Menentukan desain kamar mandi tidak bisa dilakukan sembarangan karena ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Di antaranya adalah aspek kebersihan dan ketahanan material terhadap air. Atas pertimbangan tersebut, pilihan material pelapis lantai pun terbatas yaitu hanya bisa menggunakan keramik kamar mandi saja. Lantai kayu dan karpet sangat tidak cocok untuk kamar mandi.

Keramik lantai kamar mandi sendiri punya banyak model. Masing-masing model tersebut memiliki plus minus. Sebelum kamu menentukan keramik lantai kamar mandi, yuk simak plus minusnya berikut ini!

1. Keramik lantai kamar mandi model kaca atau mosaik

thespruce.com

Keindahan material kaca khususnya yang memiliki warna, akan menambahk nilai estetika kamar mandi. Material kaca ini mungkin saja dijadikan sebagai keramik lantai kamar mandi. Kaca-kaca ini akan memberikan efek pencahayaan yang menawan. Nilai plusnya adalah materialnya yang keras dan tahan lama. Sedangkan nilai minusnya adalah permukaannya mudah tergores dan nilainya lumayan mahal.

2. Keramik lantai kamar mandi model ubin

tilesterracotta.com

Keramik lantai kamar mandi model ubin ini identik dengan bangunan jaman dulu. Keramik ubin ini mampu menciptakan suasana yang nyaman dan hangat. Ubin ini dibuat dari tanah liat sehingga warnanya ada yang kemerahan dan cokelat tua.

Nilai plus dari keramik model ubin ini adalah perawatannya mudah, hemat biaya, dan tidak mudah pecah. Selain itu, ubin ini tidak mudah terasa dingin sehingga kaki penggunanya bisa menapak dengan nyaman meski tidak menggunakan sandal kamar mandi. Minusnya, ubin ini kurang tahan terhadap air.

3. Keramik lantai kamar mandi model vinyl

harveymaria.com

Keramik lantai kamar mandi model vinyl adalah keramik yang paling umum digunakan. Beberapa nilai plus dari vinyl adalah pemasangannya cukup mudah dan bisa digunakan kembali di lain kesempatan. Kemungkinan keramik model vinyl untuk pecah hanya sedikit.

Selain itu, harganya lebih murah dibandingkan dengan keramik biasa. Untuk nilai minus dari vinyl adalah tampilannya tidak seindah keramik lainnya, meski pilihan motif lantai vinyl sendiri cukup banyak.

4. Keramik lantai kamar mandi model marmer

hit-interiors.com

Keramik lantai kamar mandi model marmer ini identik dengan kemewahan. Tekstur dan polanya yang unik bisa mempercantik tampilan kamar mandi

Sayangnya, keramik model ini harganya sangat mahal dan membutuhkan perawatan yang ekstra agar permukaannya tetap terlihat mengkilap. Biaya perawatannya terbilang mahal dan harus dilakukan secara rutin. Selain itu, keramik model marmer juga mudah menyerap noda.

5. Keramik lantai kamar mandi model granit

zillow.com

Nilai plus dari keramik lantai kamar mandi model granit adalah tampilannya yang cukup atraktif dan tersedia dalam berbagai warna. Keramik dari batu alam ini juga awet untuk jangka waktu panjang, sulit menyerap noda, dan kelembaban. Sangat cocok untuk kamar mandi yang terkenal memiliki udara lembap.

Keramik model granit ini juga cocok untuk kamar mandi bergaya rustic. Lantai granit sendiri sering digunakan untuk memberi kesan mewah. Nilai minus dari keramik model granit ini adalah harganya yang mahal dan teksturnya licin sehingga membahayakan pengguna kamar mandi.

6. Keramik lantai kamar mandi model batu kapur

pinterest.com

Keramik lantai kamar mandi model batu kapur ini memiliki permukaan yang kuat dan padat. Warna alami dari keramik model batu kapur ini mampu menciptakan tampilan yang bersih dan hangat, cocok untuk kamar mandi.

Keramik model batu kapur ini juga mudah dibentuk, namun sangat kuat dan tahan lama. Sayangnya, keramik model ini memiliki pori-pori sehingga harus direkatkan dengan baik agar bisa menempel dengan sempurna. Kemudian, kamu harus menggunakan zat pembersih khusus yang mengandung pH netral.

7. Keramik lantai kamar mandi model kayu

trendir.com

Kayu sebenarnya tidak direkomendasikan untuk dijadikan keramik lantai kamar mandi. Namun, ada beberapa orang yang suka mengambil risiko demi menambah nilai estetika kamar mandi. Besar kemungkinannya keramik lantai motif kayu ini akan terkena air terus-menerus sehingga akan menghancurkan lapisan kayu, membuatnya kusam, dan mudah lapuk.

Bagi kamu yang tertarik menggunakannya, pastikan untuk menggunakan lapisan khusus yang anti air, ya! Namun, meskipun sudah diberikan lapisan khusus, hindari menggunakan lantai kayu pada bagian belakang closet duduk, wastafel, area pancuran, dan bidet.

8. Keramik lantai kamar mandi model linoleum

plumbworld.com

Nilai plus dari keramik model linoleum adalah ketahanannya terhadap debu dan kotoran. Teksturnya lembut sehingga terasa nyaman pada kaki penggunanya. Pemasangannya mudah dan bisa didaur ulang. Model keramik ini juga bisa digunakan pada kamar mandi bergaya apa pun. Sedangkan nilai minusnya adalah mudah tergores dan mudah mengalami penuaan sehingga terlihat kusam.

9. Keramik lantai kamar mandi model cork

designforbathroom.com

Material cork biasanya digunakan pada penyumbat botol anggur. Mungkin kamu merasa asing dengan keramik lantai kamar mandi model ini, tapi kamu perlu tahu kalau model keramik ini memiliki berbagai nilai plus. Keramik model cork ini cocok untuk anak-anak dan lansia yang rawan terpeleset saat di kamar mandi. Dibandingkan dengan lantai kayu, material cork ini jauh lebih awet dan anti jamur.

Selain itu pemasangan dan perawatannya cukup mudah. Sedangkan nilai minusnya adalah permukaan material cork mudah tergores, mudah coak karena teksturnya sangat lembut, dan tidak terlalu tahan air.

10. Keramik lantai kamar mandi model umum

hgtv.com

Keramik lantai kamar mandi yang umum ini memiliki banyak pilihan warna, ukuran, bentuk, motif, dan tekstur. Nilai plus dari keramik ini adalah tidak mudah pecah, perawatannya cukup mudah, dan hemat biaya.

Selain itu, ada juga keramik yang memiliki tekstur sedikit kasar untuk mencegah penggunanya terpeleset saat ada genangan air. Pilihan desain keramik kamar mandi yang beragam memungkinkan kamu untuk mendapatkan desain kamar mandi yang sesuai dengan keinginan. Sedangkan nilai minusnya adalah kurang tahan terhadap air.

11. Keramik lantai kamar mandi model logam

ceramictileworksmn.com

Material logam biasanya digunakan pada area dinding, namun tidak sedikit juga yang menggunakannya sebagai keramik lantai kamar mandi. Keunggulan dari material logam ini adalah mampu menciptakan nuansa yang modern.

Material logam ini juga tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan. Kekurangannya adalah sifatnya yang dingin akan membuat kaki pengguna terasa kurang nyaman sehingga harus menggunakan sandal saat ke kamar mandi.

12. Keramik lantai kamar mandi model batu tulis

linagolan.com

Material batu tulis juga bisa digunakan sebagai keramik lantai kamar mandi. Nilai plus yang dimiliki oleh material batu tulis ini adalah daya tahannya yang kuat, tidak mudah retak, tidak mudah tergores, dan tersedia dalam banyak pilihan gaya serta warna. Jika dirawat dengan baik, material ini bisa bertahan

13. Keramik lantai kamar mandi model porselain

thespruce.com

Keramik lantai kamar mandi model porselain ini memiliki banyak keunggulan di antaranya adalah memiliki daya tahan yang sangat kuat, memiliki banyak pilihan warna, dan sangat tahan terhadap air. Meski terdengar sempurna untuk dijadikan keramik lantai kamar mandi, sayangnya model porselain ini sangat mahal dan harganya bisa mencapai 1,5 kali lipat dari harga keramik.

Menentukan interior pada kamar mandi nggak terbatas pada desain dan dekorasinya saja, tapi juga material yang digunakan. Selain untuk keindahan, memilih material yang tepat juga bisa menjaga keamanan kamu dan keluarga. Keramik lantai kamar mandi apa yang akan kamu gunakan?

Kamu punya hunian di Jakarta dan sedang mencari jasa desain interior Jakarta? Dekoruma jawabannya! Dengan desain yang multifungsi dan space-saving, harga yang transparan, dan pengerjaan yang cepat, rumah impianmu akan cepat terealisasikan!

Tak hanya itu, Dekoruma juga jual spring bed Dunlopillo, Comforta, dan King Koil untuk menemanimu tidur. Ada juga furnitur pelengkapnya, Dekoruma jual side table dan tempat tidur. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impian bersama Dekoruma!