Memiliki garasi mobilnya tentunya bukan hal aneh lagi bagisebuah rumah, bahkan keberadaannya dinilai penting karena fungsinya. Garasi mobil akan melindungi mobil dari panas terik matahari maupun udara dingin dan air hujan, serta embun malam hari yang mengandung asam dan menyebabkan karat.

Selain alasan cuaca, keberadaan garasi mobil juga dinilai penting atas alasan keamanan. Adanya garasi mobil bisa meminimalisir kemungkinan kehilangan atau tindakan pencurian, garasi mobil juga memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan perkakas bagian luar rumah.

pinterest.com

Sering difungsikan sebagai tempat penyimpanan berbagai perkakas membuat garasi mobil mudah berantakan dan tidak terawat. Memang tidak mudah menata sebuah ruang yang luasnya terbatas. Bagaimana caranya menata garasi mobil supaya selalu rapi? Simak yuk beberapa tipsnya di bawah ini!

Pisahkan barang yang ada dalam garasi mobil sesuai kategorinya

houzz.com

Garasi mobil sudah terlalu sesak dan acak-acakan? Mulailah merapikan dengan cara mengeluarkan semua barang yang ada di garasi mobil. Dari semua barang yang menumpuk di sana, apakah semuanya masih terpakai? Beberapa orang seringkali menumpuk semua barang, bahkan barang yang sudah tidak bisa dipakai.

Ini saat yang tepat untuk merapikan garasi mobil di rumah. Siapkan tiga container plastik berukuran besar dan kelompokkan barang yang masih terpakai, akan disumbangkan, dan akan dibuang. Letakkan barang-barang pada garasi mobil dalam container plastik berdasarkan kategorinya.

Gunakan rak dalam garasi mobil agar barang mudah dicari

imajackrussell.com

Langkah berikutnya setelah pengelompokan barang adalah memikirkan solusi penyimpanan untuk barang-barang yang masih terpakai. Banyak cara dapat dilakukan untuk menyulap garasi mobil yang berantakan menjadi garasi idaman yang enak dipandang. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan rak besar atau laci-laci kabinet.

Agar mudah mencari barang, simpan barang sesuai kelompoknya dalam satu laci yang sama. Misalnya rak sepatu, rak alat taman, atau rak peralatan bengkel sesuai dengan barang-barangmu. Hal ini sangat menghemat tempat penyimpanan.

Buat built-in cabinet di dinding garasi mobil

imajackrussell.com

Pembuatan built-in cabinet atau lemari custom yang tertanam dalam dinding memang membutuhkan biaya lebih, tapi hasilnya akan sepadan. Buatlah built-in cabinet dari ujung ke ujung tembok, dari lantai hingga hampir menyentuh plafon garasi mobil. Buatlah sekat-sekat pembatas di dalamnya untuk mengelompokkan perkakas yang ada di garasi mobil. Dengan demikian, penyimpanan barang menjadi lebih terorganisir. Selain mengkategorikan berdasarkan fungsi, kamu bisa juga memilah berdasarkan frekuensi pemakaian, misalnya barang yang paling sering digunakan disimpan di tengah atau bawah sehingga mudah dijangkau ketika dibutuhkan.

Rak dinding vertikal sebagai salah satu ide kreatif untuk garasi mobil milikmu

designoursign.com

Gunakan segala sisi garasi mobilmu dengan optimal, termasuk sisi dinding vertikalnya. Rak dinidng vertikal adalah salah satu cara untuk mewujudkannya. Rak dinding vertikal sangat bermanfaat bagi garasi yang sempit, sehingga kamu tetap dapat menyimpan semua peralatanmu dengan rapi memanfaatkan ruang yang terbatas.

Rak dinding vertikal dapat digunakan untuk menyimpan aneka peralatan rumah tangga, seperti alat kebersihan, alat berkebun, sampai perlengkapan bersepeda. Umumnya rak dinding vertikal terbuat dari besi agar kuat menahan beban barang-barang.

Siapkan tempat untuk benda-benda kecil yang ada di garasi mobil

imajackrussell.com

Baut, mur, dan paku adalah barang-barang kecil yang hampir pasti ada di setiap garasi mobil. Sayangnya, banyak orang kurang memperhatikan bagaimana harus menyimpan perkakas kecil tersebut, kebanyakan hanya dikumpulkan dalam satu kantong plastik dan kemudian diletakkan di salah satu sudut garasi mobil. Padahal, hal ini bisa membuat garasi terlihat berantakan. Solusinya simpel kok, kamu bisa memakai kerajang anyaman ukuran besar. Selain lebih rapi, keranjang juga bisa jadi elemen dekorasi yang menarik lho! 

Buat overhead storage di atap garasi mobilmu

elliottspourhouse.com

Kamu sudah menyortir keseluruhan barang yang tersimpan dalam garasi mobil, sebagian sudah dibuang dan disumbangkan ke orang lain, tapi barang yang tersisa dan harus dirapikan masih banyak, sedangkan garasi mobilmu tidak luas. Bagaimana solusinya?

Langit-langit garasi mobil yang cukup tinggi dapat kamu gunakan sebagai ruang penyimpanan tambahan bagi garasi mobil yang sempit. Tidak mungkin menyimpan banyak barang di lantai karena akan membuat kita sulit berjalan dan memarkir kendaraan ke dalam garasi mobil. Solusinya adalah dengan membuat overhead storage.

designingidea.com

Dengan sedikit usaha membuat sebuah rak dari besi yang menempel di atap garasi mobil, kamu akan menemukan ruang penyimpanan baru. Karena lokasinya yang sulit dijangkau, maka pilah barang yang jarang digunakan untuk diletakan di overhead storage atau barang-barang yang seharusnya tidak dapat dijangkau anak-anak. Untuk tatanan yang lebih rapi, gunakan kotak penyimpanan plastik untuk memasukkan barang-barang tersebut, kemudian kontainer disusun di overhead storage barumu.

Itulah 6 tips untuk menyulap garasi mobilmu yang berantakan menjadi garasi mobil yang apik tertata dengan rapi. Tertarik mencoba trik di atas? Selamat mencoba! 

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma bisa jadi tempat yang tepat, lho! Dekoruma jual kasur, meja makan, lemari pakaian, dan sofa minimalis dengan model serta ukuran yang beragam.

Selain furnitur, ada juga aneka dekorasi kekinian yang siap menghiasi rumahmu. Dekoruma jual lampu dinding, pajangan meja, cermin, lukisan, dan masih banyak lagi. Buat kamu yang suka masak, Dekoruma juga jual panci berkualitas, lho. Yuk, langsung saja cari semua kebutuhan rumahmu di Dekoruma!