Semua bangunan maupun hunian tentunya memiliki elemen mendasar berupa jendela. Selain sebagai tempat di mana cahaya dan udara masuk, jendela juga berfungsi untuk memberikan estetika pada suatu rumah. Karena itu, semua bagian jendela sama pentingnya, termasuk bagian kusen. Kusen sendiri beragam, tergantung ruangannya. Misalnya kusen jendela kamar. Bila kamu sedang mencari inspirasi ide kusen jendela kamar untuk model rumah sederhana, Kania punya beberapa inspirasi buat kamu!

1. Jendela Kamar dengan Kusen dari Kayu

pinterest.com

Bosan dengan model kusen jendela kamar yang monoton? Kamu bisa mencoba salah satu inspirasi kreatif kusen jendela kamar dari kayu. Model kusen jendela kamar ini sangat cocok digunakan untuk rumah-rumah sederhana di mana tema rustic adalah unsur utamanya, apalagi jika dipadukan dengan material lantai kayu dan batu alam. Pada inspirasi ini, model kusen jendela terlihat sangat serasi dengan side table di bawahnya yang juga terbuat dari material kayu.

2. Jendela Kamar dengan Kusen Berbentuk Segitiga

decoist.com

Sebagai salah satu bagian dari model jendela rumah, pilihan model kusen juga patut dijadikan perhatian. Salah satunya adalah dengan menggunakan kusen berbentuk segitiga pada jendela kamar. Umumnya, kusen jendela kamar hanya berbentuk persegi dan terlihat biasa. Kombinasi antara kusen jendela kamar dengan rumah yang kebanyakan berbentuk limas akan menjadi aksen unik yang membuat rumah sederhan jadi luar biasa.

3. Jendela Kamar dengan Kusen Casement Window

Kusen jendela kamar model casement window merupakan salah satu model jendela kamar yang wajib masuk dalam list inspirasi jendela kamar kamu. Jendela kamar model ini atau yang biasa disebut jendela jungkit adalah salah satu tipe jendela kamar yang paling umum digunakan.

pinterest.com

Tidak berbeda dengan model kusen jendela kamar yang lainnya, kusen jendela kamar ini bisa dijungkitkan ke depan. Bentuknya umumnya persegi vertikal dan penggunaannya praktis dengan hanya didorong ke luar maupun ke samping.

Kusen jendela kamar model ini sangat cocok ditempatkan di berbagai area di rumah, termasuk juga untuk tempat yang tinggi dengan model yang lebih rendah untuk kamar mandi.

4. Kusen Bergaya Klasik

google.com

Ingin memberikan kesan klasik a la desain vintage di rumah? Jendela kamar dengan kusen bergaya klasik umumnya memiliki rangka dari besi. Kusen jendela ini dibuat sedemikian rupa sehingga dapat dikondisikan supaya menonjol keluar dan akan memberikan lebih banyak ruang gerak yang tersisa di dalam rumah. Dari segi penampilannya, kusen jendela kamar ini efektif dalam membuat rumah tampak lebih cantik dan ciamik, apalagi kalau dilengkapi oleh model gorden jendela yang pas.

6. Jendela Kamar dengan Kusen Berbentuk Sliding UPVC

plustec.com.au

Model kusen jendela kamar untuk rumah sederhana yang satu ini terbilang masih jarang. Memang kebanyakan rumah sederhana menggunakan kusen jendela kamar menggunakan kayu sebagai bahan utamanya.

Namun, desain rumah-rumah modern kini mulai beralih ke penggunaan bahan kusen UPVC karena bahannya yang lebih awet dan kuat. Selain itu, dengan menggunakan UPVC sebagai rangka kusen pada jendela kamar akan memberikan kesan yang lebih kontemporer walaupun diterapkan pada rumah yang terbilang sederhana. Bahan UPVC sendiri mulai banyak digunakan di Indonesia dan harganya relatif terjangkau.

Jendela kamar dengan kusen berbahan UPVC sering digunakan sebagai jendela kamar pada rumah minimalis. Berkat modelnya yang digeser, kamu pun dapat dengan mudah membuka-tutupnya, apalagi di saat-saat AC tidak dingin karena rusak. Udara segar dari luar akan masuk memberikan kesejukan alami.

7. Jendela Kamar dengan Kusen dari Aluminium

breezway.com.au

Bahan aluminium memang banyak penggemarnya. Bukan hanya sebagai material utama pada desain kitchen set aluminium, kini material ini juga digunakan pada kusen. Bentuknya yang menarik dengan nuansa elegan yang futuristik membuat model jendela kamar yang satu ini banyak dipilih.

Beberapa di antara banyak pilihan kusen jendela kamar berbahan alumunium adalah model jendela kamar alumunium dua pintu. Model kusen jendela kamar ini biasanya memiliki dua selot kunci yang terdapat pada bagian ujung bawah jendela. Pada saat kita menutupnya, dua buah pintu ini akan dapat tertahan dan tertutup dengan rapat.


Nah, sekarang kamu tahu kan kalau jendela kamar punya berbagai macam kusen yang bisa kamu pilih. Tapi, sesuaikan dengan interior rumah kamu, ya!

Untuk kamu yang butuh privasi lebih, kamu bisa memasang tirai untuk menutup jendela dan membukanya saat dibutuhkan. Dekoruma jual tirai dengan banyak ukuran dan motif.  Dekoruma juga jual kasur Elite dan The Luxe untuk menemani tidurmu. Yuk, lengkapi kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!