Seringkali, teras menentukan kesan kita terhadap sebuah hunian. Karena nggak seperti ruangan lain, teras rumah memiliki hubungan langsung dengan alam terbuka, baik itu teras di depan atau belakang rumah. Mendesain teras yang nyaman jadi bagian yang sebaiknya nggak kamu lewatkan. Salah satu desain teras simpel dan nyaman yang bisa jadi pilihanmu adalah tipe teras minimalis.

dekoruma.com

Sebuah teras minimalis yang dipenuhi dengan beragam aksesoris alam pasti bisa membuat rumah terasa lebih nyaman. Bayangkan warna hijau tanaman dipadu warna earthy tone dari pohon dan furnitur kayu, rasanya stres seharian bisa langsung hilang, kan?

Nah, gimana caranya kamu bisa menerapkan konsep teras minimalis yang go green sekaligus asri dan nyaman? Ada 9 item dekorasi yang nggak boleh kamu lewatkan. Penasaran? Yuk baca artikelnya sampai selesai bareng Kania!

1. Hamparan Rumput yang Luas

pinterest.com

Saat pertama kali menginjakakan kaki ke rumahmu, kesejukkan teras minimalis akan terasa dari hamparan rerumputan yang ada di teras. Menutup lahan teras dengan rumput tidak hanya menghijaukan teras sampai kesudutnya, tetapi juga dapat berfungsi untuk penyerapan air.

Kamu dapat menggunakan berbagai jenis rumput taman, seperti Rumput Gajah, Rumput Jepang, atau Rumput Peking. Rumput Gajah adalah yang paling populer digunakan di teras minimalis. Selain karena paling murah, perwatannya pun lebih mudah. Hanya butuh sekali pemangkasan dalam tiga bulan. Jika kamu ingin memperoleh hasil hijau yang maksimal, maka gunakanlah Rumput Jepang atau Rumput Peking. Sebab, keduanya tumbuh lebih rapat dan rapi.

2. Tanaman Hias yang Selalu Hadir di Teras Minimalis

Tanaman hias adalah elemen terpenting dalam mendekorasi sebuah teras minimalis. Ada berbagai macam jenis tanaman hias daun dan tanaman hias bunga yang bisa kamu tempatkan di sebuah teras minimalis. Mulai dari jenis Aglaonema sampai Monstera deliciosa, kaktus dan sukulen, sampai tanaman herbal. Semuanya memiliki keunikannya sendiri dan memberikan nuansa khas bagi tampilan teras.

pinterest.com

Untuk teras depan, tempatkanlah pot-pot untuk menyimpan tanaman hias. Gunakan tanaman hias jenis Aglaonema yang berdaun lebar untuk memberikan kesan hangat yang menyambut. Kamu juga bisa menempatkan pot-pot kecil berisi tanaman epipremnum (berdaun kecil) atau sukulen pada block planters yang dipasang di depan teras minimalis.

Di teras belakang, kamu bebas menghadirkan warna hijau sesuai seleera. Gunakanlah tanaman-tanaman gantung dan tanaman rambat, tumpuk keduanya, dan dapatkan hasil urban jungle yang alami!

ignant.com

3. Rak Susun Untuk Tanaman Hias

pinterest.com

Rak susun meninggi bisa menjadi rak tanaman hias yang sesuai untuk teras minimalis dengan lahan terbatas, terutama untuk teras depan. Bentuknya yang meninggi ke atas memberikan dimensi tersendiri untuk susunan tanaman hias yang diletakkan di sana.  Kamu bisa meletakkan banyak tanaman hias di rak tersebut tanpa membuat teras rumahmu jadi terlihat seperti hutan belantara.

pinterest.com

Penataan tanaman hias juga tidak boleh sembarangan. Agar tanaman-tanaman hias tidak menghalangi akses untuk bergerak, tempatkan tanaman hias tersebut pada rak-rak display. Di teras belakang, kamu bisa menggunakan rak-rak yang lebih tinggi dan lebar dengan sisi-sisi yang terbuka sehingga tanaman tetap bisa memperoleh cahaya matahari.

4. Railing Planter di Pagar Teras Minimalis

pinterest.com

Kalau teras minimalis rumahmu terlalu sempit untuk ditempatkan pot-pot tanaman hias, kamu bisa menggunakan pot tanaman yang menggantung pada pagar teras. Railing planters fungsinya sama dengan pot tanaman pada umumnya. Tapi bentuknya yang ringkas membuat penggunaanya lebih hemat tempat.

Walaupun railing planter memiliki ukuran yang beragam, pilihlah ukuran yang sesuai dengan lebar dan tinggi dari pagar teras. Menanam bunga-bunga pada railing planter akan menambahkan aksen warna pada desain pagar rumah yang polos.

5. Sediakan Cinder Blocks Planter

erahomedesign.com

Selain railing planter, ada lagi wadah menyimpan tanaman hias yang dinamakan cinder blocks planter. Bentuknya yang kotak-kotak dan mudah disusun membuat cinder block planter bisa dipakai sebagai dinding pembatas di teras minimalis.

Kamu juga dapat berkreasi dengan benda yang satu ini seperti mengecat atau menyusunnya jadi berbagai bentuk. Cinder blocks planter sudah banyak dijual di toko-toko tanaman hias, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

6. Kursi Atau Sofa Organik

pinterest.com

Untuk konsep teras minimalis yang lebih go green, kamu bisa menggunakan furnitur yang terbuat dari bahan-bahan yang berasal langsung dari alam. Misalnya memakai kursi bambu atau sofa dengan alas duduk dan bantal dari kapas organik. Sebagai alternatif dari rotan, sofa minimalis yang terbuat dari tali polyester bisa kamu gunakan. Pilih furnitur yang tahan air atau cepat kering untuk furnitur outdoor.

Senadakan bahan dasar furnitur yang satu dengan lainnya agar tercipta keharmonisan yang lebih enak dilihat. Kamu bisa menemukan furnitur tersebut di toko fisik maupun online. Tak hanya jual kursi teras, pastikan toko tersebut juga menyediakan meja teras agar kamu lebih hemat energi dan tenaga.

thespruce.com

7. Herbs Coffee Table, Sentuhan Unik untuk Terasmu

Unsur alam yang hijau dan asri tidak selalu datang dari tanaman hias atau material tempat duduk organik. Kamu bisa melekatkan kesan alamiah pada furnitur yang sama sekali tidak organik, seperti herbs coffee table. Sebuah meja kopi yang dapat menyimpan tanaman-tanama hias yang diletakan di bagian tengah meja yang telah diisi dengan tanah.

pinterest.com

Herbs coffee table pas sekali ditempatkan di ruang santai terbuka yang ada di teras belakang. Kesan yang ditimbulkan berbeda dengan meletakkan pot tanaman kecil di atas meja, pada herbs coffee table tanaman seakan tumbuh langsung dari dalam meja, unik kan? Kamu juga tidak perlu mahal-mahal membelinya, kamu bisa memodifikasi meja kopi yang ada di rumahmu menjadi sebuah wadah untuk menyimpan tanaman hias.

pinterest.com

8. Kerlap-kerlip Lampu Hias

Pencahayaan di teras minimalis adalah aspek yang sangat penting untuk diperhatikan, terutama untuk pencahayaan di malam hari. Kamu tidak ingin kan rumahmu jadi terlihat menyeramkan di malam hari?

Untuk menghidupkan warna hijau pada tanaman, gunakanlah lampu bercahaya putih. Jika kamu memiliki pohon di teras belakang, maka kamu bisa menggunakan lampu dengan cahaya kuning untuk menampilkan dengan jelas warna kecokelatan dari ranting pohon.

pinterest.com

Untuk membuat efek dramatis pada teras minimalis, kamu bisa membuat pencahayaan low angle pada permukaan tanah, ataupun memasang lampu LED pada pagar-pagar teras. Pencahayaan jenis ini cocok untuk diterapkan di teras depan. Untuk teras belakang, kamu bisa menggunakan fairy lights yang menggantung di pohon atau di bagian atas teras. Lampu-lampu ini akan membuat teras minimalis rumahmu bersinar sepanjang malam.

pinterest.com

9. Karpet Untuk Hijau Teras Minimalis Yang Reflektif

Kamu dan keluarga pastinya suka bersantai di teras belakang. Kegiatan apa yang menjadi favoritmu? Mungkin duduk-duduk santai, mungkin juga berkebun. Satu hal yang Kania yakin, kamu bisa menempatkan kursi lesehan di teras belakang rumah. Terkadang tidak perlu sofa atau bangku taman, kamu hanya perlu menggelar karpet untuk menikmati teras yang asri.

pinterest.com

Pilihlah karpet yang bermotif simpel supaya tanaman-tanaman hijau pada teras minimalis tetap menjadi focal point. Seperi halnya furnitur untuk teras minimalis, pilih karpet dengan material tahan air dan mudah dibersihkan. Teras belakang pun bisa jadi tempat beristirahat. Apalagi didukung oleh suasana teras yang  rindang, akan membantumu berkosentrasi saat melakukan meditasi atau berolahraga.


Dalam mempercantik sebuah teras minimalis sebenarnya tidak diperlukan banyak sentuhan dekorasi, apalagi jika lahan teras minimalis di rumahmu terbatas. Jangan sampai dekorasi yang kamu pilih malah menghilangkan fungsi dari perabotan di teras itu sendiri. Kalau suka dengan artikel ini, jangan lupa share dan cek artikel menarik lainnya di Dekoruma!

Temukan aneka dekorasi dan furnitur berkualitas untuk hunianmu di Dekoruma! Dekoruma jual lampu gantung, karpet, sofa, rak display, dan meja rias yang pastinya siap menghidupkan suasana rumahmu.

Untuk kasur, Dekoruma jual spring bed Lady Americana dan King Koil, dua merek kasur ternama di Indonesia yang punya kualitas material terbaik. Yuk, langsung cari dan temukan furnitur sesuai kebutuhanmu di Dekoruma!

Eitss.. tidak hanya sampai di situ saja, Dekoruma juga menyediakan layanan jual beli properti melalui DekorumaHouse, lho! Kamu bisa menemukan berbagai hunian yang nyaman di dalam perumahan yang lokasinya strategis, seperti perumahan baru di Tangerang, Depok, dan Bekasi. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!