka biasanya ditemukan pada dapur berukuran kecil supaya ruangan terlihat lebih luas. Meski demikian, dapur berukuran besar juga boleh saja menggunakan rak dinding terbuka dengan tujuan lebih mudah mencari peralatan masak.

Tidak hanya pada rak, desain dapur minimalis bentuk L ini juga menggunakan kitchen island yang bagian bawahnya bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan aneka peralatan dapur, seperti wajan, saringan, panci, cetakan kue, dan sebagainya. Efisien tempat, ya?

15. Desain dapur minimalis bentuk L yang unik

pinterest.com

Pemilihan warna abu-abu dan material kayu pada desain dapur minimalis bentuk L ini membuatnya terlihat unik. Ditambah lagi dengan area backsplash yang menggunakan gradasi warna. Selain itu, keunikan dapur ini bisa dilihat dari meja bar yang terlihat melayang. Dengan desain tersebut, kaki orang yang duduk di sana akan lebih leluasa bergerak.

16. Desain dapur minimalis bentuk L bernuansa tradisional

decoist.com

Desain dapur minimalis bentuk L yang satu ini mengingatkan kita pada rumah nenek. Setuju? Warna putih pada bagian atas membuat dapur ini terlihat bersih. Sedangkan material kayu untuk pintu dan meja serta ubin cokelat pada lantai membuat dapur ini bernuansa natural. Meski sudah didominasi dengan warna terang, dapur ini tetap mengandalkan pencahayaan alami dan buatan dengan menempatkan lampu gantung.


Itulah 16 inspirasi desain dapur minimalis bentuk L yang bisa kamu terapkan di rumah. Dari semuanya, mana yang paling kamu suka? Selamat memilih!

Jangan lupa lengkapi dapurmu dengan aneka peralatan memasak dari Dekoruma, ya! Selain peralatan masak, Dekoruma juga jual gelas, piring, sendok, dan ragam perlengkapan makan dan minum lainnya. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek dan kepoin laman Dekoruma sekarang juga!