Mendekorasi interior rumah lama adalah suatu kegiatan yang perlu dilakukan secara rutin. Tujuannya tidak lain untuk memberikan suasana baru di dalam rumah dan menyingkirkan benda yang sudah tidak terpakai lagi. Tidak hanya itu, perubahan dekorasi rumah minimalis juga bisa menjaga rumah selalu up to date dengan tren interior yang ada. Sayangnya, banyak orang yang sering melakukan kesalahan saat dekorasi rumah minimalis sehingga rumah bukannya terlihat menarik, tapi malah berantakan.

Tanpa disadari, mungkin saja kamu termasuk salah seorang yang telah melakukan kesalahan dalam dekorasi rumah minimalis. Coba simak dulu yuk, beberapa kesalahan berikut dan bandingkan dengan keadaan rumahmu saat ini!

1. Menyimpan banyak barang merupakan kesalahan dalam dekorasi rumah minimalis

pinterest.com

Rumah minimalis dikatakan demikian bukan tanpa alasan. Ciri khas dari rumah minimalis adalah sederhana dan tidak menggunakan banyak barang. Apa jadinya jika ruang minimalismu diisi banyak barang dengan alasan tidak ada tempat untuk menyimpan barang tersebut? Tentu akan merusak dekorasi rumah minimalis. Apalagi jika kamu meletakkan barang tersebut sembarangan.

Cobalah untuk menyortir barang-barang yang disimpan tersebut, mana yang masih bisa dipakai dan mana yang sudah tidak bisa dipakai lagi. Barang-barang yang masih bisa dipakai sebaiknya dimasukkan ke dalam sebuah kotak penyimpanan agar tidak terlihat berantakan dan mengotori rumah. Sedangkan barang yang sudah tidak bisa dipakai, sebaiknya dibuang atau dijual.

2. Tidak memperhatikan pencahayaan

pinterest.co.uk

Interior rumah minimalis biasanya diterapkan pada ruangan kecil hingga sedang. Elemen pencahayaan lampu atau pencahayaan alami akan memberi pengaruh yang besar terhadap ruangan tersebut, beberapa di antaranya adalah menciptakan ilusi ruang yang lebih lega dan memberikan kenyamanan bagi penghuninya.

Tanpa pencahayaan yang baik, dekorasi rumah minimalis akan sia-sia. Ruangan akan terlihat sumpek dan suram. Manfaatkan sinar matahari untuk penerangan di siang hari. Bila memungkinkan, buatlah jendela minimalis berukuran besar agar sinar matahari ini bisa menyinari seluruh sudut ruangan. Pada malam hari gunakan pencahayaan dari lampu, baik yang sifatnya direct maupun indirect.

3. Tidak memisahkan area

google.com

Umumnya rumah minimalis memiliki lahan yang terbatas sehingga penghuninya terpaksa menyatukan beberapa ruang sekaligus dalam satu area. Misalnya saja dapur dan ruang makan, atau ruang keluarga dan ruang makan minimalis yang berada di dalam satu area. Hal tersebut sah-sah saja, namun yang sering terjadi dalam dekorasi rumah minimalis adalah ketika penghuni tidak memisahkan area tersebut dengan area lainnya.

Agar dekorasi rumah minimalis terlihat lebih rapi, pisahkanlah area-area tersebut menggunakan dinding pembatas atau partisi ruangan kreatif yang sifatnya semi permanen seperti lemari pakaian atau tirai.

4. Tidak menggunakan furnitur berdasarkan ukuran dan fungsi

homestratosphere.com

Pemilihan furnitur minimalis harus didasari dengan pertimbangan ukuran dan fungsi. Kamu menemukan sofa yang sangat nyaman digunakan namun ukurannya terlalu besar untuk ruang tamumu? Buang jauh-jauh keinginan untuk membelinya. Membeli furnitur untuk rumah juga harus dipertimbangkan baik-baik.

Begitu juga untuk pertimbangan fungsi. Jika bisa menggunakan ottoman sebagai tempat penyimpanan, sandaran kaki, meja kopi, side table, sekaligus tempat duduk, kenapa harus membelinya secara terpisah dan memenuhi seisi ruangan?

5. Menjauhkan semua furnitur dari dinding

homedit.com

Memang benar menjauhkan furnitur dari dinding bisa membuat ruangan terlihat lebih luas dari ukuran sebenarnya. Namun jika menjauhkan semua furnitur yang ada dari dinding, kamu telah melakukan kesalahan dalam dekorasi rumah minimalis. Hasilnya ruangan akan terlihat berantakan dan mempersulit jalur lalu-lalang para penghuni rumah.

Jika ingin menjauhkan furnitur dari dinding, sebaiknya lakukan pada beberapa sudut saja. Selain itu, perhatikan juga jarak furnitur dari dinding. Jika furniturnya berukuran kecil, jangan terlalu jauh dari dinding. Sebaliknya jika furnitur berukuran besar, jangan terlalu dekat dengan dinding.

6. Menggantungkan terlalu banyak pajangan sebagai dekorasi rumah minimalis

idealhomeinterior.com

Dekorasi rumah minimalis tidak bisa terlepaskan dari dekor dan pajangan dinding seperti jam dinding, bingkai foto, atau lukisan. Menggantungkan pajangan di dinding dalam susunan simetris akan membuatnya terlihat rapi. Sebaliknya, menggantungkan pajangan di dinding dalam susunan acak bisa menciptakan kesan yang lebih dinamis dan kreatif. Kamu bebas menentukan susunan pajangan sesuai dengan keinginanmu karena keduanya sama-sama mempercantik dekorasi rumah minimalis.

Namun semuanya akan sia-sia jika kamu terlalu banyak menggantungkan pajangan di dinding. Alih-alih terlihat cantik, dekorasi rumah minimalis akan terlihat berantakan dan mengganggu pemandangan. Yuk, mulai memilah foto apa saja yang mau dipajang dan batasi jumlahnya!

7. Menggunakan furnitur dalam beragam ukuran sebagai dekorasi rumah minimalis

pinterest.com

Beberapa ahli interior menyarankan penggunaan furnitur dalam berbagai ukuran untuk menciptakan suasana yang berbeda dan lebih menarik. Kalau kamu bukan orang yang ahli dalam menata dekorasi rumah minimalis, sebaiknya hindari tips tersebut karena hasilnya bisa jadi berantakan dan ruangan terlihat timpang. Pada dasarnya ruangan minimalis akan lebih sedap dipandang mata jika semua furniturnya memiliki ukuran yang seimbang. Misalnya sofa besar ditemani meja kopi berukuran besar juga.

8. Penggunaan bantal duduk sebagai dekorasi rumah minimalis

dekoruma.com

Agar waktu bersantai di ruang keluarga jadi lebih nyaman, ada baiknya kamu menambahkan bantal duduk yang juga berfungsi sebagai salah satu elemen dekorasi rumah minimalis. Pilihlah motif sederhana dan warna serasi dengan tema yang diusung pada ruangan tersebut. Kamu juga harus memperhatikan kondisi bantal duduk. Bantal yang kempis akan merusak tampilan interior design. Jadi, pastikan untuk menjemur bantal secara  rutin supaya dakronnya tetap mengembang.

9. Minim dekorasi di pintu masuk

homedit.com

Pintu masuk dan area foyer merupakan salah satu area yang sering dilalui oleh penghuni dan tamu. Sayangnya area pintu masuk ini sering diabaikan karena hanya dilewati sebentar saja. Padahal area ini penting untuk didekorasi.

Sebagai bentuk dekorasi rumah minimalis pada area pintu masuk, kamu bisa meletakkan gantungan baju sederhana untuk menggantungkan jaket atau helm. Bisa juga meletakkan rak sepatu agar area tersebut terlihat lebih rapi.

10. Membiarkan kabel berantakan dapat merusak dekorasi rumah minimalis

amazon.com

Zaman modern seperti sekarang ini rasanya tidak mungkin untuk tidak menggunakan satu barang elektronik di dalam satu ruangan. Misalnya saja di ruang keluarga ada TV, radio, DVD player, atau pengeras suara.

Kabel-kabel barang elektronik ini akan membuat tampilan rumah menjadi jelek dan berantakan, terutama di area meja TV. Solusinya adalah merapikan kabel-kabel tersebut menggunakan pengikat kabel, menyembunyikannya di balik lemari, atau menutupinya menggunakan barang-barang DIY yang bisa berfungsi sebagai dekorasi rumah minimalis juga.


Gimana, apa selama ini kamu ada kesalahan dalam dekorasi rumah minimalis seperti di atas? Jika ya, semoga sekarang nggak akan salah lagi ya!

Temukan berbagai jenis furnitur dengan model kekinian hanya di Dekoruma! Dekoruma jual meja kantor, meja makan, kursi teras, kursi malas, rak dinding, dan lemari pakaian yang pastinya siap menghidupkan suasana rumahmu.

Bagi kamu yang suka masak, Dekoruma juga jual peralatan memasak, mulai dari panci, wajan, spatula, hingga loyang & wadah panggang. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cari semua kebutuhan rumahmu di Dekoruma!