Taman rumah seringkali menjadi bagian yang paling terakhir diperhatikan. Namun, jangan sampai kamu menyepelekan keberadaan bagian ini, ya! Sebab, keberadaan taman bisa membuat tampilan rumah kamu semakin asri dan cantik.

Buat kamu yang kebingungan karena punya lahan terbatas, taman rumah minimalis bisa dijadikan pilihan yang cocok. Membuat desain taman minimalis di lahan sempit memang susah-susah gampang. Nah, untuk mengatasi kebingungan kamu, beberapa desain taman minimalis di lahan sempit yang akan Kania bagikan berikut ini bisa jadi solusinya!

Desain Taman Minimalis di Lahan Sempit Samping Rumah

naturebring.com

Di lahan yang sempit, seringkali area terbuka di rumah hanya tersisa di bagian samping rumah. Biasanya area ini menjadi jalan pintas dari bagian depan rumah untuk langsung menuju dapur atau area bagian belakang rumah lainnya. Nah, daripada hanya dibiarkan berfungsi sebagai jalan saja, kamu bisa memperindah tampilan area ini dengan desain taman minimalis di lahan sempit yang satu ini.

Karena area samping rumah yang biasanya berbentuk memanjang, maka desain taman minimalis di lahan sempit yang satu ini juga harus disesuaikan dengan pola memanjang. Misalnya saja dengan menanam pohon atau membuat aquascape mini secara berderet dalam satu garis lurus mengikuti panjang lahan yang tersedia. Sediakan juga kursi panjang kecil sebagai tempat kamu untuk bersantai.

pinterest.com

Untuk urusan jenis tanaman, sebaiknya desain taman minimalis di lahan sempit ini menggunakan tanaman seperti rumpun bambu, tanaman perdu, atau bahkan palem-paleman kecil yang dipercaya sebagai tanaman pembawa rezeki. Cukup pilih satu jenis tanaman tidak terkesan terlalu penuh. Selain tidak akan menghabiskan terlalu banyak lahan, tanaman-tanaman tersebut cocok bila ditanam dengan pola berderet membentuk sebuah garis lurus.

Desain Taman Minimalis di Area Balkon

Desain taman minimalis di lahan sempit berikut ini bisa juga nih jadi solusi buat kamu yang kebingungan di mana dan bagaimana harus menempatkan taman di rumah kamu. Area balkon bisa juga lho dipakai untuk menerapkan desain taman minimalis di lahan sempit.

pinterest.com

Biasanya lahan ini bersifat semi-outdoor alias masih beratap. Karenanya kamu sebaiknya menempatkan tanaman yang tidak terlalu besar dan tinggi. Tanaman hias dalam pot adalah yang paling cocok untuk ditempatkan di sini.

Desain taman minimalis di lahan sempit pada area teras lantai atas ini bisa memadukan peletakan pot-pot di lantai balkon, railing balkon, menempel di dinding, hingga menggantung di ujung atap. Untuk menambah kesan asrinya, kamu bisa mengganti lantai teras lantai atas rumahmu dengan lantai kayu sehingga terihat lebih alami. Tambahkan juga furnitur seperti kursi teras untuk melengkapi tampilan taman minimalis di lahan sempit.

Pemanfaatan Sebagian Teras

pinterest.com

Seringkali lahan yang tersisa untuk area terbuka di rumah hanya ada di bagian depan rumah dengan luas yang tidak seberapa. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menerapkan desain taman minimalis di lahan sempit yang satu ini. Kuncinya adalah menjadikan area taman minimalis terlihat seolah menjadi satu dengan area di sekitarnya. Penggabungan dengan area teras depan rumah adalah solusinya.

blogspot.com

Beberapa cara menerapkan desain taman minimalis di lahan sempit ini bisa kamu lakukan dengan mudah. Misalnya dengan membuat area duduk yang menyatukan teras dengan taman minimalis, atau dengan menyamakan material yang digunakan pada taman dan teras. Cara lainnya adalah dengan menambahkan tanaman dalam pot berjenis sama dengan tanaman yang ada di area taman.

Desain Taman Minimalis di Lahan Sempit dengan Kolam

google.com

Kehadiran unsur air di taman tentu akan menambah kesan sejuk pada rumah. Nah, siapa sangka elemen air berupa kolam bisa dihadirkan pada desain taman minimalis di lahan sempit?

Kamu bisa membuat kolam koi sederhana di taman minimalis, kamu bisa menambahkan tanaman-tanaman kecil di dalam pot atau tanaman perdu dengan berbagai kombinasi warna. Bahkan, kamu bisa menambahkan model air mancur mini juga.

Desain Taman Minimalis Kering dengan Batu Koral

idolza.com

Untuk kamu yang super sibuk dan jarang memiliki waktu untuk mengurus taman, desain taman minimalis di lahan sempit berikut ini bisa kamu pakai nih. Alih-alih menggunakan rumput, area bawah taman bisa kamu isi dengan batu koral.

Saat ini sudah banyak rumah berkonsep minimalis yang menerapkan desain taman minimalis di lahan sempit yang satu ini karena sangat mudah dalam perawatannya. Meski demikian, kamu pun tetap bisa menambahkan kursi teras minimalis untuk bersantai di sore hari.

Desain Taman Minimalis dengan Area Lapang yang Dikelilingi Tanaman

google.com

Agar area taman yang tidak terlalu luas bisa tetap terlihat lega dan tidak sesak, kamu bisa menyiasatinya dengan desain taman minimalis di lahan sempit yang satu ini. Kuncinya adalah dengan menghadirkan area lapang sebagai sentral atau titik fokus dari desain taman minimalis di lahan sempit yang tersedia. Di sekitarnya, kamu bisa menempatkan aneka tanaman dan satu kursi malas di sudut taman untuk bersantai.

Desain Taman Minimalis Vertikal

inhabitat.com

Desain taman minimalis di lahan sempit yang satu ini mungkin sudah sering diterapkan. Untuk menyiasati keterbatasan lahan, membuat area taman vertikal bisa menjadi solusi jitu. Kamu bisa menempatkan susunan pot-pot tanaman secara vertikal di area dinding eksterior rumah atau di dinding pagar. Selain itu kamu juga bisa membuat rangka shading jendela yang bisa ditempati pot-pot tanaman.

id.godaddy.com

Itu dia beberapa desain taman minimalis di lahan sempit yang bisa kamu jadikan acuan dalam membuat taman di rumahmu. Siap mewujudkan taman impian? Jangan lupa lengkapi tamanmu dengan furnitur dan dekorasi dari Dekoruma, ya!

Tak hanya untuk tamanmu saja, Dekoruma juga menyediakan aneka furnitur untuk mengisi interior rumahmu, lho! Dekoruma jual meja, sofa ruang tamu, lemari dapur, meja TV, hingga rak sepatu.

Kalau kamu justru membutuhkan perlengkapan kamar tidur, Dekoruma juga jual tempat tidur, lampu tidur, hingga kasur dari ragam merek terkenal. Beberapa di antaranya ada kasur The Luxe, Dunlopillo, dan King Koil.

Nah, buat kamu yang sedang mencari hunian baru, kamu bisa kunjungi laman Dekoruma Properti. Ada banyak sekali pilihan rumah ataupun apartemen untuk kebutuhan tempat tinggalmu. Lokasinya pun tersebar di berbagai daerah di Jabodetabek. Kamu bisa menemukan rumah dijual Tangerang Selatan, Jakarta Barat, Depok, hingga Bekasi. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan hunian impianmu bersama Dekoruma!