Meskipun saat mewujudkan desain arsitektur pada rumah impian kita akan dibantu oleh tenaga profesional dari arsitek, sebagai pemilik rumah tentu kamu akan terlibat dalam diskusi dan juga secara tak langsung ikut mengambil peran dalam mewujudkan desain arsitektur terbaik dan paling pas untuk rumah impianmu.

Untuk itu, penting untuk kamu memahami sedikit dasar-dasar dari desain arsitektur agar bisa mengkomunikasikan desain arsitektur yang kamu kehendaki dalam proses desain yang dilakukan arsitek professional. Apa saja prinsip dasar arsitektur? Simak jawabannya di artikel ini!

Proporsi Desain Arsitektur (Proportion)

Prinsip desain arsitektur terakhir adalah proporsi desain. Proporsi merupakan kesesuaian dimensi dari elemen arsitektur dengan lingkungan sekitar dan juga fungsi serta aspek arsitektural lainnya seperti lokasi, posisi, dan juga dimensi obyek lainnya. Ini berlaku pada semua desain arsitektur bangunan.

google.com

Prinsip desain arsitektur satu ini akan lebih mudah diterapkan, karena kamu bisa mengikuti standar umum yang sudah ditetapkan sehingga kamu bisa meminimalisir terjadinya proporsi yang nggak estetis pada desain arsitektur rumah impianmu.

Irama  (Accentuation & Rhythm)

Dalam desain arsitektur, yang dimaksud irama adalah penataan dari sebuah elemen yang harmonis. Elemen inipun bisa bervariasi mulai dari bentuk, warna, hingga perabot dan dekor ruangan.

Prinsip irama dalam desain arsitektur sendiri dibagi menjadi dua jenis irama. Pertama adalah irama statis. Dalam desain arsitektur, irama statis merupakan pengulangan dengan pola yang sama dan konsisten.

pixabay.com

Contohnya bisa seperti peletakkan kolom dengan jarak setiap 3 meter secara konsisten. Pengaplikasian lainnya bisa dalam bentuk pengaplikasian dekorasi hiasan dinding seperti bingkai foto dengan posisi dan jarak yang sama secara konsisten.

Prinsip desain arsitektur irama yang kedua adalah irama dinamis, di mana faktor penentu pengulangan irama bisa lebih dari satu aspek dan bervariasi. Dalam desain arsitektur, contoh dari pengaplikasian prinsip irama dinamis adalah pola warna pada fasad rumah atau fasad bangunan yang diselang-seling secara teratur dan konsisten. Contoh dalam warna misalnya coklat-putih-hijau. Penerapan lain dalam desain arsitektur bisa seperti penataan perabot kursi – meja – kursi – kursi – meja – kursi dan seterusnya.

Komposisi (Sequence)

pinterest.com

Komposisi atau sequence dalam desain arsitektur adalah penataan elemen secara keseluruhan agar alur menjadi lebih nyaman. Contoh penerapan komposisi pada desain arsitektur yang paling mudah dipahami adalah penataan denah komposisi ruang, seperti saat ingin menata interior ruang tamu.

Dalam desain arsitektur, setiap ruang umumnya terbagi menjadi tiga fungsi zona yaitu public, private, dan service. Zona public menyangkut fungsi-fungsi di mana ruang tersebut lebih mungkin digunakan oleh orang di luar dari anggota inti pengguna rumah seperti ruang tamu atau teras.

idesignarch.com

Zona private dalam desain arsitektur adalah zona di mana fungsinya secara eksklusif hanya diperuntukkan bagi keluarga inti penghuni rumah seperti kamar tidur. Sedangkan zona service merupakan area dimana fungsinya lebih diperuntukkan untuk kegiatan bersifat maintenance dan perawatan rumah seperti dapur, gudang, atau ruang laundry.

Setiap ruangan perlu diatur sesuai dengan alur zona dan fungsi ini. Seperti ruang tamu yang berada paling depan dan kamar tidur yang tidak berhadapan atau bersebelahan langsung dengan zona service seperti dapur.

Keseimbangan (Balance)

homeworlddesign.com

Desain arsitektur yang baik adalah desain yang seimbang. Untuk itulah prinsip dalam desain arsitektur  selanjutnya adalah balance. Keseimbangan dalam desain arsitektur sendiri dibagi menjadi dua.

Prinsip keseimbangan desain arsitektur adalah keseimbangan yang simetris. Menentukan komposisi keseimbangan yang simetris terbilang cukup mudah. Cukup imajinasikan terdapat garis pada bagian tengah-tengah objek arsitektur dan apakah kedua sisi memilik visual yang serupa atau seperti reflektif. Hal ini bisa berlaku dalam penataan perabot dan furnitur, dekorasi dinding, fasad, serta penataan denah bangunan.

dezeen.com

Selain desain arsitektur yang simetris, keseimbangan juga bisa dicapai dengan komposisi desain arsitektur asimetris, di mana penataan sengaja dibentuk tak seimbang dengan menitikberatkan kontras pada salah satu titik atau sisi  dalam ruang. Prinsip desain arsitektur asimetris terbilang cukup beresiko karena diperlukan sense of art yang tinggi untuk bisa membuat komposisi desain arsitektur asimetris yang terlihat estetis dan baik.

Point of Interest atau Contrast

google.com

Prinsip desain arsitektur satu ini juga  sering disebut sebagai focal point. Sederhananya, prinsip desain arsitektur ini adalah membuat sebuah elemen kontras yang menjadi perhatian utama dari sebuah desain. Baik itu dalam interior maupun secara arsitektural.

Ada banyak cara mengimplementasikan prinsip ini pada desain arsitektur rumah ataupun interiormu. Berbagai elemen mulai dari bentuk, warna, ukuran, posisi, hingga tekstur ataupun visual. Contoh penerapan sederhananya adalah penggunaan sofa unik berwarna mencolok seperti merah atau kuning di tengah-tengah ruangan yang didominasi warna putih.

Contoh lain pengaplikasian prinsip desain arsitektur ini dalam hal bentuk adalah dengan membuat desain jendela unik dengan bentuk persegi panjang di antara rangkaian jendela dengan bentuk melingkar.

Skala (Scale)

history.com

Pernahkah kamu memasuki ruangan yang sangat luas namun memiliki tinggi langit-langit yang sangat rendah? Ruang-ruang seperti  ini bisa memberikan suasana dan kesan tersendiri seperti rasa tertekan atau pengap. Hal inilah yang membuat pemahaman skala sangat penting untuk menghadirkan desain arsitektur yang baik.

Skala adalah perbandingan dari ruang atau bangunan dengan lingkungan atau elemen arsitektural lainnya. Pada dasarnya, skala pada desain arsitektur tak ada aturan khusus karena skala bisa disesuaikan dengan nuansa atau kesan yang diinginkan.

Misalkan untuk mendapatkan kesan megah, kamu bisa membuat ruangan dengan tinggi yang lebih tinggi daripada ruang lainnya atau standar pada umumnya.

Kesatuan Desain (Unity)

wikimedia.org

Desain arsitektur bisa saja bermacam-macam, namun bagaimana berbagai elemen arsitektural tersebut bisa terlihat harmonis saat disatukan menjadi sebuah produk desain arsitektur? Saat itulah dibutuhkan prinsip kesatuan dalam desain atau unity dalam merancang sebuah produk.

Memberikan keserasian pada setiap unsur dalam desain arsitektur bisa dilakukan dengan berbagai hal seperti dengan penggunaan warna, bentuk, pola, material hingga gaya spesifik desain.

hatchdesign.ca

Misalkan kamu memiliki berbagai jenis kursi dengan gaya desain yang berbeda-beda pada ruang makan, dengan memberikan elemen khusus, misalnya bantal, dengan warna yang sama sebagai warna dominan. Komposisi dari susunan kursi tersebut kini akan terlihat lebih harmonis.

Contoh penerapan lain dari prinsip ini dalam desain arsitektur adalah dengan penggunaan bentuk yang sama. Misalkan saja kamu menata berbagai jenis foto dalam bingkai dengan berbagai ukuran dan warna. Berikan bentuk bingkai persegi yang sama makan komposisi pajangan bingkai foto milikmu akan terlihat lebih menyatu secara keseluruhan.


Dengan mengadaptasi tujuh prinsip dasar dalam desain arsitektur, mewujudkan rumah impian bukan lagi hal yang mustahil. Kalau masih bingung, kamu juga bisa berkonsultasi dengan jasa desain interior, seperti Dekoruma. Di Dekoruma, kamu bisa memilih dan menentukan sendiri desain dan interior impianmu, seperti desain interior rumah 1 kamar tidur, interior kamar tidur, hingga interior dapur.

Selain jasa desain interior, kamu juga bisa menemukan aneka furnitur untuk melengkapi hunianmu, lho! Dekoruma jual kursi makan, sofa, jual kursi kantor, tempat tidur, lemari, penyimpanan kantor, dan masih banyak lagi. Dekoruma juga jual King Koilbrand kasur ternama yang punya kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

Tak hanya sampai di situ saja, Dekoruma juga menyediakan aneka properti di berbagai daerah yang strategis dan sedang berkembang, seperti rumah dijual di BSD, rumah baru di Jakarta Timur, atau apartemen di Jakarta Barat. Dengan demikian, kamu bisa memilih hunian sesuai kebutuhan dan domisilimu. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!