Setiap hunian sudah pasti memiliki kamar mandi dan bak mandi di dalamnya. Bak mandi sendiri ada banyak macamnya. Salah satunya adalah bak mandi keramik yang dikenal dengan kekuatannya. Tapi, tetap saja tidak ada yang betul-betul sempurna.

thespruce.com

Permasalahan yang kerap muncul dari bak mandi keramik entah pada pemasangannya yang kurang baik atau pada kurun waktu yang lama pasti dapat juga terjadi kebocoran. Kalau sudah bocor, apa yang bisa kamu lakukan untuk memperbaikinya? Simak artikel Kania berikut ini yuk!

1. Deteksi Letak Kebocoran Bak Mandi

futuristarchitecture.com

Beberapa hal yang menyebabkan kebocoran bak mandi dapat disebabkan oleh pengaruh luar seperti kejatuhan benda keras ataupun gerakan tanah seperti gempa bumi. Namun, bila kebocoran terjadi karena umur bak mandi yang sudah lama dan terjadi retakan kecil, cara mencari kebocorannya pertama-tama adalah dengan mengisi bak mandi keramik hingga penuh. Pastikan sumber kebocoran hanya sampai batas dinding atau dasar bak mandi.

pinterest.com

Caranya adalah dengan melihat batas ambang maksimal air tersebut surut ketika dalam posisi diisi penuh. Jika habis tak bersisa, maka sudah dapat dipastikan kebocoran tersebut ada di dasar bak. Tapi jika masih bersisa walaupun hanya 0.5 cm maka kebocoran tersebut ada pada bagian dinding bak.

Coba raba letak kebocoran bak mandi, fokuskan ke sisi dalam dari letak remebesan tersebut. Biasanya, terdapat nat (lapisan di sela-sela) keramik yang lepas ataupun permukaan keramik yang sedikit amblas. Dari sini dapat ditemukan di mana letak kebocorannya.

2. Buat Lubang pada Bak Mandi Supaya Lebih Mudah Diperbaiki

thespruce.com

Kenapa malah membuat lubang? Hal ini dilakukan bilamana titik kebocoran pada bak mandi terlalu kecil. Lubang harus dibuat sedikit lebar, supaya proses penambalan dapat lebih baik. Pembuatan lubang ini juga dapat lebih merapikan retak kebocoran pada bak mandi sehingga pada saat penambalan maka hasil tambalan akan terlihat lebih rapi.

Gunakan cutter (pemotong) atau benda tajam lainnya untuk memperlebar titik bocor tersebut. Buatlah secara hati-hati serta secukupnya saja.

3. Proses Penambalan Bak Mandi

Keramik Retak Atau Pecah

tlcdtoday.com

Ini merupakan masalah paling umum pada bak mandi yang bocor. Banyak yang langsung mengambil tindakan dengan mengganti keramik kamar mandi yang pecah dengan menggantinya secara utuh. Kalau hanya mengalami sedikit keretakan, menambal adalah salah satu solusi yang mudah dan murah.

Cukup siapkan semen abu-abu, lem semacam fox atau lem silikon untuk akuarium dan benda kecil seperti sapu lidi juga cairan anti-air. Ambillah semen abu-abu dan campurkan dengan lem atau ambil saja lem silikon aquarium, lalu sisipkan pada bagian yang retak. Gunakan sapu lidi untuk menyisipkan lem pada bagian-bagian yang retak.

Nat yang Terkelupas

Hal-hal yang menyebabkan nat keramik terkelupas adalah lubang nat telah rapuh lalu dibiarkan hingga waktu yang lama, akhirnya menimbulkan kerusakan pada bagian bawah keramik. Baiknya, kamu melepas keramik di sekitar nat tersebut kemudian membersihkan bagian dindingnya.

pinterest.com

Bahan yang digunakan sama dengan bahan untuk menambal keramik yang retak. Setelah melepas keramik, lapisi lapisan di permukaan dinding dan rekatkan kembali keramik yang tadi telah dilepas dengan menggunakan semen dan gunakan campuran semen putih dan lem untuk menambal nat pinggiran keramik.

Keramik yang Amblas

Keramik amblas ini bisa terjadi pada jenis bathtub apa saja. Biasanya, hal ini terjadi saat pengaplikasian adonan semen dan pasir kurang baik. Untuk mengatasinya, lepaskan keramik dan tambahkan adonan semen baru untuk membuat permukaan keramik sejajar dengan keramik yang lainnya. Isilah nat dengan menggunakan semen putih dan lem.

4. Proses Pengeringan Bak Mandi

diyhomenetwork.com

Setelah melapisi bak mandi dengan cairan anti-air, tunggu tambalan selama 3 hingga 4 hari supaya mengering. Setelah plesteran benar-benar 100% mengering dan mengeras, lapisi bagian bak mandi dengan pelapis anti-air pada seluruh permukaan bagian dalam bak mandi. Untuk pinggiran bawah serta sudut bak atau rongga yang cukup besar, gunakan serat fiber. Tunggu kembali selama 2 hari hingga mengering, lalu ulangi sekali lagi pelapisan tersebut.

5. Merapikan Tambalan Bak Mandi

google.com

Hal yang tidak boleh dilewatkan setelah proses penambalan bak mandi yang bocor adalah merapikannya. Siapkan cutter atau alat yang digunakan untuk merapikan semen atau lem tadi. Biasanya, setelah proses penambalan bak mandi yang bocor, akan terdapat beberapa tonjolan yang dapat merusak pemandangan.

Potong beberapa bagian yang menonjol tersebut dan ratakan setiap bagiannya sehingga bak mandi yang telah ditambal tidak akan terlihat lebih berantakan dan rapi. Karena kamar kamar mandi yang rapi adalh kunci dari membangun kamar mandi yang nyaman.

6. Lakukan Percobaan atau Tes

pinterest.com

Setelah tambalan pada bak mandi kering, cek apakah masih ada bagian yang bocor atau proses penambalan yang belum sempurna. Bila proses penambalan bak mandi yang bocor masih belum sempurna, misalnya seperti plesteran yang tidak 100% mengering, pasti terdapat kebocoran di sudut yang kita tambal berupa semacam rembesan air. Rembesan air yang menggenang sangat berbahaya, makanya saat mendesain kamar mandi, dianjurkan memakai keramik kamar mandi yang anti selip.

Ada baiknya untuk membuat lubang pembuangan di bagian dasar sehingga pengurasan bak mandi menjadi jauh lebih mudah. Hindari menggunakan sikat yang keras saat membersihkan kamar mandi agar tidak terjadi kebocoran.


Begitulah cara-cara menambal bak mandi yang bocor. Selamat mencoba!

Temukan juga artikel inspirasi dan tips home and living lainnya di Dekoruma! Tak hanya artikel, Dekoruma juga jadi pusatnya furniture online Indonesia, lho. Dekoruma jual kursi makan, meja tv, sofa, dan lemari.

Ada juga aneka peralatan dapur yang super lengkap untuk kamu yang hobi memasak. Dekoruma jual cetakan, spatula, panci, teko listrik, dan blender. Jadi, kamu bisa cari semua kebutuhan rumahmu di Dekoruma!

Tak ketinggalan, ada pula aneka properti hunian di Dekoruma Properti! Kamu bisa menemukan rumah atau apartemen di berbagai daerah Jabodetabek dengan harga terbaik. Tersedia juga hunian yang berada di dalam perumahan dengan berbagai fasilitas, seperti perumahan baru di Bekasi, Jakarta Barat, Depok, dan daerah lainnya yang sedang berkembang. Tunggu apa lagi? Yuk, segera temukan rumah impianmu di Dekoruma karena kehidupan indah berawal dari rumah!