Kelas merupakan tempat di mana anak-anak belajar, berinteraksi dengan teman-teman mereka, dan berkreasi. Di kelas, terutama untuk anak-anak di usia pra-sekolah, anak-anak didorong untuk terus berkarya. Oleh karena itu, diperlukan lingkungan yang bisa mendukung produktivitas mereka. Melakukan dekorasi kelas adalah salah satu cara menciptakan lingkungan yang ramah anak.

pinterest.com

Yang terpenting dalam mendekorasi kelas adalah anak-anak juga ikut terlibat di dalamnya. Dengan mendekorasi kelas mereka sendiri, mereka merasa jadi bagian dari ruangan tersebut dan makin semangat untuk belajar. Kali ini, Kania akan berbagi inspirasi mengenai ide-ide dekorasi kelas yang sangat kreatif. Kamu bisa mengajak anak-anak atau murid-muridmu untuk mencoba dekorasi kelas berikut ini!

1. Dekorasi Kelas Bertema Karnival

pinterest.com

Kesan ceria adalah kesan yang paling ingin ditonjolkan dalam dekorasi kelas. Pemilihan warna terang yang mencolok adalah salah satu upaya untuk menghidupkan nuansa ceria. Seperti perpaduan warna-warna pada dekorasi kelas bertema karnival ini, warna yang mendominasi adalah warna-warna terang seperti merah, biru muda, dan kuning. Uniknya, warna-warna ini dipaduakan dengan warna sekunder yaitu warna hitam.

bloglovin.com

Melalui dekorasi kelas bertema karnival ini, kelas diubah menjadi sebuah tempat sirkus klasik. Ciri desain vintage terasa sangat kuat dari pemakaian wallpaper atau wall covering merah bergaris vertikal di sekeliling ruang kelas. Dekorasi berupa lentera berwarna biru muda, kuning, dan merah menggantung di atas tiap-tiap meja di kelas.

Warna-warna pada lentera juga diterapkan pada boks-boks di bagian area penyimpanan. Boks-boks berupa container plastik telah disusun teratur untuk memudahkan anak-anak mengambil dan menyimpan barang-barang.

bloglovin.com

Terdapat gambar komedi putar dan tenda sirkus di bagian atas jendela kelas, diikuti dengan bendera-bendera segitiga yang tergantung dari satu jendela ke jendela lainnya. Pada sisi samping kelas, terdapat area pantry kecil, di bagian ini, dekorasi kelas bernuansa karnival semakin terasa kental berkat dekorasi berupa huruf-huruf bertuliskan “cafe” yang ditempel pada rak-rak dinding. Bagian pantry akan terlihat makin atraktif bila jam dinding diganti dengan jam dinding unik.

2. Dominasi Warna Hitam-Putih untuk Dekorasi Kelas

pinterest.com

Ruang kelas ini merupakan ruang kelas yang memiliki fasilitas lengkap, terdapat ruang belajar, ruang bermain dan berkumpul, perpustakaan mini, pantry, dan area kerja guru. Semua ruang terhubung tanpa sekat, sehingga anak-anak pun lebih mudah bergerak.

Pada awalnya, ruang kelas ini didesain dengan dominasi warna hitam dan putih. Dekorasi kelas yang diterapkan pada ruang kelas ini menggunakan pernak-pernik dekor yang berwarna terang sebagai kontras dari warna putih dan hitam.

schoolgirlstyle.com

Pernak-pernik yang dijadikan sebagai dekorasi kelas di antaranya adalah bendera segitiga yang diwarnai dengan cat air dan bunga-bunga dari kertas. Ada juga beberapa furnitur tambahan warna-warni, yaitu sofa empuk dan kursi duduk yang ditempatkan pada area perpustakaan mini. Kamu juga bisa menambahkan rak buku tambahan yang bisa digunakan untuk melengkapi perpustakaan mini pada ruang kelasmu.

Kreatifnya terdapat rumbai-rumbai beraneka warna menggantung di bagian depan meja kantor guru-guru. Kamu bisa membuat rumbai-rumbai gantung tersebut dari kertas krep dan kertas tisu. Dalam dekorasi kelas ini, perpaduan warna-warna ceria ke dalam ruang yang awalnya monoton benar-benar membuat suasana kelas lebih hidup!

schoolgirlstyle.com 

Di sudut kelas, terdapat area berkumpul yang masih kental dengan penggunaan warna hitam dan putih. Dekorasi kelas yang meriah pada bagian ini terlihat dari tumpukan lampion yang disusun menggantung bersama rantai kertas yang berwarna-warni.

Pada bagian dinding dan jendela atas, dipasang kertas karton dengan gambar bingkai foto yang bertuliskan nama dari murid-murid di kelas tersebut. Di dalam bingkai yang kosong itu, mereka nantinya bisa bebas menggambar wajah mereka sendiri.

3. Konsep Kemah Pada Dekorasi Area Baca

google.com

Agar anak-anak semakin tertarik dan betah lama-lama membaca di ruang kelas, dekorasi kelas dengan tema outdoor bisa di terapkan pada area membaca. Dekorasi kelas yang satu ini. Selain menggunakan furnitur kursi lesehan, sofa, dan karpet bermotif, ditempatkan juga sebuah tenda kamping yang nyaman. Di atas tenda, dipasang sebuah dekorasi berupa dua helai daun yang sangat lebar, seperti sebuah pohon rindang yang memayungi tenda tersebut.

google.com

Pada di dinding area membaca, ada sebuah papan polkadot yang dihiasi kipas-kipas kertas berwarna hijau. Pada papan buletin tersebut dipasang flyer tentang peraturan di area membaca. Flyer tersebut didesain seola-olah seperti sebuah peraturan berkemah di tengah hutan.

Sebuah balon api juga melengkapi konsep dekorasi kelas ini, seolah-olah seperti ada api unggun di depan tenda kemah tersebut. Dengan tema yang playful seperti ini, anak-anak akan semakin senang menghabiskan waktu di area membaca. Selain itu, konsep dekorasi kelas seperti ini juga mudah untuk diterapkan.

4. Membaca Seru di Area Perpustakaan Bawah Laut

google.com

Tema lain yang bisa digunakan untuk dekorasi kelas adalah tema perpustakaan bawah laut. Lucu ya, bisa membaca di bawah laut?

Karena temanya berhubungan dengan lautan, dominasi warna yang digunakan pun adalah warna biru. Warna-warna lain, seperti warna ungu, hijau, dan kuning juga bisa memeriahkan tema bawah laut ini. Warna-warna ini mewakili vegetasi dan fauna bawah laut.

google.com

Pada dekorasi kelas bertema bawah laut ini, visual laut dibuat dari art paper dengan tiga warna yang berbeda, biru tua, biru muda, dan ungu, lalu dibuat ketiganya untuk saling menggulung. Pada rangkaian gulungan art paper tersebut ditempelkan  boneka-boneka biota bawah laut, seperti ikan, kepiting, dan gurita.

Elemen-elemen dekorasi kelas yang lain seperti bola pantai, ember berisi hiasan tanaman laut juga ada untuk menyempurnakan tema bawah laut. Tada! anak-anak pun siap membaca sambil menyelam di perpustakaan bawah laut ini.

6.  Dekorasi Kelas Bertema Polkadot Warna-warni

pinterest.com

Selanjutnya adalah dekorasi kelas bertema polkadot yang berwarna-warni. Pernak-pernik dekorasinya berupa balon-balon berwarna putih, pita-pita warna-warni, huruf dan lingkaran berwarna-warni yang dibuat dari kertas lipat. Pada tema dekorasi kelas ini, motif polkadot menjadi elemen dekorasi kelas yang utama. Motif ini menghiasi setiap sudut kelas, mulai dari dinding, meja, papan tulis, dan juga pada balon-balon putih.

schoolgirlstyle.com

Pada dekorasi kelas ini, bergam warna sengaja digunakan untuk materi belajar anak, karena dalam mendekorasi kelas, kamu pun bisa sambil mengajarkan mereka bagaimana caranya mengorganisir barang-barang. Dalam hal ini, anak-anak jadi bisa merapikan barang sesuai dengan warna yang sama.

5. Dekorasi Kelas Bertema Mekanik

Yang terakhir adalah dekorasi kelas yang bertema mekanik. Tampilan warna-warni juga masih diperlihatkan pada dekorasi kelas ini. Bedanya, pada dekorasi kelas ini, banyak pernak-pernik dekorasinya adalah alat-alat mekanik, seperti roda bergigi (gear), baut, dan ring.

Untuk hiasan roda bergigi, semuanya dapat dibuat sendiri menggunakan kertas lipat dan karton. Bentuk roda bergigi bisa dibuat dengan menggunting kertasnya atau melipat kertasnya seperti saat membuat kipas.

google.com

Tema dekorasi kelas seperti ini cocok untuk kelas yang mempelajari bangun ruang, yaitu kelas-kelas yang memiliki alat-alat peraga atau mainan interaktif seperti lego dan balok. Mainan dan alat-alat tulis yang ada juga bisa digunakan sebagai bagian dari dekorasi kelas, melalui warna-warna yang dipilih sesuai dengan color palette ruangan dan kotak penyimpanan yang unik.

Sebenarnya dengan mencoba mendekorasi kelas, kamu juga bisa mengatur penyimpanan barang-barang sekaligus. Yang peting, jangan sampai saat menerapkan konsep dekorasi kelas anak-anak jadi sulit berkonsentrasi karena dekorasinya yang terlalu meriah.

pinterest.com

Bagaimana, lucu-lucu dan kreatif sekali kan dekorasi kelas di atas. Dekorasi kelas yang mana, yang menurutmu bisa kamu coba terapkan bersama murid-muridmu di sekolah? Kalau ingin mengetahui lebih banyak tentang dekorasi rumah dan desain interior, kamu bisa membaca artikel-artikel dari Kania yang lain, hanya di Dekoruma! Dekoruma juga jual meja belajar untuk melengkapi ruang kelasmu.

Tak hanya untuk ruang kelas saja, tapi di Dekoruma juga ada aneka furnitur untuk hunianmu, lho! Dekoruma jual lemari pakaian, meja rias, kursi makan, hingga lemari dapur. Lengkap banget, ‘kan? Yuk, langsung saja cek laman Dekoruma!