Pernahkah kamu menikmati pertunjukan air mancur menari alias dancing fountain? Air mancur menari dilengkapi dengan peralatan teknologi yang bisa mengatur keluarnya air sehingga pola semburan air terlihat lebih bervariasi dan enak dipandang. Tahu nggak, air mancur menari saat ini sudah banyak dipasang di berbagai taman kota atau area publik lainnya, lho! Selain bisa menambah keindahan taman dan mempercantik tampilan kota, area publik yang dilengkapi air mancur menari bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk mendatangkan wisatawan.

Untuk menikmati pertunjukan air mancur menari, kamu tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Saat ini pertunjukan air mancur menari sudah bisa kamu nikmati di berbagai tempat di Indonesia. Penasaran kan ada di mana aja? Yuk, lihat-lihat air mancur menari paling cantik di Indonesia bareng Kania!

Taman Air Mancur Bekapai, Balikpapan

facebook.com

Sebagai nominasi kota paling nyaman versi WWF dalam ajang We Love Cities, pemerintah Kota Balikpapan mulai berbenah diri dengan mendirikan berbagai taman kota. Salah satunya adalah taman kota yang dilengkapi air mancur menari, seperti Taman Bekapai. Kamu sebaiknya ke sini pada malam hari. Karena itu waktu yang tepat untuk melihat pertunjukkan terbaik air mancur menari dengan tata cahaya lampunya yang cantik.

Air Mancur Menari Taman Pesanggrahan Padjadjaran, Purwakarta

Air mancur menari yang satu ini berada di Taman Pesanggrahan Padjadjaran atau biasa dikenal sebagai alun-alun Kian Santang di Purwakarta, Jawa Barat. Lokasi dibangunnya air mancur menari ini terletak di wilayah yang memiliki adat Sunda.

kompas.com

Karenanya, salah satu alasan air mancur menari Taman Pesanggrahan Padjadjaran ini dibangun adalah untuk mempertahankan adat peradaban suku Sunda yang sejak dahulu memiliki keterikatan kuat dengan unsur air. Selain itu, pemerintah daerah setempat membangun air mancur menari yang satu ini supaya bisa menimbulkan ketenangan dan keteduhan di tengah sibuknya aktivitas Kabupaten Purawakarta yang semakin berkembang.

Air mancur menari Taman Pesanggrahan Padjadjaran ini memiliki tinggi hingga sembilan meter dan disertai kilatan laser saat pertunjukan di malam hari. Kamu bisa menikmati air mancur menari ini secara gratis lho!

Air Mancur Menari Sri Baduga, Purwakarta

detik.com

Kamu tahu nggak letak air mancur menari paling besar se-Asia Tenggara? Bukan di Singapura, Thailand, atau negara lainnya lho! Air mancur menari terbesar se-Asia Tenggara ada di Indonesia, tepatnya di Taman Air Mancur Sribaduga, Kabupaten Purwakarta.

Pertunjukan air mancur menari di Taman Air ‎Mancur ini bisa dinikmati setiap malam minggu dengan dua sesi pertunjukan. Untuk menikmati pertunjukan ini kamu tidak dipungut biaya lho. Warna-warni dari sinar laser yang ditembak dari luar danau menghadirkan tampilan tiga dimensi dengan beragam bentuk. Menakjubkan!

Air Mancur Menari Grand Indonesia, Jakarta

wordpress.com

Tak hanya jalan-jalan sambil berbelanja, di mall Grand Indonesia kamu juga bisa menikmati pertunjukan air mancur menari. Air mancur menari ini berada tepat di Grand Indonesia Mall lantai 4. Kalian bisa menikmati pertunjukan air mancur menari di mall Grand Indonesia ini secara langsung dari dekat, maupun sambil duduk bersantai di kafe sekitar air mancur.

Pertunjukan air mancur menari di lokasi ini ada pada jam-jam tertentu setiap harinya dan hanya berlangsung selama 7 menit saja. Untuk weekdays, kamu bisa menyaksikan air mancur menari dimulai pada jam 12 siang, jam 3 sore, jam 6 sore, dan jam 9 malam. Sementara untuk weekends, pertunjukan air mancur menari dimulai pada jam 11 siang, jam 1 siang, jam 3 sore, jam 5 sore, jam 7 malam, dan jam 9 malam. Yuk, ajak orang spesialmu ke sini!

Air Mancur Pesona Monas, Jakarta

thejakartapost.com

Siapa yang tak kenal Monas? Di ikon kota Jakarta ini ada pertunjukan air mancur menari juga, lho! Air mancur yang dinamakan Pesona Monas ini diresmikan pada 12 Agustus 2017 lalu. Kamu bisa menyaksikan pertunjukan air mancur menari di Monas setiap akhir pekan secara gratis. Pertunjukan air mancur menari di sini diiringi lagu-lagu nasional maupun lagu daerah. Setiap sesi pertunjukan berdurasi sekitar 20 sampai 30 menit.

Air Mancur Menari Taman Lumintang, Denpasar

youtube.com

Di area Taman Lumintang, Kota Denpasar, terdapat mesin air mancur menari bernilai miliaran rupiah yang diletakkan di tengah kolam berdiameter sekitar 15 sampai 20 meter. Mesin tersebut berisikan ratusan pipa besi yang menjulang ke atas. Ketika petugas mengaktifkannya, terlihat air mancur yang menjulur ke atas dengan alur gerakan silih berganti seperti orang yang menari bergoyang-goyang.

Nah, warga bisa menikmati keindahan air mancur menari di Taman Lumintang ini setiap akhir pekan mulai jam 7 malam sampai jam 9 malam waktu Indonesia bagian tengah (WITA). Sekitar jam 6 sore, musik di areal Taman Lumintang mulai berbunyi. Namun air mancur menari baru melakukan atraksinya ketika langit benar-benar telah gelap. Air mancur menari di sini diterangi dengan berbagai macam warna dan tampak mempesona dengan liuk-liuk gerakan airnya.

Air Mancur Menari Taman Vanda, Bandung

Lahan seluas 2.000 meter persegi bekas bioskop Vanda di tengah-tengah Jalan Merdeka, Kota Bandung, kini telah berubah menjadi pusat keramaian baru. Di sana, sekarang ada air mancur menari yang cantik sekaligus unik. Jika air mancur biasanya keluar dari dalam kolam, air mancur di Taman Vanda ini justru keluar dari bawah ubin granit.

today.line.me

Pada Siang hari, taman ini mungkin terlihat kurang menarik. Tapi, coba saja kamu datang di malam hari sekitar jam 6 sampai jam 9 malam. Air yang menyembur dari lubang-lubang khusus di lantai makin asyik dilihat karena disorot lampu berwarna-warni yang mengelilingi lubang keluarnya air.

Warna-warna seperti merah, biru, hijau, ungu bergantian menyinari air mancur menari. Air yang keluar dari 20 lubang itu terkadang menyembur bergantian, terkadang juga bersama-sama. Warga bisa melihat tarian air warna-warni ini dari amphiteater di sebelah Barat Taman Vanda yang sengaja disediakan untuk pengunjung.

Air Mancur Menari Jembatan Kenjeran, Surabaya

Tidak mau kalah kota-kota lainnya, air mancur menari juga ada di kawasan Jembatan Kenjeran Surabaya. Di sini air akan menari meliuk-liuk menampilkan berbagai tarian yang berbeda dengan lighting warna-warni yang akan berganti setiap waktu. Pertunjukan air mancur menari di siini juga akan diiringi dengan lagu Surabaya dan lagu Jembatan Merah.

blogspot.com

Kamu bisa menyaksikan atraksi air mancur menari di kawasan Jembatan Kenjeran ini setiap hari Sabtu mulai jam 8 malam. Air mancur menari di sini akan meliuk-liuk selama satu jam penuh untuk menghibur pengunjung.

Air mancur menari ini diresmikan pada tanggal 9 Juli 2016 lalu bersamaan dengan Jembatan Surabaya. Sejak diresmikan, air mancur menari dan jembatan di atas laut dengan panjang 800 meter itu menjadi tujuan wisata baru bagi warga Surabaya maupun sekitarnya. Pemerintah setempat memang sengaja membangun Jembatan Kenjeran alias Jembatan Suroboyo yang dilengkapi air mancur menari serta permainan lampu untuk mengubah citra kawasan pesisir menjadi lebih terkenal dan modern.


Bagaimana, cantik-cantik ‘kan air mancur menari di atas? Ternyata air mancur yang cantik bukan hanya berasal dari luar negeri saja ya. Air mancur mana yang jadi destinasi wisatamu selanjutnya? Temukan artikel dan inspirasi hunian lainnya di Dekoruma!

Selain artikel, Dekoruma juga jual peralatan memasak, kamar tidur, berkebun, dan lainnya, Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!