Bagi sebagian orang, kehadiran ruang santai dalam rumah sangat penting sebagai ruang pelepasan kepenatan serta untuk menikmati hobi atau kegiatan yang bersifat personal. Fungsi, bentuk, dan desain dari ruang santai sendiri bisa sangat bervariasi tergantung pemiliki rumah hingga jenis aktivitas apa yang dilakukan di ruang santai tersebut.

Masih kebingungan akan ruang santai seperti apa yang kira-kira paling pas untuk rumah impian? Intip berbagai inspirasi desain ruang santai terbaik berikut yang bisa kamu contek untuk ciptakan ruang santai impianmu!

1. Perpustakaan Mini sebagai Ruang Santai

Salah satu aktivitas paling pas untuk bersantai bagi sebagian orang adalah dengan membaca buku. Nggak heran banyak yang menjadikan perpustakaan sebagai ruang santai favorit di rumah. Cukup buat lemari buku untuk mengisi sisi dinding dan sebuah sofa santai yang nyaman digunakan untuk aktivitas membaca.

pinterest.com

Jika kamu ingin mewujudkan ruang santai berupa perpustakaan mini seperti ini, yang perlu kamu perhatikan adalah pencahayaan ruangan tersebut. Pencahayaan yang nggak baik pada ruang santai tentu akan membuat aktivitas membaca menjadi nggak nyaman. Selain menata lampu, memilih watt lampu yang tepat, dan juga jendela yang pas, salah satu trik lain yang bisa kamu gunakan untuk membuat ruang santai menjadi lebih terang adalah menggunakan warna putih pada kursi maupun rak buku.

Apabila kamu kesulitan mengaplikasikan desain ini dan tidak memiliki budget yang banyak, cobalah untuk mencari jasa desain interior murah, seperti Dekoruma. Harga ramah, hasilnya pun menyenangkan!

2. Ruang Santai di Loteng

adorable-home.com

Pilihan alternatif ruang santai untuk kamu yang memiliki lahan terbatas lainnya adalah dengan memanfaatkan loteng atau ruang di atas langit-langit rumah sebagai ruang santai tambahan.

Hal-hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin menyulap loteng menjadi ruang santai adalah penataan sirkulasi udara yang baik karena ruang santai di loteng tentu memiliki atmosfer udara yang lebih pengap dan terkadang juga temperatur yang lebih tinggi.  Jangan sampai kamu malah nggak nyaman untuk bersantai di ruang santai milikmu sendiri karena udara yang pengap dan panas. Makanya, keberadaan ventilasi rumah sangat penting untuk ruang santai di loteng.

Gunakan furnitur yang sesuai dengan lokasi ruangan. Sebagai contoh, gunakan kursi malas, sofa, dan karpet yang bahannya nyaman tapi tidak mudah lembap. Warnanya pun bisa kamu sesuaikan dengan konsep ruang santai yang ingin kamu realisasikan.

3. Desain Ruang Santai Klasik

homedesignlover.com

Nggak mau ribet dengan desain ruang santai yang berlebihan? Desain ruang santai klasik yang sederhana bisa jadi pilihanmu. Kombinasi coffee table klasik dan kursi goyang yang kokoh bisa menjadi pilihan yang sangat pas untuk menenangkan diri sembari melepas kepenatan.

Di ruang santai seperti ini, kamu bisa melakukan banyak aktivitas santai mulai dari sekedar menyeruput teh atau kopi favorit hingga membaca buku dan majalah. Kamu juga bisa menambahkan beberapa perabot pelengkap sesuai dengan aktivitas santaimu seperti rak buku-buku hingga rak TV. Sederhana, namun sangat nyaman untuk dijadikan ruang santai

4. Ruang Santai Terbuka

home-designing.com

Inspirasi ruang santai berikutnya pas untuk kamu yang suka menghirup udara segar sambil bersantai dibanding terkukung di dalam ruangan. Untuk menciptakan nuansa ruang santai yang terbuka, kamu bisa menggunakan ruang teras, area balkon, ataupun halaman belakangmu sebagai alternatif ruang santai.

Dengan atmosfer yang terbuka, tentu ruang santai ini akan membantumu menghilangkan stres setelah seharian beraktivitas. Trik lain untuk memiliki ruang santai yang bernuansa terbuka adalah dengan memberikan ruang santaimu bukaan atau jendela yang lebar dan bisa dibuka. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan kesan outdoor meskipun ruang santaimu merupakan ruang indoor.

5. Ruang Santai Bawah Tangga

houzz.com

Ingin memiliki ruang santai namun ruangan yang kamu miliki di rumah terbatas? Siasati hal tersebut dengan memanfaatkan ruang-ruang sisa yang ada di rumah seperti ruang bawah tangga. Dengan desain dan kreativitas lebih, kamu bisa menyulap ruang bawah tangga menjadi ruang baca kecil yang sangat nyaman digunakan untuk sekedar bersantai.

 

6. Galeri Ruang Santai yang Artsy

Salah satu aktivitas yang dipercaya mampu menyegarkan pikiran dan juga melepaskan stres adalah aktivitas yang berkaitan dengan seni. Baik itu sekedar menikmati hasil karya seni ataupun membuat karya seni, kedua aktivitas ini bisa banget kamu hadirkan ke dalam ruang santai yang ada di rumahmu.

vwartclub.com

Sulap ruang santai menjadi galeri seni dengan memajang beberapa karya seni yang kamu sukai. seperti kolase bingkai foto atau pajangan lukisan. Berikan juga ruang lebih yang bisa kamu gunakan untuk melukis, membuat kerajinan tangan, membentuk tembikar, atau kegiatan seni lain yang kamu gemari.

7. Sulap Atap menjadi Ruang Santai

decorpad.com

Siapa sangka atap rumah bisa menjadi tempat untuk bersantai yang menyenangkan? Sama halnya dengan ruang santai yang terbuka, atmosfer yang akan kamu dapat dari ruang santai yang berada di atap tentunya akan berbeda dibanding ruang santai indoor. Pastikan juga kamu menggunakan perabot atau funitur yang memang diperuntukkan untuk ruang outdoor agar ruang santaimu jadi lebih awet dan nggak mudah rusak karena paparan sinar matahari langsung dan hujan.

8. Ruang Santai Akuarium

Salah satu manfaat memiliki akuarium ikan di dalam rumah bukan hanya memberikan efek visual yang menambah estetika dan kesegaran rumah, tetapi juga bisa membantu menghilangkan beban pikiran bagi siapa pun yang memandangnya.

loversiq.com

Jadi, bukan pilihan yang salah untuk menjadikan akuarium sebagai salah satu elemen utama dari ruang santai milikmu. Apalagi, jika kamu memang merupakan penggemar hewan terutama ikan-ikan hias. Kamu bisa membuat akurium yang tertanam di dinding atau akuarium yang berada di atas meja untuk budget yang lebih rendah dan perawatan yang lebih mudah. Psst, akuarium juga bisa jadi penyekat ruangan untuk memisahkan dua fungsi ruang, lho!

9. Ruang Santai Taman Outdoor

pinterest.com

Jika kamu memiliki taman yang luas dan juga indah, jangan ragu untuk menjadikannya sebagai alternatif menghadirkan ruang santai. Ruang santai outdoor yang berada di tengah-tengah taman akan memberikan nuansa lebih segar ketika bersantai. Kamu bisa melengkapinya dengan kursi teras atau kursi lesehan.

Kehadiran berbagai jenis tanaman-tanaman hijau dan bunga-bunga hias bisa membantumu meringankan beban pikiran yang kamu miliki. Nggak cuma sekedar membaca atau menikmati kopi, ruang santai outdoor seperti ini memungkinkanmu melakukan banyak aktivitas lain yang mungkin sulit untuk dilakukan di dalam rumah seperti bercocok tanam, melukis, hingga menikmati BBQ bersama para sahabat.


Ruang santai merupakan ruang yang sangat personal. Kamu bisa mengeksplorasi apapun untuk mewujudkan desain ruang santai terbaik yang paling pas supaya ruang santaimu makin sempurna.

Lengkapi ruang santai dengan berbagai barang dari Dekoruma. Dekoruma jual furnitur, dekorasi interior, dan alat rumah tangga yang bisa didapatkan dengan mudah secara online.

Kamu juga bisa menemukan kasur baru untuk kamu pakai di kamar tidur. Dekoruma jual kasur Alga, Airland, dan Comforta. Sudah siap wujudkan ruang santai impian terbaikmu?