Sebagai salah satu bagian dari wajah sebuah rumah, model teras bisa menampilkan keindahan tersendiri sebuah rumah. Walaupun tidak semua rumah memiliki model teras, tapi pada dasarnya model teras rumah cukup memegang peranan penting bila dilihat dari fungsinya yang beragam.

Dari sisi kesehatan, ternyata teras rumah bisa menciptakan sirkulasi udara yang baik serta menjadi media bagi matahari untuk masuk ke dalam rumah. Sirkulasi udara yang baik dan pencahayaan sinar matahari yang cukup menjadi salah satu syarat rumah sehat.

Melihat hal tersebut, pembuatan teras rumah harus memperhatikan bukan hanya fungsi, melainkan juga desainnya. Kita perlu memperhatikan setiap detail sudut teras rumah. Model teras yang cantik dan menarik akan memberikan image yang sama bagi keseluruhan isi rumah induk. Untuk itu, pemilihan material yang tepat untuk model teras juga tidak kalah penting!

Kayu jati untuk menampilkan kesan klasik pada model terasmu

pinterest.com

Siapa yang tidak tahu dengan kayu jati? Ini adalah jenis kayu yang paling digemari karena kualitas dan kekuatannya. Selain itu, kayu jati memiliki serat yang bagus dan mudah dibentuk. Dengan kualifikasinya tersebut, kayu jati sangat cocok digunakan sebagai material untuk model teras rumahmu.

Kayu jati memilik zat anti rayap alami, sehingga kamu tidak harus pusing mengganti kayu karena termakan rayap. Keunggulan ini membuat harga kayu jati melambung tinggi apabila dibandingkan dengan kayu-kayu lainnya. Penggunaan material kayu pada model teras rumah akan menciptakan kesan klasik dan suasana yang hangat.

Material batu alam untuk model teras minimalis

quecasita.com

Material batu alam memiliki jenis yang sangat beragam. Masing-masing memiliki karakteristik, warna dan tekstur yang berbeda. Dalam penggunaannya, material batu alam bisa dengan atau tanpa finishing maupun coating. Penggunaan batu alam tanpa finishing maupun coating akan memberikan kesan minimalis dan sangat alami.

Sebagai bahan bangunan alami, batu alam tidak mengandung polutan yang dapat mengganggu kesehatan. Batu alam tidak mudah terbakar dan melepaskan zat yang berbahaya bagi kesehatan jika terjadi kebakaran rumah. Batu alam juga tidak memerlukan zat kimia tambahan seperti lapisan pelindung, bahan peresapan, atau pelapis sebelum dapat digunakan sebagai bahan bangunan. Batu alam adalah pilihan yang tepat jika kamu ingin membangun model teras rumah dengan material ramah lingkungan.

Gunakan material campuran kayu dan plastik untuk model teras rumahmu

aliexpress.com

Seiring perkembangan zaman, terciptalah material baru yang merupakan campuran antara kayu dengan plastik. Material ini dikenal dengan sebutan WPC (Wood Plastic Composite). Berdasarkan arti katanya, komposit sendiri dapat diartikan sebagai campuran. WPC merupakan sebuah material baru yang tersusun dari elemen kayu dan plastik yang dilebur menjadi satu dan membentuk sebuah material baru, yaitu WPC.

google.com

WPC bisa menjadi alternatif untuk material model teras rumahmu, mengingat harganya yang lebih murah daripada kayu asli. Selain itu, WPC juga tahan terhadap jamur, rayap dan hama. Melihat keunggulan lainnya, WPC pun dapat menyajikan keindahan model terasmu karena wujudnya yang menyerupai kayu asli dan memiliki desain serta warna yang mendukung arsitektur model teras rumahmu.

Material beton sebagai ciri khas dari model teras industrial

home-designing.com

Desain arsitektur industrial saat ini bukanlah menjadi hal yang asing lagi. Banyak hunian yang menerapkan gaya arsitektur satu ini. Beton sebagai salah satu material yang bisa memperkuat kesan alami. Selain keren, beton juga hemat waktu dan biaya dalam pengerjaannya. Mengapa demikian? Karena dalam desain industrial, beton akan dibiarkan terlihat apa adanya tanpa melalui proses finishing maupun coating. Sudah tertarik menggunakan beton untuk material model teras rumahmu? Coba yuk untuk membuat model teras indusrialmu dengan maksimal!

Ciptakan model teras rumahmu dengan material rotan dan bambu

Rotan dan bambu biasanya banyak diketahui sebagai kerajinan tangan berdaya jual tinggi. Rotan dan bambu digunakan untuk pembuatan furnitur maupun peralatan dapur, juga tas wanita. Seiring dengan perkembangan zaman di mana tren rumah ramah lingkungan semakin digemari, rotan dan bambu menjadi salah satu solusi bagi bahan teras rumah ramah lingkungan.

freshdesignpedia.com

Sentuhan rotan dan bambu bisa juga menghiasi model teras rumahmu sebagai furnitur, atap teras atau bahkan sekedar hiasan saja. Tidak sulit mencari material rotan untuk model teras, karena saat ini bukan hanya rotan asli yang diperjualbelikan, tetapi juga rotan sintetis.

Rotan sintetis ini menjadi sangat digemari karena memiliki usia pemakaian yang lebih awet dan harganya relatif lebih murah dibandingkan rotan asli.  Hanya saja untuk model teras yang berada di bagian terluar dari rumah, warna rotan sintetis akan mudah kusam atau pudar.

Model teras rumah yang cantik dengan roster

blogspot.com

Roster atau loster adalah material batu yang sering disebut sebagai batu angin karena bentuknya yang bolong-bolong dan angin dapat masuk dari celah-celah tersebut. Roster termasuk salah satu kerajinan dari tanah liat atau beton yang mempunyai fungsi sebagai lubang utilitas untuk penghawaan sehingga terjadi pertukaran udara. Selain itu, roster juga memiliki fungsi untuk pencahayaan di siang hari pada sebuah ruang, sinar matahari dapat masuk melalui lubang pada roster.

Roster biasa digunakan di atas pintu, jendela, atau sebagai pembatas dinding. Apa cocok untuk digunakan sebagai model teras? Iya, karena cahaya matahari dapat masuk maksimal sehingga menghasilkan pencahayaan yang baik.

Roster juga menyempurnakan keindahan model teras karena motif dan warnanya yang beragam. Kamu bisa memilih roster sesuai selera untuk model teras rumahmu. Tapi jangan lupa sesuaikan dengan desain arsitektur keseluruhan rumah ya.


Itulah 6 rekomendasi material model teras dari Dekoruma. Yang mana yang jadi pilihanmu?

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma bisa jadi tempat yang tepat, lho! Dekoruma jual kursi malas, sofa, rak, dan lemari. Ada juga aneka jenis kasur dari merek-merek ternama, seperti kasur Serta, Comforta, dan Guhdo.

Tak hanya itu saja, Dekoruma juga jual Green Leaf, merek peralatan dapur ternama yang berkualitas dan banyak digunakan oleh para ibu rumah tangga. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja kepoin laman Dekoruma!