Apakah kamu tengah membeli atau membangun rumah dan menemukan desain dengan berbagai jenis “tipe rumah”? Mulai dari tipe rumah 36 ataupun tipe rumah 60. Mungkin kamu bingung atau masih kurang familiar dengan berbagai jenis tipe rumah tersebut. Maka dari itu, kali ini kita akan membahas mengenai berbagai jenis tipe rumah yang umumnya ada di Indonesia.

Jenis tipe rumah sendiri diambil berdasarkan luas dari rumah tersebut. Misalkan untuk tipe rumah 36 memiliki luas 36 meter persegi dan untuk tipe rumah 45 memiliki luas 45 meter persegi.

deezen.com

Yang menjadi faktor penentu luas rumah umumnya adalah kavling dari perumahan tempat rumah tersebut dibangun. Setiap tipe rumah inipun umumnya memiliki karakteristik khusus baik dari segi dimensi bangunan hingga kebutuhan ruang, meskipun pada akhirnya pengembang biasanya akan menyesuaikannya dengan konsep dari perumahan secara keseluruhan.

Berikut sedikit penjabaran beberapa tipe rumah yang umum dan cukup sering dibuat di berbagai perumahan yang ada di Indonesia!

Tipe Rumah 21 / 24

google.com

Memiliki luas bangunan 21 hingga 24 meter persegi, tipe rumah ini merupakan tipe rumah paling kecil yang umumnya dibangun oleh pengembang perumahan. Tipe rumah 21 atau 24 umumnya dibangun di kavling dengan lebar 3 atau 4 meter dengan ukuran 3×7 atau 4×6 meter.

Tipe rumah ini tergolong rumah sederhana dan hanya terdiri dari satu kamar tidur dan terkadang bahkan memiliki dapur yang berada terpisah pada bagian halaman belakang. Tipe rumah ini juga kerap menjadi pilihan investasi dengan menjadikannya rumah sewa, karena ukuran dan harga yang murah tentu pilihan menyewa tipe rumah satu ini lebih banyak dipilih.

Tipe Rumah 36

Tipe rumah selanjutnya bisa dikatakan merupakan tipe rumah yang paling banyak dibangun oleh pengembang perumahan dan juga paling banyak diminati. Rumah tipe 36 biasanya dibangun di kavling dengan lebar 6 meter dengan ukuran 6×6 meter persegi. Terdiri dari dua kamar tidur, tipe rumah 36 adalah rumah sederhana yang paling pas untuk pasangan baru menikah ataupun keluarga kecil.

google.com

Tipe rumah 36 juga adalah pilihan tipe rumah yang kerap dipilih sebagai tipe rumah paling pas untuk orang yang tertarik melakukan investasi dibidang properti. Misalnya rumah minimalis tipe 36. Nggak cuma karena harganya yang tak terlalu tinggi, tapi juga kebutuhan akan tipe rumah 36 yang cukup tinggi sehingga akan lebih mudah untuk dijual kembali di kemudian hari.

Tipe Rumah 45

Untuk kamu yang memiliki keluarga kecil namun ingin memiliki rumah yang sedikit leluasa, tipe rumah 45 bisa jadi alternatif pengganti tipe rumah 36. Pilihan tipe rumah 45 biasanya lebih digemari masyarakat menengah karena memiliki spesifikasi luas yang lebih baik daripada tipe rumah 36 meskipun sama-sama memiliki 2 kamar tidur.

google.com

Berdiri sama di kavling dengan lebar 6 meter, dimensi dari desain rumah tipe 45 biasanya memiliki ukuran 6×7.5 meter persegi. Jika dilihat dari segi luas tapak pun, tipe rumah 45 umumnya memiliki halaman yang lebih lapang daripada tipe rumah 36. Dibanding tipe rumah 36 yang bisa dijadikan pilihan investasi, tipe rumah satu ini lebih cocok untuk dijadikan pilihan untuk hunian bersama keluarga.

Tipe Rumah 54

Tipe rumah lainnya yang merupakan pilihan rumah untuk masyarakat menengah hingga menengah ke atas adalah tipe rumah 54. Ukuran paling proposional dari tipe rumah satu ini adalah 9×6 meter persegi dan terdiri dari 3 kamar.

google.com

Pilihan tipe rumah ini juga lebih cocok untuk keluarga yang memiliki jumlah anggota keluarga yang lebih besar karena selain memiliki jumlah kamar yang lebih banyak, tipe rumah satu ini juga umumnya memiliki tapak dan luas ruang yang lebih tapak.

Tipe Rumah 60

google.com

Dengan luas bangunan mencapai 60 meter persegi, tipe rumah 60 termasuk tipe rumah besar yang lebih diperuntukkan masyarakat menengah hingga menengah ke atas. Tipe rumah ini umumnya memiliki 3 kamar tidur, terkadang juga dilengkapi 1 kamar tidur tambahan untuk asisten rumah tangga. Dimensi dari tipe rumah 60 biasanya 6×10 meter persegi.

Untuk kavling dengan ukuran panjang yang nggak memadai, tipe rumah 60 terkadang juga bisa dibangun menjadi rumah 2 lantai.

Tipe Rumah 70

google.com

Tipe rumah selanjutnya ini juga meripakan tipe rumah dengan luas relatif luas dan lebih cocok untuk keluarga menengah hingga menengah keatas dengan jumlah anggota yang relatif cukup banyak.

Jumlah kamar pada tipe rumah ini hampir menyerupai tipe rumah 60, namun dengan desain dan perbedaan kebutuhan terkadang tipe rumah 70 dibangun dengan memiliki hingga 4 kamar tidur. Dimensi dari tipe rumah ini juga bervariasi mulai dari 7×10 meter hingga 5×14 meter.

Karena luasnya yang luas, tipe rumah 70 juga biasanya dibangun sebagai rumah 2 lantai untuk mengakali luas kavling.

Tipe Rumah 120

Tipe rumah terakhir yang akan kita bahas merupakan tipe rumah yang sudah masuk dalam klasifikasi rumah mewah. Biasanya diperuntukkan untuk masyarakat menengah atas. Dengan luas bangunan hingga 120 meter persegi, dimensi tipe rumah ini bisa bervariasi mulai dari 10×12 meter atau 8×15 meter persegi.

google.com

Umumnya, rumah ini juga dibangun lebih dari satu lantai dan memiliki jumlah kamar bervariasi tergantung kebutuhan pemilik rumah. Tipe rumah luas dan besar seperti ini juga memungkinkan pemilik atau pengembang untuk mengekplorasi desain dari rumah dengan berbagai gaya arsitektur rumah.

Tips Memilih Tipe Rumah

unsplash.com/@atw

Dalam memiliki tipe rumah, kamu perlu memahami lagi kebutuhanmu agar dapat memilih tipe rumah yang paling tepat. Salah satu hal penting yang pelu kamu pertimbahkan saat memilih tipe rumah adalah tujuan dari penggunaan rumah yang kamu beli atau bangun tersebut.

Jika tujuan kamu membeli rumah hanya sekedar sebagai investasi untuk rumah dijual kembali, maka tipe rumah yang berukuran kecil seperti tipe rumah 21, 24, dan 36 adalah tipe rumah yang mungkin lebih tepat. Hal ini karena tipe-tipe rumah tersebut lebih mudah dijual kembali.

unsplash.com/@bernagatsby

Sedangkan jika rumah dibeli untuk kamu huni bersama keluarga, pikirkan pengembangan dari rumah. Jika tipe rumah yang kamu pilih merupakan tipe 24 atau 36, pastikan apakah luas kavling memungkinkan untuk pengembangan bangunan dan juga renovasi rumah, baik itu menambah luas atau menambah lantai ketika anggota keluargamu telah bertambah kelak.

Tipe rumah sendiri rata-rata hanya mengklasifikasi rumah berdasarkan ukuran luas bangunan. Jangan lupakan aspek-aspek penting lainnya dalam memilih rumah impian selain tipe rumah seperti lokasi dari rumah, spesifikasi bahan material bangunan rumah, hingga lingkungan sekitar dari rumah tersebut.


Itulah berbagai tipe rumah yang umumnya ada di Indonesia. Jadi, tipe rumah seperti apa yang paling pas dengan kebutuhanmu saat ini? Kalau kamu sudah menentukan tipe rumah yang tepat dan berdomisili di Jakarta, untuk urusan desainnya serahkan saja kepada Dekoruma yang menyediakan jasa desain interior Jakarta. Desainnya menarik, efisien, dan bisa selesai dalam delapan minggu!

Selain itu, di Dekoruma kamu juga bisa menemukan aneka furnitur dan dekorasi kekinian. Dekoruma jual meja komputer, rak buku, tempat tidur, sofa, lampu hias, tirai, tempat tidur bayi, dan yang lainnya. Dekoruma juga jual Serta dan King Koil, merek kasur terkenal untuk menemanimu tidur. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!