Tips dan Trik Membasmi Tungau Secara Alami dan Cara Cek Keberadaannya

Tungau merupakan hewan kecil yang mirip dengan kutu. Hewan yang satu ini nggak mudah terlihat dengan mata telanjang karena ukurannya hanya 0,5 mm saja. Tungau biasa bersarang di kasur, bahkan pada kasur dengan merek terkenal seperti kasur Elite, sofa, gorden, dan karpet. Di tempat-tempat tersebut tungau bisa memperoleh makanannya berupa sel kulit mati manusia atau sisa-sia materi organik lainnya.

facebook.com

Keberadaan tungau di dalam rumah tidak bisa dibiarkan begitu saja. Ini karena tungau bisa menjadi penyebab bentol-bentol setelah bangun tidur, gatal-gatal, atau memicu sesak nafas dan gejala alergi lainnya. Tungau yang bersarang di perabot rumah harus dibasmi.

Kamu bisa dengan mudah menggunakan berbagai insektisida atau bahan kimia lainnya untuk membasmi tungau kasur dan tungau sofa. Sayangnya, ada dampak lebih lanjut yang bisa saja mengganggu kesehatanmu. Nah, sebagai alternatif membasmi tungau, kamu bisa menggunakan cara-cara alami berikut ini!

1. Cuci Perlengkapan Rumah dengan Air Panas

crystalcleaningnow.co.uk

Cara menghilangkan tungau yang paling pertama adalah dengan mencuci semua perlengkapan rumah yang mungkin menjadi sarang tungau dengan air panas. Mulai dari bantal, guling, sprei, selimut, karpet, hingga slipc over sofa bisa kamu cuci bersih di dalam air panas agar tungau mati. Kamu juga bisa menambahkan deterjen anti bakteri.

Agar tungau tidak kembali bersarang lagi, pastikan kamu mencuci perlengkapan tersebut secara rutin. Jika mungkin, lakukan pencucian dalam jangka waktu sebulan sekali. Setelah mencuci, jangan lupa untuk menjemur semuanya sampai benar-benar kering agar tidak lembap dan apek. Perlu kamu tahu, tungau suka hidup di tempat yang lembap lho!

2. Jemur Perlengkapan Rumah di Bawah Sinar Matahari Langsung

atlasobscura.com

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, tungau menyukai tempat-tempat yang lembap. Untuk membasminya, kamu bisa melakukan hal sederhana seperti menjemur barang di bawah sinar matahari. Jemur kasur, bantal, guling, selimut, dan karpet di bawah sinar matahari langsung. Dengan begitu, benda-benda tersebut tidak akan dijadikan tempat tungau bersarang.

3. Basmi Tungau dengan Kulit Durian

anekatop10.com

Aroma durian yang sangat pekat terkadang dapat membuat manusia merasa pusing. Siapa sangka aroma dari buah ini tidak disukai tungau? Konon katanya, aroma durian bisa membuat tungau tidak nyaman, bahkan bisa digunakan sebagai cara usir tikus, lho!

Sehabis makan durian, jangan buang kulitnya, ya! Kamu bisa memanfaatkan kulit durian ini sebagai sarana untuk membasmi tungau secara alami. Caranya, cukup dengan meletakkan kulit durian di kamar atau ruangan-ruangan lain yang berpotensi bisa menjadi sarang tungau. Tempatkan di dekat titik yang paling  mungkin menjadi sarang bagi tungau, misalnya saja di sudut tempat tidur atau bawah tempat tidur.

4. Gunakan Jus Bawang

ktmdaily.com

Percaya atau tidak, bawang merah dan bawang putih bisa menjadi cara menghilangkan tungau di kasur secara alami, lho! Caranya pun cukup mudah. Kamu tinggal menghaluskan kedua jenis bawang tersebut menggunakan blender. Setelah itu, saring dan ambil sarinya saja. Kemudian, oleskan jus bawang ini di tempat yang kamu curigai sebagai sarang tungau, seperti sudut tempat tidur, celah yang ada di tempat tidur kamu, permukaan karpet, atau celah-celah sofa. Dalam beberapa jam tungau akan keluar dan berjatuhan satu persatu.

5. Menyemprot Larutan Garam

gamasalt.com

Tahukah kamu bahwa garam tidak hanya bermanfaat untuk memasak, tetapi juga bisa untuk membasmi tungau? Kamu hanya cukup melarutkan garam di dalam air, lalu masukkan ke dalam botol semprot. Kemudian, semprotkan larutan air garam ini ke sarang-sarang tungau di area tempat tidur, sofa, atau karpet. Hanya dalam beberapa jam, tungau akan keluar dan mati seperti ketika kamu menggunakan jus bawang untuk membasmi tungau.

6. Menggunakan Cuka

pinterest.com

Cuka merupakan bumbu dapur lainnya yang bisa kamu gunakan untuk membasmi tungau secara alami. Bahkan cara menggunakan cuka untuk membasmi tungau lebih mudah ketimbang bahan lain. Cukup semprotkan cuka ke tempat tungau bersarang. Maka tungau dan telurnya pun akan cepat mati. Oiya, kamu tidak perlu mencampur cuka dengan air ya untuk membasmi tungau. Kamu hanya tinggal memindahkannya langsung ke botol semprot, seperti botol bekas spray atau botol semprot penyiram tanaman.

7. Bunga Lavender Kering dan Minyak Lavender

etsy.com

Baik minyak pohon teh atau minyak lavender memiliki bau yang menyengat dan sangat tidak disukai oleh tungau. Namun, aroma dari kedua minyak ini cukup bersahabat dengan indra penciuman manusia, makanya banyak sekali aromaterapi dengan aroma lavender. Semprotkan salah satu jenis minyak ini ke tempat-tempat yang menjadi sarang tungau. Selain itu, bunga lavender yang dikeringkan sebagai sarana untuk mencegah tungau datang kembali. Caranya adalah bungkus bunga lavender kering di dalam kain, lalu letakkan kain tersebut di tempat tidur.

8. Daun Sirsak Juga Ampuh untuk Membasmi Tungau

meramuda.com

Ternyata menghilangkan tungau dan hama lain seperti kutu busuk dengan menggunakan daun sirsak terbukti sangat manjur. Cara mengusir tungau yang satu ini pun tergolong sangat mudah dan alami. Kamu tinggal menaruh beberapa lembar daun sirsak di tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang tungau. Simple banget kan? Dengan adanya daun sirsak, tungau pun akan tidak betah dan pergi.

9. Gunakan Minyak Pohon Teh

google.com

Belum banyak yang tahu kalau bahan yang satu ini bisa juga lho dipakai untuk membasmi tungau. Sebenarnya, minyak pohon teh tergolong bahan yang serbaguna. Buktinya, banyak produk kecantikan yang menjadikan minyak pohon teh sebagai bahan aktif. Hal itu juga menjadi bukti bahwa bahan alami yang satu ini aman untuk manusia, tetapi tidak untuk tungau.

Aroma dan rasa minyak pohon teh sangat kuat dan tajam. Untuk membasmi tungau dengan bahan ini, kamu hanya perlu menyemprotkan minyak pohon teh pada sekitar kasur, permukaan sprei, bantal, sofa, dan barang-barang yang berpotensi jadi sarang tungau.

10. Memakai Bunga Pandan

flickr.com

Bahan alami selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk membasmi tungau adalah bunga pandan atau biasa disebut juga pudak. Bagian tanaman yang satu ini tergolong ampuh dalam mengatasi tungau. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menaruh bunga pandan di sekitar tempat yang sekiranya menjadi tempat tungau bersembunyi.

Bau menyengat dari bunga pandan akan membuat tungau tidak nyaman dan hilang dalam waktu singkat. Selain untuk mengatasi gangguan tungau, bunga pandan bisa juga dipakai sebagai cara membasmi kecoa dan kutu busuk, lho!

Cara Mengetahui Keberadaan Tungau

womenshealth.pt

Nah, buat kamu yang mungkin masih ragu apakah di perabotan rumahmu ada tungau atau tidak, berikut ini Kania juga akan membahas cara mengetahui keberadaan tungau. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan adalah mengecek perabotan rumah, khususnya kasur, sofa, dan karpet apakah terdapat empat hal berikut:

  • Telur kecil warna putih seperti butiran. Cek juga di bagian lipatan atau sela-sela yang ada.
  • Bercak hitam atau cokelat tua di permukaan kasur yang merupakan kotoran tungau.
  • Noda darah yang mungkin saja berasal dari tungau yang tertimpa tubuhmu.
  • Cangkang yang belang atau berbintik.

Jika keempat hal tersebut kamu temukan, itu berarti ada tungau di rumahmu. Biasanya, keberadaan tungau juga dapat dirasakan melalui beberapa tanda, di antaranya adalah:

  • Kulit terasa perih akibat gigitan tungau. Biasanya terjadi di area bahu, leher, atau lengan.
  • Terdapat bekas gigitan warna merah di kulit. Bahkan, pada beberapa orang juga bisa menjadi bisul bernanah dan ruam-ruam.
  • Ruangan menjadi bau apak dan sedikit mirip ketumbar.

Itulah beberapa cara mengatasi tungau secara alami yang dapat kamu lakukan dengan mudah beserta cara mengetahui keberadaannya di rumah. Pastikan juga ruangan tidak terlalu lembap dan dilengkapi dengan sirkulasi udara yang baik. Siap membasmi tungau-tungau di rumah?

Jangan lupa cek juga artikel menarik lainnya di blog Dekoruma, ya! Kamu juga bisa menemukan cara membasmi binatang lainnya, seperti cara mengusir tokek di rumah, cara membasmi kecoa, dan sebagainya.

Selain artikel, kamu juga bisa mencari furnitur dan aksesoris rumah di Dekoruma. Koleksi furnitur dan aksesoris yang tersedia pun super lengkap. Dekoruma jual tempat tidur, lemari pakaian, dan sofa. Ada juga aneka jenis kasur dari brand-brand populer. Dekoruma juga jual kasur The Luxe, King Koil, dan merek kasur lainnya dengan kualitas yang terjamin.

Kamu sedang mencari hunian baru yang nyaman dan strategis? Lagi-lagi kamu bisa temukan di Dekoruma, lho! Ada banyak pilihan rumah dijual dengan harga terbaik di berbagai daerah yang sedang berkembang, seperti rumah dijual di Depok, Jakarta Barat, dan Jakarta Selatan. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!