Hari pernikahan selalu jadi momen yang ditunggu-ditunggu oleh setiap pasangan yang akan menikah. Momen tersebut sangatlah berharga bagi kamu dan pasangan. Oleh karenanya, pasti kamu akan mempersiapkan hari pernikahanmu dengan sangat matang. Satu hal yang terpenting untuk tampilan hari pernikahamu adalah dekorasi pernikahan. Dari dekorasi pernikahan akan tergambar konsep dari pernikahamu.

Kamu dapat membuat hari pernikahanmu menjadi semakin spesial dengan memilih konsep atau tema dekorasi pernikahan yang berbeda dan sedikit nyentrik. Kali ini, Kania telah merangkum inspirasi dekorasi pernikahan yang menghiasi acara pernikahannya para hipster, sebutan untuk orang-orang yang anti-mainstream. Melalui 6 Dekorasi pernikahan ini, dijamin acara prosesi dan resepsi pernikahanmu jadi lain dari yang lain!

 1. Dekorasi Pernikahan di Dalam Gudang

californiaweddingday.com

Yang paling menentukan dari sebuah dekorasi pernikahan adalah tempat atau lokasi dari pernikahan tersebut. Nggak harus menyewa gedung-gedung mahal yang berharga puluhan juta, kamu bisa menyulap sebuah tempat yang tidak umum dijadikan lokasi pernikahan—seperti gudang di perkebunan atau aula stadium olahraga—jadi sebuah tempat yang cantik melalui dekorasi pernikahan kreatif.

californiaweddingday.com

Pada dekorasi pernikahan untuk acara yang diadakan di dalam gudang, elemen utama yang menghidupkan suasana adalah lampu-lampu tumblr atau fairy lights yang menggantung di sepanjang langit-langit gudang yang terbuka. Warna kuning fairy lights memberikan efek hangat yang berpadu dengan elemen kayu dan batu alam yang terdapat di gudang tersebut.

Untuk dekorasi stand makanan dan kue, kamu bisa menerapkan konsep shabby chic, menggabungkan  perabot vintage atau klasik seperti vas antik dan chandelier (lampu gantung) dengan pernak-pernik bergaya bohemian seperti tirai dan rangkaian bunga.

californiaweddingday.com

Bagi kamu dan pasangan yang suka travelling, kamu bisa menambahkan beberapa properti unik sebagai dekorasi tambahan, seperti papan penunjuk jalan, bola dunia, koper vintage, dan dream catcher. Pada dekorasi pernikahan ini, warna-warna rustic dan earthy tone dipilih agar pernikahan yang dilangsungkan seola-olah bersahabat dan menyatu dengan alam. Wah, ternyata bukan hanya dengan pasangan, dengan alam juga romantis, ya.

2. Dekorasi Pernikahan Yang Santai Seperti di Kafe

greenweddingshoes.com

Pilihan tempat lain yang bisa kamu terapkan untuk hari pernikahanmu adalah kafe atau galeri seni. Para hipster sangat menyukai konsep pernikahan yang simpel tapi menyenangkan dan momen pernikahan bisa dibagi bersama keluarga dan orang-orang terdekat.

Pemilihan tempat seperti interior kafe atau galeri seni, selain menunjukan karakter mereka sebagai penikmat seni, juga mendukung tema dekorasi pernikahan yang intimate. Mereka tidak terlalu suka dengan acara pernikahan yang mengundang banyak orang dan terkesan bermewah-mewahan.

greenweddingshoes.com

Desain kafe bergaya industrialis dengan bata ekspos sebagai elemen utamanya ini dipercantik dengan dekorasi pernikahan yang nyentrik, seperti piringan hitam dan tanaman kaktus. Kumpulan piringan hitam dipasang memanjang di lantai untuk mengawal prosesi pernikahan yang akan dilangsungkan.

Kamu dan pasangan yang suka musik bisa mencontoh dekorasi ini.  Para tamu yang hadir menyaksikan prosesi pernikahan pun bisa duduk di peti-peti harta karun yang dialih fungsikan sebagai alas duduk.

greenweddingshoes.com

Kaktus-kaktus mini, tanaman herbal, dan kerikil ditempatkan di tengah-tengah meja sebagai dekorasi meja makan untuk para tamu. Benar-benar sebuah perpaduan dekorasi pernikahan yang unik. Kamu bisa mendapatkan kesan intim yang hangat, industrialis yang modern, dan alam tropis yang nyetrik sekaligus dalam satu waktu.

3. Dekorasi Pernikahan Bertema Nautikal

brit.co

Meskipun para hipster suka dengan dekorasi pernikahan yang simpel dan intimate, bukan berarti mereka tidak menyukai konsep dekorasi pernikahan yang tematik dan penuh warna. Sebagian dari mereka juga merupakan orang-orang yang  berani dalam berekspresi. Mereka tidak peduli kata orang, yang penting mereka bisa menyalurkan kreativitas mereka lewat dekorasi pernikahan yang meriah dan atraktif.

brit.co

Untuk kamu dan pasangan yang sedang mencari inspirasi dekorasi pernikahan yang berwarna ceria dan manis, kamu bisa mencoba dekorasi yang satu ini. Perpaduan warna palet dari dekorasi pernikahan bergaya nautikal  seperti warna hijau, oranye, dan putih adalah warna-warna yang terinspirasi dari film kartun The Little Mermaid, si putri duyung dari Disney.

brit.co

Bukan hanya warna-warnanya saja yang bernuansa laut, tetapi juga aksesoris dekor dan bentuk-bentuk kue di acara pernikahan yang bertemakan benda-benda yang ada di pantai dan laut, seperti macaroon dan cupcake berbentuk kerang, piring seperti kulit terumbu, dan bintang laut.

Inilah saatnya untuk kamu mengganti kue pernikahan bertingkat dengan kue berbentuk sirip putri duyung! Dekorasi pernikahan seperti ini pas untuk kamu yang akan menyelenggarakan acara pernikahan dengan konsep outdoor di pantai.

4. Dekorasi Pernikahan Dengan Gerobak Es Krim

greenweddingshoes.com

Sebagian hipster nekat menyewa tukang es krim jalanan untuk memeriahkan acara pernikahan mereka. Mereka juga tidak segan memborong tukang es krim bersama gerobaknya langsung ke lokasi pernikahan. Mereka ingin pernikahan mereka terlihat se-realistis mungkin. Dengan adanya gerobak es krim berdesain pop art warna-warni ini, dekorasi pernikahan jadi seperti sebuah pasar malam atau taman hiburan.

greenweddingshoes.com

5. DIY Dekorasi Pelaminan Dari Batang Pohon

Bagi para hipster, ikut mendekorasi atau setidaknya membuat salah satu elemen dekorasi pernikahan mereka sendiri merupakan sebuah keharusan. Mereka sangat suka berkreasi dan memasukan taste personal mereka ke dalam dekorasi pernikahan. Misalnya rangkaian bunga, souvenir pernikahan buatan tangan, hiasan di meja makan dan counter makanan, serta dekorasi untuk pelaminan.

yahoo.com

Dekorasi pernikahan yang satu ini misalnya. Pasangan hipster asal Australia ini mendekorasi area pelaminannya sendiri dari susunan batang pohon. Dekorasi pernikahan mereka yang terlihat ala kadarnya, apalagi dilangsungkan di tengah hutan, bukan di kebun atau taman. Rangkaian bungan pada dekorasi pelaminan pun mereka rangkai sendiri, langsung petik dari bunga-bunga yang tumbuh di dalam hutan. Hasilnya? Dekorasi pelaminan yang eksotis!

yahoo.com

6. Dekorasi Pernikahan Dengan Origami Buatan Sendiri

Jika membuat pelaminan dari batang pohon terlalu sulit, kamu dapat mencoba membuat dekorasi pernikahan dari kertas origami. Bentuk saja kertas-kertas lipat tersebut kedalam bentuk-bentuk yang sederhana, seperti bentuk burung, bentuk hati, dan bunga.

Kamu bisa menempatkan dua bentuk burung yang cukup besar saling memunggungi sebagi dekorasi hiasan meja makan. Dua bentuk burung tersebut jadi  seperti sepasang burung merpati yang sedang hinggap dan mampir di atas meja makan para tamu. Romantis sekali, kan?

pinterest.com

Dekorasi pernikahan dengan benda-benda buatan tangan atau DIY sebenarnya dapat membangun kesan yang hangat bagi para tamu undangan. Niat baik untuk menyuguhkan hidangan yang lezat untuk para tamu pun akan tulus tersampaikan. Momen kebahagian yang kamu bagi kepada para tamu undangan juga tidak akan sia-sia.

pinterest.com

Bagaimana, unik dan nyentrik kan keenam dekorasi pernikahan ini. Apa ada salah satu yang nyangkut dan sesuai dengan karakter kamu dengan pasangan? Menciptakan konsep sendiri pastinya lebih otentik dan lebih membanggakan, kan. Selamat mencoba!

Sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Kamu bisa menemukannya di toko furniture online Dekoruma, lho! Dekoruma jual lemari, sofa, kabinet, dan aneka rak yang tersedia dalam ragam bentuk dan model.

Tak hanya furnitur, Dekoruma juga menyediakan aneka dekorasi kekinian, seperti jam dinding, lukisan, dan cermin yang pastinya siap menghidupkan suasana rumahmu. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!