Ide Ruko Minimalis Untuk Dijadikan Tempat Usaha dan Tinggal

Selain rumah, ada juga jenis rumah toko atau ruko minimalis yang hingga sekarang masih populer di tengah masyarakat. Model ruko memang bisa difungsikan untuk tempat tinggal sekaligus berbisnis.

Apakah kamu salah satu orang yang sudah memilikinya atau tertarik untuk memilikinya? Tidak ada salahnya berencana membeli, membangun, atau hanya sekedar menyewa saja ruko minimalis.

Ruko minimalis menjadi pilihan menarik karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi lingkungan sekitar. Tapi, kamu perlu memperhatikan desain serta modelnya terlebih dulu agara sesuai selera dan kebutuhan. Nah, di sini Kania akan coba informasikan beberapa desain ruko minimalis yang paling populer di tahun 2018 ini. Kamu yang sudah penasaran, baca saja tulisan di bawah ini!

1. Desain ruko minimalis dua lantai

blogspot.com

Model ruko minimalis juga bisa dibangun dua lantai. Malahan desainnya banyak diminati orang. Hal itu dikarenakan ruko bisa terlihat sekaligus terasa lebih lapang. Pembagian fungsi antara rumah dan tokonya sangat jelas. Di mana lantai satu sangat cocok untuk difungsikan sebagai toko atau tempat usahanya. Lantai dua menjadi tempat tinggal yang sempurna. Bahkan, di lantai satu juga bisa dikombinasikan untuk kebutuhan tempat tinggal.

Model ruko minimalis seperti ini banyak ditemui di kota-kota besar karena aman dan nyaman. Untuk akses keluar masuknya, bisa dibuat pintu samping berukuran kecil atau sedang. Sementara untuk tokonya, lebih baik dipasang pintu teralis.

2. Desain ruko minimalis tanpa pagar

pinterest.com

Ruko minimalis semacam ini biasanya terletak di pinggir jalan besar. Di mana akses di depannya langsung trotoar jalan. Untuk segi estetika dan keamanannya, sebaiknya memberikan sedikit ruang di depan ruko sebagai tempat parkir sepeda motor. Sementara untuk pembagian ruang di dalam rumah serta kebutuhan bisnisnya bisa dibagi ataupun dicampur menjadi satu. Kamu yang ingin ruko minimalis lebih lapang dan santai, tak perlu membagi tempat dan fungsinya.

3. Desain ruko minimalis dua lantai berbalkon

pinterest.com

Ruko minimalis dua lantai banyak orang atau pihak yang menyewakannya karena sangat cocok dihuni keluarga kecil yang tetap ingin berbisnis. Ditambah balkon di lantai dua yang bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Misalnya, membuat taman rumah mini di lantai dua atau tempat menjemur pakaian.

4. Desain ruko minimalis dua lantai berkanopi

pinterest.com

Kanopi menjadi sebuah pilihan alternatif untuk banyak hunian, tak terkecuali ruko minimalis. Kamu juga bisa sedikit merenovasi ruko dengan memasang kanopi. Bukan hanya di bagian depan lantai satu saja, tetapi juga di lantai dua. Untuk desain dan ukurannya, kamu bebas memilih, yang penting tujuan pemasangan kanopi tercapai. Tujuannya utamanya adalah melindungi dari panas dan guyuran hujan, terutama untuk parkir kendaraan bermotor.

Sementara di lantai dua, juga melindungi jemuran pakaian, kamu bisa memasang tanaman-tanaman gantung agar pakaian tidak terkena sinar maahari langsung.

5. Desain ruko minimalis tanpa pintu teralis

google.com

Pintu teralis yang terpasang di setiap ruko minimalis berfungsi untuk lebih mengamankan bangunannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Tapi nggak ada salahnya juga membuatnya tanpa pintu teralis. Jadi, desain bagian depan rukonya seperti gambar rumah biasa, yaitu terdapat pintu utama, jendela, serta tidak ketinggalan teras rumah.

Tertarik nggak memiliki ruko minimalis seperti itu? Jangan lupakan sisi keamanannya, kamu mengatasi masalah ini dengan memasang kamera CCTV di bagian depannya.

6. Desain ruko minimalis berkonsep terbuka

blogspot.com

Di model ini, bagian depan ruko minimalis yang biasanya dipakai berjualan dibuat tanpa penutup alias terbuka. Tapi tetap dipasang pintu teralis untuk melindungi bagian depannya saat usahanya tutup. Model ruko minimalis seperti ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menjual produk yang langsung bisa dilihat secara kasat mata oleh banyak orang dari luar, seperti toko kelontong atau warung makan. Apalagi jika ditambah pernak-pernik sebagai daya tariknya agar orang-orang ada mampir. Kekurangannya, mudah kotor sehingga kamu perlu membersihkannya setiap hari.

7. Desain ruko minimalis berkonsep tertutup

google.com

Kebalikan dari desain ruko minimalis di atas, di mana bagian depan rukonya sudah terpasang kaca-kaca besar beserta pintu kaca. Konsep ruko seperti ini bertujuan agar produk yang dijual masih bisa dilihat banyak orang dari luar, tetapi terlindungi dari debu dan kotoran karena terletak di pinggir jalan besar. Selain itu, bagian dalam ruko minimalis dipasangi pendingin udara (AC), sehingga memang harus dibuat tertutup.

8. Desain ruko minimalis sederhana warna-warni

google.com

Daya tarik utama dari ruko minimalis ini, yaitu permainan warna yang diaplikasikan pada bagian eksteriornya. Misalnya, warna dinding, cat genteng, pintu teralis, atau kanopi. Kamu harus memilih warnanya dengan tepat dengan memperhatikan segi estetika. Jangan asal memilih warna cat luar rumah.

9. Desain Ruko Minimalis dengan Garasi

pinterest.com

Konsep desain ruko ini termasuk unik, di mana area bawah digunakan sebagai garasi atau area parkir dan area toko di lantai dua dan tiga. Ruko ini cocok untuk kamu yang ingin tampil berbeda dari yang lain tapi tetap elegan.

Di jendela lantai dua ruko terdapat lis kayu yang memberi aksen wah. Tak lupa, balkon di lantai tiga bisa digunakan untuk bersantai kala sore hari.

10. Desain Ruko Minimalis Serba Putih

pinterest.com

Warna putih memang jadi warna aman untuk tampilan bersih dan menawan. Jika kamu adalah salah satu penyuka warna putih, desain ruko ini bisa jadi pilihan.

Tak hanya warnanya yang menarik, desainnya pun sangat minimalis dan futuristik. Area depan didominasi oleh kaca tanpa sekat sehingga membuat tampilan ruko tidak sempit.


Itulah 10 desain ruko minimalis terpopuler. Tergantung usaha yang ingin kamu jalankan, kamu bisa memilih tipe ruko yang sesuai dengan kebituhan. Yang mana ruko minimalis favoritmu?

Jangan lupa lengkapi ruko minimalis milikmu dengan aneka furnitur berkualitas dari Dekoruma, ya! Dekoruma jual meja komputer, sofa, lemari, side table, rak dinding, tempat tidur, kursi kantor, hingga peralatan dapur untuk pantry berupa piring. Ada juga berbagai jenis kasur serta selimut & quilt dari merek-merek ternama yang bisa kamu pilih, seperti kasur King Koil, Serta, dan Dunlopillo.

Tak hanya sampai di situ saja, Dekoruma juga menyediakan layanan jual beli properti melalui Dekoruma Properti, lho! Kamu bisa menemukan aneka properti, seperti rumah dan apartemen dari berbagai daerah di Jabodetabek. Ada rumah dijual di Jakarta Barat, rumah baru di Tangerang, hingga apartemen dijual di Jakarta Pusat. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!