Ruang makan merupakan salah satu ruangan yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Di ruangan ini, kamu bisa berkumpul bersama keluarga hingga menjamu tamu dengan sajian makanan. Nah, salah satu konsep ruang makan yang digemari akhir-akhir ini adalah ruang makan minimalis. Konsep minimalis akan membuat rumah makan terlihat lebih luas. Selain itu, konsep rumah makan minimalis juga akan memberi kesan modern dan kekinian.

dekoruma.com

Ruang makan minimalis umumnya identik dengan perabotan yang sedikit dan efisien. Akan tetapi, jangan sampai penggunaan perabotan yang minim malah mengurangi kenyamananmu di ruang makan. Kuncinya adalah kamu harus bisa memilih dan menata perabotan secara tepat untuk ruang makan minimalis di rumahmu. Jika kamu bingung memilih perabotan apa saja yang harus ada di ruang makan minimalis, sebaiknya perhatikan penjelasan Kania berikut ini ya!

Meja Makan Lipat atau Meja Makan Bundar

amazon.ca

Kehadiran meja makan tentu menjadi yang paling vital di ruang makan. Nah, untuk ruang makan minimalis, jenis meja lipat menjadi salah satu perabot yang harus ada. Perabot yang satu ini bisa menghemat ruang lebih banyak karena dapat dilipat menjadi bentuk yang lebih kecil. Terdapat juga jenis meja makan lipat yang bisa dilipat menempel ke dinding ruang makan. Dari sisi pemanfaatan ruang, meja makan lipat sangat sesuai dengan konsep efisien a la ruang makan minimalis.

pinterest.com

Meja makan lipat paling cocok digunakan untuk ruang makan minimalis yang tidak terlalu luas. Dengan adanya meja makan lipat di ruang makan minimalis, kebutuhan akan perabot meja makan tetap bisa terpenuhi. Ketika sedang tidak digunakan, meja ini tidak akan menghalangi mobilitasmu di rumah.

Selain meja makan lipat, jenis meja makan yang bisa menjadi alternatif untuk ditempatkan di ruang makan minimalis adalah meja makan bundar. Biasanya meja makan bundar digunakan pada ruang makan minimalis dalam rumah yang jumlah anggota keluarganya tidak terlalu banyak.

Kursi Makan Minimalis, Kursi Stool, atau Kursi Panjang

danishdesignstore.com

Sebagai pelengkap meja makan, tentunya perabot kursi makan juga harus ada di ruang makan minimalis. Selain berpengaruh terhadap kenyamanan, pemilihan kursi makan juga berpengaruh terhadap penataan ruang makan minimalis di rumahmu.

Kursi makan dengan konsep minimalis merupakan pilihan paling pas untuk ruang makan minimalis. Ada kursi makan yang seperti kursi biasanya, ada juga yang berbentuk kursi bar. Kursi jenis ini memiliki desain yang tidak rumit alias sederhana pada kaki-kaki, sandaran, maupun alas duduknya. Kursi makan minimalis biasanya terbuat dari perpaduan material yang simple dengan corak polos dan warna yang netral.

Pilihan lain untuk melengkapi meja makan di ruang makan minimalis adalah kursi stool. Kursi stool tidak memiliki bagian sandaran sehinga terkesan lebih kecil dan tidak menghabiskan banyak tempat.

decorpad.com

Alternatif kursi lain yang juga cocok dipakai di ruang makan minimalis adalah kursi panjang. Jenis kursi ini lebih mudah untuk dirapikan atau ditata kembali sehabis dipakai.

Kamu juga bisa memadukan beberapa jenis kursi tersebut sekaligus di ruang makan minimalis rancanganmu. Misalnya, apabila penempatan meja makan pada ruang makan minimalismu agak mepet dengan dinding di salah satu sisinya, maka kamu bisa menempatkan kursi panjang di sisi tersebut. Sementara pada sisi meja makan yang tidak dekat dengan dinding, kamu bisa menggunakan kursi makan minimalis atau kursi stool. 

Kabinet Multifungsi

trendy-products.co.uk

Kabinet menjadi salah satu perabotan paling penting lainnya yang wajib ada di ruang makan minimalis. Kabinet di ruang makan dapat digunakan sebagai tempat menyimpan peralatan makan seperti piring, gelas, pitcher, hingga sendok dan garpu. Sebaiknya kamu memilih kabinet dengan ukuran tinggi yang hampir setinggi langit-langit ruang makan. Kabinet yang tinggi juga tentunya akan memuat lebih banyak barang.

Jika memungkinkan, buat sendiri kabinet di ruang makan minimalis rumahmu. Dengan begitu, kamu bisa benar-benar mendapatkan kabinet yang sesuai dengan ukuran maupun konsep ruang makan minimalis. Kabinet yang dibuat secara custom dapat didesain tertanam pada dinding dengan ketinggian setara plafon rumah. Kabinet yang tertanam pada dinding juga akan lebih sedikit memakan ruang dan sanggup memuat lebih banyak barang.

homearena.co.uk

Kabinet pada ruang makan minimalis juga sebaiknya tidak memiliki banyak ornamen ukiran. Jika kamu memilih jenis kabinet yang menggunakan material kaca, pilihlah yang terbuat dari kaca bening atau kaca buram polos. Kabinet dengan kaca bercorak dan berwarna-warni tidak terlalu pas untuk ruang makan minimalis yang sederhana.

Menggunakan Floating Shelf

blogspot.com

Floating shelf juga tidak boleh luput dari rumah makan minimalis. Selain bisa digunakan untuk menyimpan beberapa peralatan makan yang paling sering digunakan, floating shelf juga dapat mempercantik dekorasi ruang makan minimalis. Keberadaan floating shelf juga merupakan upaya salah satu cara pemanfaatan tempat secara vertikal pada ruang makan minimalis. Floating shelf juga dapat digunakan untuk menaruh hiasan-hiasan ruang makan. Sekalipun berkonsep minimalis, bukan berarti sama sekali tidak boleh ada hiasan di ruang makan.

Peralatan Makan Sederhana yang Seragam

thespruce.com

Peralatan makan tentunya juga menjadi bagian paling penting untuk sebuah ruang makan. Nah, untuk ruang makan minimalis, kamu sebaiknya memilih peralatan makan dengan bentuk yang sederhana dan tidak terlalu banyak corak..

Selain itu, usahakan peralatan makan yang akan dipakai di ruang makan minimalis memiliki bentuk dan warna yang kurang lebih seragam. Misalnya saja pilihlah warna putih polos dengan bentuk yang sama untuk semua jenis piring. Penggunaan alat makan dengan bentuk yang terlalu bervariasi dan rumit malah akan lebih banyak menghabiskan tempat di permukaan meja makan.


Nah, apakah perabotan-perabotan di atas sudah ada di ruang makan minimalis milikmu? Jika belum, sebaiknya kamu melengkapi ruang makan minimalis di rumahmu dengan perabot-perabot dari Dekoruma. Siap mendekorasi ruang makanmu?

Selain jual aneka perabot ruang makan, Dekoruma juga menyediakan berbagai jenis dekorasi dan furnitur multifungsi untuk ruangan lainnya. Dekoruma jual rak dinding, rak tv, tempat tidur, karpet, wallpaper dinding, dan masih banyak lagi. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!