Pada sebuah hunian, teras menjadi bagian yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Bagian rumah yang satu ini dapat menjadi area menyambut tamu, hingga alternatif tempat bersantai. Oleh karenanya, kamu perlu memperhatikan dengan seksama pemilihan model teras yang tepat sesuai dengan fungsi yang kamu inginkan.

Bagi kamu yang ingin memiliki teras rumah sederhana tapi tetap nyaman dan fungsional, coba deh simak beberapa teras rumah sederhana berikut ini. Meskipun sederhana, beberapa teras ini tetap bisa bikin tetangga takjub, lho!

Teras Rumah Sederhana dengan Aneka Tanaman

freshome.com

Teras rumah sederhana yang satu ini juga bisa bikin tetangga takjub atau bahkan mengadopsinya di rumah mereka. Kuncinya adalah penempatan aneka tanaman yang bisa bikin teras rumah sederhana terkesan teduh.

Pilih tanaman-tanaman kecil dalam pot yang nggak bikin teras rumah sederhana kamu malah terlihat kumuh dan kotor. Pilih juga desain pot yang seragam. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan tanaman gantung yang sekaligus bisa berfungsi menghalangi sinar matahari agar nggak langsung menyengat masuk ke teras rumah sederhana.

Teras Rumah Sederhana dengan Batu Alam

google.com

Nggak masalah kalau kamu cuma ingin bentuk teras yang simpel di rumahmu. Kamu bisa tetap membuat tetangga kagum dengan teras rumah milikmu asalkan desain dan pemilihan materialnya cocok dan sesuai. Misalnya batu alam sebagai material finishing teras.

Jangan khawatir teras rumah sederhana kamu jadi terkesan rumit! Cukup pilih batu alam dengan warna atau bentuk yang seragam untuk lantai dan fasad teras. Tambahkan juga aneka tanaman, seperti bunga keladi supaya teras rumahmu semakin terlihat menarik.

Teras Rumah Sederhana dengan Lantai Kayu yang Bikin Nyaman

pinterest.com

Teras rumah sederhana bukan berarti terbatas pada material yang apa adanya saja. Selain batu alam, kamu juga bisa memilih kayu sebagai material teras rumah sederhana kamu semakin nyaman. Kayu sebagai isolator yang cukup baik  dan pas banget digunakan sebagai material lantai teras rumah sederhana.

Cukup pasang kayu dengan pola memanjang sejajar. Pertahankan warna asli kayu dengan plitur atau pernis. Jika ingin mengecatnya, sebaiknya cukup gunakan satu warna polos yang netral saja, ya! Kamu juga bisa menggunakan furnitur seperti kursi kayu agar terlihat keharmonisan kayu pada terasmu.

Teras Rumah Sederhana Tanpa Atap

pinterest.com

Teras rumah sederhana nggak selamanya dibuat beratap karena terbatasnya lahan untuk membuat teras. Teras rumah sederhana sering dijadikan satu dengan taman rumah sebagai area terbuka hijau. Kebayang kan bersantai di teras dengan kesan asri seperti ini?

Cukup sediakan sedikit area lapang pada bagian taman yang dekat dengan bangunan rumah, lalu beri sedikit perkerasan pada bagian lantainya. Misalnya dengan menggunakan paving block atau bebatuan.

Teras Rumah Sederhana dengan Split Level

pinterest.com

Desain teras rumah sederhana juga bisa bermain dengan beda ketinggian alias membuat split level. Dengan begini, teras rumah sederhana nggak bakal keliahatan terlalu biasa. Split level pada teras juga bisa jadi solusi mengatasi keterbatasan lahan untuk membuat teras. Malahan kamu bisa membuat dua area teras rumah sederhana sekaligus jika menerapkan cara yang satu ini. Menarik bukan?

Nah, untuk tetap mempertahankan kesan sederhananya, tangga atau jalur penghubung lain antararea teras dengan ketinggian berbeda harus dibuat sesimpel mungkin. Penempatan perabotan di area teras rumah pun nggak perlu terlalu banyak, cukup meletakkan beberapa kursi teras atau kursi panjang dan satu meja yang cukup besar.

Kerennya Teras Rumah Sederhana dengan Sun Shading

houzz.com

Ornamen bangunan berupa sun shading bisa juga berfngsi sebagai elemen dekoratif untuk teras rumah sederhana. Cukup dengan menempatkan shading berdesain minimalis di bagian depan teras yang menghadap ke luar bangunan.

Selain bisa mempercantik teras rumah sederhana, hadirnya shading ini juga tentunya berfungsi menyamarkan pandangan dari area luar rumah agar tidak bisa langsung melihat dengan jelas ke area dalam rumah, sekaligus meminimalisir sengatan sinar matahari yang kadang terasa terlalu menyilaukan.


Bagaimana, tertarik membuat salah satu teras rumah sederhana di atas? Jangan lupa lengkapi juga teras rumah sederhana milikmu dengan furnitur dari Dekoruma, ya! Dekoruma jual kursi teras, coffee table, dan kursi malas yang siap membuat suasana terasmu jadi lebih hidup.

Kalau kamu sedang mencari kasur baru untuk hunianmu, Dekoruma jual Comforta, King Koil, dan Guhdo, merek kasur ternama yang punya kualitas terbaik serta harga yang kompetitif. Yuk, langsung saja cari di Dekoruma!