Setiap tamu yang berkunjung bisa saja menjadikan ruang tamu sebagai acuan penilaian nyaman atau tidaknya rumahmu. Ini karena ruang tamu merupakan bagian dalam rumah yang pertama kali menyambut kedatangan tamu maupun penghuni rumah itu sendiri. Oleh karenanya desain ruang tamu tidak boleh kamu sepelekan, ya!

Nah, salah satu yang menunjang desain ruang tamu sekaligus bisa menentukan kenyamanannya adalah model plafon ruang tamu yang kamu terapkan. Tidak ada salahnya memberi perhatian lebih pada bagian yang sering disebut sebagai dinding kelima dalam ruangan ini. Pemilihan model plafon ruang tamu yang tepat bisa berpengaruh terhadap kenyamanan seluruh bagian rumahmu juga, lho!

Model Plafon Barrel Vault Ceiling

Bagi kamu yang memiliki ruang tamu dengan posisi ruang memanjang, model plafon ruang tamu melengkung seperti busur cocok untuk diterapkan. Model plafon ruang tamu ini tentu saja butuh perencanaan yang matang dan serius dengan mempertimbangkan bentuk atapnya juga.

pinterest.com

Biasanya material gypsum yang terkenal fleksibel dipilih untuk membentuk model plafon ruang tamu yang satu ini. Dengan menerapkan model plafon ruang tamu membusur, rumahmu akan terkesan lebih hidup, karena bentuk langit-langitnya yang berbeda dengan bentuk lantai maupun dinding yang cenderung hanya berbentuk lurus saja.

Model plafon ruang tamu membusur akan memberi kesan lebih luas dan terbuka pada ruang tamu kamu. Kamu juga bisa menerapkan model plafon ruang tamu ini sekaligus untuk ruangan lain di sebelah ruang tamu, sehingga kesan memanjang, luas, dan terbukanya lebih menonjol.

Model Plafon Ruang Tamu Datar dengan Pola Cetakan Custom

gialluisihomes.com

Apabila ruangan memiliki posisi langit-langit yang tidak terlalu tinggi, model plafon ruang tamu yang satu ini bisa menjadi pilihan yang pas. Model plafon ruang tamu datar tidak akan memakan banyak ruang di bagian atas. Tapi, jika dibiarkan polos tentu saja akan terlihat monoton dan membosankan. Nah, untuk menyiasatinya pola cetakancustom bisa kamu gunakan pada model plafon ruang tamu.

homeepiphany.com

Pola cetakan custom pada model plafon ruang tamu ini biasanya terbuat dari bahan plafon gypsum atau kayu ukir. Model plafon ruang tamu ini sangat fleksibel mengikuti gaya atau kesan yang diinginkan penghuni rumah. Karenanya, tampilan pola pada model plafon ruang tamu ini pun bisa didesain agar mencerminkan diri kamu banget!

Perpaduan Dua Tone Warna pada Model Plafon Ruang Tamu Tipe Grid

Model plafon ruang tamu lainnya yang bisa membuat rumah kamu lebih nyaman adalah plafon dengan tipe grid. Panel kotak-kotak yang ditampilkan oleh plafon tipe ini bisa dikreasikan dengan memberi warna berbeda. Misalnya saja bagian list pada model plafon ruang tamu ini bisa kamu beri warna polos yang netral seperti putih dan bagian-bagian persegi yang lebih menjorok ke atas diberi warna gelap polos.

zillow.com

Tampilan model plafon ruang tamu ini tetap terkesan simpel namun sangat elegan. Tetapi, sebaiknya kamu menerapkan model plafon ruang tamu ini pada ruangan yang luas. Jika ruang tamu kamu tidak terlalu luas, kamu bisa menerapkan model plafon ruang tamu ini menjadi satu dengan plafon ruangan lain yang bersebelahan tanpa adanya sekat dinding.

Model Plafon Ruang Tamu dengan Kreasi Bahan Tekstil

Kain-kain polos bisa jadi ornamen kreasi pada model plafon ruang tamu kamu, lho! Misalnya saja pada model plafon ruang tamu dengan tipe grid, setiap bagian panel persegi yang lebih menjorok ke atas bisa ditambahkan ornamen kain tebal berwarna polos yang digantung keempat sudutnya. Sebaiknya warna kain pada model plafon ruang tamu ini dibuat kontras dengan warna langit-langitnya.

stylehomepark.com

Kamu juga bisa menerapkan model plafon dengan kreasi menggunakan bahan tekstil ini pada plafon datar polos. Tapi kamu harus ingat ya, adanya ornamen tekstil pada plafon akan memunculkan kesan langit-langit menjadi sedikit lebih rendah. Karenanya model plafon ruang tamu ini sebaiknya digunakan pada ruangan dengan ketinggian langit-langit di atas 3 meter.

Model Plafon Ruang Tamu dengan Material Reflektif

babywatchome.com

Ingin ruang tamu kamu tampak lebih luas? Mungkin model plafon ruang tamu berikut ini bisa jadi pilihan yang pas. Material reflektif yang digunakan pada model plafon ruang tamu ini bisa berupa cermin, logam, bahkan keramik, atau material lain dengan permukaan mengilap. Pemilihan material reflektif pada model plafon ruang tamu ini bisa menyesuaikan dengan gaya rumahmu. Material reflektif pun bisa dipasang menutupi seluruh permukaan plafon ruang tamu atau hanya pada bagian tertentu saja.

Adanya material reflektif pada plafon membuat ruang tamu kamu pun menjadi lebih gaya. Pantulan cahaya dari model plafon ini juga bisa membuat ruang tamu kamu terlihat lebih terang.

Model Plafon Ruang Tamu  Bentuk Tray

homeedit.com

Tidak ada salahnya memilih bentuk yang tidak biasa untuk model plafon ruang tamu. Misalnya saja kamu bisa menerapkan model plafon ruang tamu tipe tray dengan area yang lebih menjorok ke atas berbentuk poligonal atau elips

Ruang tamu kamu akan lebih menarik lagi jika pada model plafon ruang tamu ini ditambahkan efek cahaya tersembunyi dan ornamen dropped ceiling tepat di tengah-tengah ruang tamu yang bisa kamu hiasi dengan lampu gantung berbahan kristal yang mewah atau sekadar kipas angin untuk membantu sirkulasi udara di ruang tamu.

Nah, dengan hadirnya model plafon ruang tamu yang unik di rumah, kamu sebaiknya tidak perlu lagi mengisi dinding atau bagian lain pada ruang tamu dengan dekorasi rumit.

 

Model Plafon Ruang Tamu Tipe Coffered

thesunnysideupblog.com

Model plafon ruang tamu yang satu ini cocok diterapkan jika ruang tamu kamu hanya memiliki dekorasi pendukung yang minim. Ornamen pembentuk plafon tipe coffered bisa berupa kayu atau gypsum. Setiap bagian panel pada model plafon ruang tamu tipe coffered bisa kamu pasangi lampu pendukung, sedangkan di panel yang terletak tepat di tengah bisa dipasangi lampu utama ruang tamu.

Kreasi Susunan Kayu pada Model Plafon Ruang Tamu Datar

freshome.com

Kayu memang tidak ada habisnya. Kamu bisa memberi kesan wooden pada ruang tamu dengan menerapkan model plafon ruang tamu yang satu ini. Plafon datar dengan susunan kayu akan membuat rumah kamu terlihat lebih stylish. Jangan khawatir, model plafon ruang tamu ini juga bisa diterapkan pada rumah yang menganut gaya minimalis, sebab bentuknya tidak terlalu rumit. Model plafon ruang tamu ini mengandalkan keindahan alami kayu untuk menambah kenyamanan rumah.

Kayu-kayu yang digunakan pada model plafon ruang tamu ini bisa disusun berjajar begitu saja atau dengan sedikit kreasi susunan. Misalnya saja dari setiap sisi dinding kayu-kayu memanjang akan semakin memendek ketika menuju tengah-tengah ruangan sehingga model plafon ruang tamu ini seolah terdiri dari gabungan bentuk beberapa trapesium atau segitiga.


Dari beberapa model plafon ruang tamu di atas, mana yang ingin kamu terapkan di rumahmu? Apa pun model yang kamu pilih, pastikan untuk tetap mengutamakan material plafon berkualitas, ya! Ada banyak material yang bisa kamu pilih, seperti plafon GRC, gypsum, PVC, dan metal. Selamat mendesain ruang tamu impianmu!

Bingung mau mendesain rumah seperti apa? Dekoruma menyediakan jasa desain rumah, lho. Harganya transparan, desainnya multifungsi dan kekinian, dan bisa selesai dalam waktu delapan minggu pengerjaan.

Tak hanya menyediakan jasa desain, Dekoruma juga jual hiasan, lampu dinding, tirai, dan aneka dekorasi lain untuk menyulap rumahmu jadi lebih hidup. Ada juga kasur dari berbagai brand. Dekoruma jual Comforta, King Koil, dan Guhdo. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!