Bingkai foto mungkin memang hanya sekedar hiasan dinding atau hanya ornamen pemanis di atas meja. Namun, membingkai sebuah foto pada tempat khusus membuat momen spesial terlihat lebih hidup dan abadi. Bingkai foto seperti dapat menjaga momen yang terekam di dalam sebuah foto bertahan lebih lama.

pinterest.co.uk

Akan tetapi, bingkai foto tidak harus berbentuk kotak persegi atau terbuat dari kayu yang difurnis mengkilap. Bingkai foto juga bisa memiliki berbagai macam variasi bentuk dari berbagai material. Kamu tidak perlu mengeluarkan kocek yang banyak untuk membelinya. Kamu bisa berkreasi sendiri membuat bingkai foto unik di rumah kok,

Kali ini Kania akan memberikan inspirasi mengenai desain bingkai foto unik yang dapat kamu coba untuk membuatnya sendiri di rumah.

1. Bingkai Foto Berbentuk Lingkaran

abeautifulmess.com

Jika kamu bosan dengan bingkai foto yang berbentuk kotak, kamu bisa memajang fotomu pada bingkai foto unik berbentuk lingkaran. Kamu bisa membuat bentuk lingkarannya sendiri dari kawat ranting ataupun jerami. Memanfaatkan sisa selotip yang telah habis atau pembidang untuk menyulam sebagai bingkai lingkarannya. Untuk sisi-sisi frame, kamu dapat menghiasnya sesuai dengan keinginanmu. Warnai dengan cat air atau berikan ornamen lain seperti prakarya bunga plastik di sisi-sisinya.

Agar bingkai foto unik ini dapat kamu gantung di dinding. Kamu bisa menempelkan ikat pinggang atau tali tas yang sudah tidak terpakai ke sekeliling lingkaran tersebut. Jangan lupa foto yang kamu simpan di dalamnya harus digunting sesuai dengan luas lingkaran tersebut.

2. Bingkai Foto Unik Dari Kaca Akrilik

potterybarn.ca

Salah satu bingkai foto unik yang sedang nge-hits sekarang ini adalah bingkai foto kaca akrilik. Membingkai sebuah foto dengan kaca arkrilik dapat membuatnya terlihat seperti lukisan atau karya fotografi yang ada di museum atau galeri seni.

Kaca akrilik juga dapat memberikan kesan bahwa foto seperti sedang melayang-layang di dinding. Efek nyeni dari pemasangan bingkai foto unik dengan kaca akrilik akan semakin terlihat berkelas dan modern apabila kamu menggantungnya di dinding yang berwarna sedikit kusam, seperti abu-abu dan broken white 

homedit.com

Cara membuat bingkai foto unik dengan kaca arkrilik pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menempatkan fotomu di antara kedua kaca akrilik, lalu kedua kaca direkatkan menggunakan baut yang ditempatkan pada keempat sudut kaca tersebut. Instalasi kayu juga dapat kamu tambahkan sebagai penopang kaca akrilik sehingga foto terlihat lebih artistik dan berdimensi.

Bingkai foto ini nggak hanya bisa dipasang di ruang keluarga, tapi di kamar tidur juga bisa. Sebagai contoh, dipasang di dinding area meja belajar atau di dinding atas tempat tidur.

3. Bingkai Foto Dari Mainan Lego

pinterest.com

Menjadikan mainan lego sebagai hiasan untuk bingkai foto merupakan salah satu inovasi yang sangat ikonik. Bingkai-bingkai foto ini bisa dipajang di meja TV. Dari kesannya yang sangat playful, kamu dapat menempatkan bingkai foto unik ini di kamar atau di ruang bermain anak. Untuk kamu yang penggemar lego pun bisa mendesainya sesuai dengan tema atau karakter lego yang kamu suka.

Dalam pembuatan bingkai foto unik ini yang kamu butuhkan adalah partisi-partisi lego, lem perekat, dan kreativitas! Ya, hasil akhirnya benar-benar bergantung dengan sekreatif apa kamu berkreasi. Menggunakan mainan lego juga bisa menjadi solusi untuk mendaur ulang fungsi mainan-mainan yang tidak lagi terpakai. Kamu pun bisa melibatkan si kecil dalam pembuatan bingkai foto unik ini, mungkin dia lebih mahir menyusun lego dibanding kamu!

4. Bingkai Foto Sebagai Penutup Lampu

youtube.com

Variasi bingkai foto unik berikutnya adalah konsep bingkai foto sebagai penutup lampu. Bingkai foto unik ini selain berfungsi untuk memajang momen-momen indah, juga bisa memberikan ambiance yang atraktif untuk pencahayaan lampu ruangan.

Dengan konsep bingkai foto unik ini, kamu tidak hanya bisa memajang satu foto saja dalam satu frame, kamu juga dapat menerapkan konsep kolase bingkai foto. Cetak kumpulan foto pada kertas kalkir atau kertas lain yang tembus cahaya, sesuaikan panjang dan lebar kertas mengikuti keliling penutup lampu. Lalu ganti penutup lampu dengan kertas bergambar kolase foto.

Cara kedua untuk membuat bingkai foto unik ini, kamu dapat menyusun empat bingkai foto yang memiliki frame kotak secara melingkar, lalu rekatkan keempatnya dengan lem. Terakhir, tempatkanlah lampu bohlam berwarna kuning di tengahnya. Tada! jadilah bingkai foto unik sebagai penutup lampu, mudah kan? Oh iya, sebaiknya foto-foto dicetak dengan warna monokrom agar tidak menghalangi pancaran cahaya dari lampu.

5. Bingkai Foto Dengan Konsep Mood Board

fernabouttown.com

Pernah nggak kamu merasa bosan dengan foto-foto yang terpajang di dinding? Atau kamu ingin bisa mengganti-ganti foto tersebut agar sesuai dengan suasana hatimu? Bingkai foto unik berkonsep mood board ini bisa jadi solusinya.

Desain dari bingkai foto unik ini terdiri atas frame kayu berbentuk persegi panjang. Di dalamnya, terjahit kawat yang dibuat menjaring. Foto-foto kemudian digantung dengan menggunakan penjepit foto polaroid. Agar tampilan semakin manis, kamu bisa menambahkan lampu LED di sekeliling bingkai foto unik ini.

aliexpress.com

Dengan bingkai foto unik berkonsep mood board ini, kamu bisa menempatkan berbagai macam gambar, mulai dari foto-foto dari kamera polaroid, kutipan-kutipan inspirasi, dan tiket perjalanan tanda petualanganmu. Tidak ada aturan yang mengikat dalam menempatkan gambar-gambar pada mood board, kamu bisa menatanya sebebas mungkin. Kawat jaring pada bingkai foto unik ini juga bisa kamu gunakan untuk menggantung aksesoris lho, seperti anting dan kalung.

6. Bingkai Foto Kanvas

aliexpress.com

Apa kamu sering menggunakan filter sketsa untuk mengedit fotomu? Tentunya mudah, bukan? karena dalam sekali klik fotomu sudah nampak seperti sketsa lukisan. Nah, kanvas ternyata tidak hanya dapat kamu jadikan sebagai bingkai foto lho, tetapi juga dapat mentransformasi foto yang kamu punya menjadi sebuah sketsa lukisan.

Kalau menggunakan aplikasi filter foto, kadang hasil akhir sketsanya terlihat seperti dibuat-buat. Hasil akhir dari bingkai foto unik ini benar-benar seperti menampilkan sebuah sketsa yang dilukis oleh tangan!

pinterest.com

Pengerjaan bingkai foto unik ini memang sedikit tricky dan memakan waktu. Pertama-tama kamu harus melapisi kanvas dengan lem gel, kamu bisa menggunakan kuas untuk pengaplikasiannya. Setelah itu, tempelkan bagian depan foto pada kanvas, tunggu semalaman sampai kering.

Setelah cukup kering, semprotkan air pada foto yang menempel di kanvas dan gosok seluruh permukaan sampai foto-sketsanya muncul. Bingkai foto unik dengan kanvas pun siap untuk dipajang!

7. Bingkai Foto Dari Botol dan Kaleng Bekas

Kreasi bingkai foto unik ini memanfaatkan barang-barang bekas, seperti botol dan gelas, sebagai material utamanya. Bukan hanya menjadi bingkai foto, botol dan kaleng bekas ini dapat disulap menjadi suatu pernik dekorasi lain, kamu bisa membingkai fotomu sekaligus menjadikannya sebagai dekorasi vas bunga.

diynetwork.com

Untuk material bingkai foto unik ini, kamu dapat menenggunakan botol-botol dari beling seperti botol sirup atau botol parfum dan juga kaleng plastik. Pastikan kamu mencucinya terlebih dahulu, ya. Sebagai hiasan tambahan, berikan ornamen nautikal ke dalam botol beling. Misalnya memasukkan pasir, kerang-kerang kecil dan menghiasnya dengan mutiara.

Tampilan bingkai foto unik ini pun jadi serupa dengan botol yang hanyut di laut berisikan pesan berharga. Agar kaleng plastik terlihat baru dan lebih berwarna, kamu dapat mengecat kaleng plastik tersebut sesuai dengan warna bunga pada vas tersebut.


Bagaimana, sangat mudah bukan membuat bingkai foto unik sendiri? Selain semua bahan di atas, kamu juga bisa melakukan cara membuat bingkai foto dari kardus, lho! Apa kamu jadi terinspirasi membuat bingkai foto unik versi milikmu sendiri? Yang terpenting dalam membuat suatu elemen dekorasi adalah kamu peka untuk memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitarmu.

Namun, kalau kamu tidak punya banyak waktu untuk membuatnya, tidak ada salahnya kamu membeli bingkai foto unik yang sudah jadi. Di Dekoruma, kamu bisa menemukan aneka bingkai foto unik dari beragam merek, seperti VIVERE dan Jbrothers.

Selain bingkai foto, berbagai furnitur rumah dengan model paling terkini juga ada di Dekoruma, lho! Dekoruma jual rak sepatu, sofa, meja makan, rak buku, dan lemari pakaian yang bisa kamu pilih sesuai dengan referensi desain yang kamu gunakan. Bersama Dekoruma, rumah impian jadi kenyataan!