Ragam Ide Dekorasi Natal untuk Meriahkan Suasana Rumah

Tidak afdal rasanya menyambut suasana natal tanpa dekorasi natal yang tepat. Di mana pun kamu berada, dekorasi natal memang selalu punya efek hangat sekaligus ceria yang tidak pernah gagal membuat siapapun tersenyum saat melihatnya.

Untuk kalian yang setiap tahun merayakan natal, ada baiknya mempersiapkan dekorasi natal untuk menyemarakkan suasana natal di rumah. Jangan lupa untuk selalu memilih dekorasi natal yang berkualitas supaya awet, tahan disimpan dan selalu tampak cantik saat digunakan. Siap untuk melihat 9 dekorasi natal cantik yang wajib kamu miliki?

1. Lampu Natal

Dimulai dari dekorasi natal yang paling dasar yaitu lampu natal. Kerlap kerlip lampu natal identik dengan kehangatan dan keceriaan Natal. Kania sarankan agar kalian memiliki beberapa untaian lampu natal lengkap dengan kabelnya dalam ukuran yang berbeda- beda.

unsplash.com/@jeztimms

Dekorasi natal berupa untaian lampu natal yang panjang bukan saja cocok untuk mendekorasi rumah, tetapi juga ideal untuk menambah keindahan di titik-titik tertentu, misalnya kusen jendela, rak buku, dan kabinet. Supaya hemat energi, gunakanlah lampu natal LED. Lampu-lampu LED biasanya jauh lebih hemat energi dan tahan lama.

2. Pohon Natal

dekoruma.com

Tidak perduli berapa besar atau kecil pohon natal milikmu, dekorasi natal ini akan menjadi pusat perhatian sekeluarga saat natal. Berbeda dengan tradisi natal di luar negeri yang bisa memilih pohon natal asli, dekorasi natal berupa pohon natal di negara Asia harus cukup puas dengan tanaman pohon natal artifisial seperti dari plastik atau kayu buatan.

Dekorasi natal ini sudah banyak tersedia dalam berbagai ukuran, bahan, dan kualitas yang bisa kamu pilih. Bahkan kamu juga bisa menciptakan sendiri pohon natal anti-mainstream dengan rekayasa ranting, buku atau bahan-bahan unik.

3. Ornamen Natal

dekoruma.com

Untuk melengkapi pohon natal, ornamen hiasan seasonal natal menjadi dekorasi wajib di momen spesial ini. Koleksi ornamen natal tiap keluarga juga bervariasi. Umumnya dekorasi natal yang satu ini berupa miniatur hewan-hewan khas natal, Santa Claus, dan gantungan bola-bola natal warna-warni. Ornamen Natal biasanya terus bertambah setiap tahunnya. Oleh karena itu, jangan memaksakan seluruh dekorasi natal sekaligus.

4. Dekorasi Garland

Garland adalah dekorasi natal yang berbentuk untaian dedaunan dalam berbagai variasi. Umumnya dekorasi natal garland tampil dalam bentuk jarum ataupun pinus yang mekar dan lebat berwarna hijau.

unsplash.com/@arunkuchibhotla

Kecantikan dekorasi natal garland sendiri memang ampuh untuk menciptakan suasana harmonis di dalam rumah. Bentuknya yang mudah ditata menjadikannya dekorasi natal favorit bagi setiap rumah.

5. Wreath (Rangkaian Bunga)

goodhousekeeping.com

Berbentuk rangkaian bunga yang disusun membentuk lingkaran manis, dekorasi natal wreath sering tampil menghiasi dinding atau pintu rumah sebagai simbol Natal telah tiba.

Supaya rumah tampil matching di kala natal, jangan lupa untuk mencocokkan dekorasi natal garland dengan wreath yang kalian miliki, terutama dedaunan yang digunakan. Percantik dengan sebuah pita merah menyala, dekorasi natal ini dijamin akan menghangatkan suasana!

6. Stoking Natal

amazon.com

Natal memang tidak pernah jauh dari bingkisan kado dan acara tukar hadiah antar anggota keluarga. Sejarahnya, Santa Claus akan turun ke setiap rumah dan memenuhi stoking natal dengan hadiah-hadiah yang dibawanya. Tradisi ini pun memunculkan dekorasi stoking natal dalam berbagai kreasi yang imut, cantik, dan menggemaskan.

Stoking natal biasa digantung secara strategis di dalam rumah berdekatan dengan pohon natal. Kamu bebas boleh menggantung dekorasi natal ini di daerah tangga, di dinding, atau kabinet.

7. Lilin

flawssy.com

Lilin natal kerap dianggap sebagai simbol cahaya dan harapan yang lebih baik. Tidak heran kalau dekorasi natal ini wajib hadir menghiasi rumahmu. Sebagai solusi dari lilin natal biasa, kamu bisa memilih dekorasi natal berupa lilin elektronik yang praktis dan efisien.

Lilin elektronik memang sedikit lebih mahal daripada lilin biasa, tetapi tahan dipakai bertahun-tahun lamanya. Supaya suasana rumah lebih cantik, lilin dekorasi natal bisa ditaruh di dalam sangkar burung berukuran kecil. Hasilnya pasti keren dan artistik!

8. Lentera Natal

aliexpress.com

Hampir sama dengan lilin, lentera natal punya makna ‘cahaya dalam kegelapan’ yang menjadikan nuansa Natal begitu spesial. Lentera natal dengan bola lampu sudah menjadi dekorasi natal modern yang lebih praktis dan tidak berbahaya. Lentera natal bisa digantung secara leluasa, ditempatkan di dekat jendela, atau ditaruh di depan pintu rumah secara berpasangan.

9. Bingkisan Kado

unsplash.com/@freestocks

Siapkan beberapa kardus atau kotak kecil yang bisa kamu bungkus dengan berbagai kertas kado yang indah. Tak lupa, tambahkan dengan sebuah pita di atasnya untuk sentuhan akhir yang semakin cantik.

Umumnya dekorasi natal yang satu ini sering diletakkan di bawah pohon natal untuk menyemarakkan suasana, tapi kamu boleh meletakkannya secara acak di berbagai sudut ruangan atau di dalam rak buku atau rak display. Kania yakin, kehadiran dekorasi natal ala DIY ini akan membuat suasana semakin hangat dan ekstra ceria!

Dekorasi natal apa yang menjadi favoritmu? Jangan lupa, kamu bisa lho menemukan dekorasi natal terfavorit dan artikel menarik lainnya di Dekoruma. Selain dekorasi, Dekoruma juga jual meja makan, sofa, lemari pakaian, hingga kasur dari merek-merek ternama, seperti kasur Serta dan King Koil. Tunggu apa lagi? Yuk, cari semua kebutuhan rumahmu di Dekoruma selamat mendekorasi!