Meja menjadi salah satu perabot yang wajib ada di setiap rumah. Perabot yang satu ini dibutuhkan untuk berbagai keperluan di setiap ruangan rumah. Tahu nggak apa saja yang harus dipertimbangkan saat akan memilih meja? Mulai dari ukuran, desain, yang nggak kalah penting adalah material meja. Salah satu jenis meja yang populer adalah meja kaca.

Kamu mungkin bertanya, kenapa harus meja kaca? Berikut alasan-alasan yang bisa jadi pertimbangan kamu sebelum membeli meja kaca.

Tampilan Meja Kaca Selalu Tampak Elegan

google.com

Jika kamu menginginkan tampilan ruang yang tampak elegan, maka meja kaca bisa menjadi meja yang sesuai buatmu. Dibuat dalam bentuk dan desain apapun, meja kaca akan selalu tampak keren dan enak dilihat. Selain itu, meja kaca identik dengan kesan modern. Meski begitu, nggak menutup kemungkinan untuk memadukan meja kaca dengan dekorasi ruangan lain, seperti desain interior rumah ala Jepang.

Perawatan Meja Kaca Lebih Mudah

facebook.com

Alasan selanjutnya adalah soal perawatan meja kaca. Banyak yang mengira meja kaca malah lebih gampang terlihat kotor dibandingkan meja dengan material lainnya. Ternyata material kaca disusun dari bahan dengan tingkat kepadatan yang tinggi.

Ini membuat kaca bersifat kedap cairan. Karenanya, meja kaca nggak gampang menyerap noda yang menempel. Cukup dengan menyekanya dengan lap tekstil dapur atau cairan pembersih kaca, kamu bisa tetap mendapatkan tampilan meja kaca yang sempurna. Mudah banget kan?

Meja Kaca Cocok dengan Konsep Apapun

pinterest.com

Saat ini banyak jenis material kaca yang digunakan untuk membuat meja kaca, lho! Mulai dari kaca bening, kaca reflektif, kaca buram, hingga kaca yang berwarna. Karena banyaknya variasi ini, kamu leluasa memilih meja kaca seperti apa yang pas untuk konsep dekorasi ruangan kamu. Bahkan menjadi bahan jendela minimalis.

Mulai sekarang jangan berpikir kalau meja kaca hanya cocok untuk konsep desain ruangan modern minimalis saja ya! Material kaca membuat meja kaca bersifat netral. Hal ini menjadikan meja kaca gampang dibawa ke konsep dekorasi apa saja.

Meja Kaca Bisa Membuat Ruangan Terlihat Luas

ericksonfineartphotography.com

Material kaca, khususnya kaca bening yang biasa digunakan untuk membuat meja kaca bisa membuat ruangan di rumahmu terkesan lebih luas berkat sifat kaca yang bisa meneruskan sekaligus memantulkan cahaya. Karenanya ruangan yang ada meja kaca di dalamnya bisa jadi terlihat lebih terang dan menimbulkan kesan kalau ruangan tersebut lebih besar dari yang sebenarnya. Ruanganmu terasa lega seolah tanpa sekat- sekat ruangan.

Meja Kaca Pas untuk Segala Aktivitas

idolza.com

Umumnya meja kaca menggunakan jenis kaca yang halus dan rata. Karena permukaannya yang rata, meja kaca juga sangat ideal dijadikan meja kerja hingga meja untuk persiapan memasak.

Selain itu, permukaan meja kaca yang rata juga tidak mudah berubah seperti yang bisa kamu temukan pada meja kayu atau pulp. Biasanya, meja kayu lama kelamaan cenderung berubah cekung di bagian tertentu yang paling sering terkena tekanan beban berat. Ini nggak bakal kamu temui di permukaan meja kaca.

Meja Kaca Tersedia dalam Berbagai Bentuk dan Desain

trendir.com

Untuk masalah bentuk dan desain, kamu nggak perlu khawatir kesulitan menemukan yang sesuai denga seleramu. Saat ini sudah banyak sekali desain meja kaca yang ditawarkan di pasaran. Mulai dari yang berbentuk persegi panjang, bundar, hingga bentuk meja kaca bersegi banyak bisa kamu dapatkan. Kamu hanya tinggal memilih dan menyesuaikan dengan kebutuhan serta desain ruanganmu.

Meja Kaca Lebih Awet

pinterest.com

Dibandingkan material seperti kayu atau pulp, meja kaya bisa dibilang lebih awet. Ini karena material kaca memang memiliki daya tahan yang tinggi dan bagus terhadap perubahan suhu sehingga muai panjang dan muai susutnya tidak terlampau besar. Kamu bakal jarang menemukan meja kaca yang material kacanya tiba-tiba mengendur atau berongga antarbagiannya sekalipun sudah lama berada di rumahmu.

Material penyusun meja kaca juga hanya bisa hancur bila mendapat tekanan dalam jumlah besar atau beban yang berat. Tapi saat ini dengan hadirnya jenis kaca tempered glass ketahanan meja dengan bahan yang satu ini terhadap beban jauh lebih baik.

Meja Kaca Ramah Lingkungan

pinterest.com

Selain karena bisa menghemat energi untuk pencahayaan ruangan, hadirnya perabot atau furnitur berbahan kaca dianggap ramah lingkungan karena bisa didaur ulang dengan memanaskan kembali material kaca sampai dengan suhu yang sangat tinggi untuk melelehkannya. Setelahnya kaca bisa kembali dibentuk sesuai keinginan.

Jika suatu saat meja kacamu mulai retak atau kamu mulai bosan dengan meja kacamu, jangan langsung dibuang begitu saja ya! Kamu bisa membawanya ke bengkel pembuatan perabot kaca untuk membentuk ulang kaca dari meja kaca milikmu menjadi meja kaca yang baru atau perabot berbahan kaca lainnya.


Itu dia beberapa alasan kenapa kamu harus punya meja kaca. Bagaimana, makin tertarik memiliki meja kaca untuk mengisi ruangan di hunianmu?

Meja kaca bisa kamu temukan di Dekoruma, lho! Tak hanya itu, Dekoruma juga jual kasur Comforta dan King Koil, dua merek kasur ternama di Indonesia yang punya kualitas material terbaik. Dekoruma jual cetakan, loyang, oven, dan alat pembuat kue lainnya. Yuk, langsung temukan furnitur dan perlengkapan rumah lainnya sesuai kebutuhanmu di Dekoruma!