Akuarium air laut merupakan salah satu pilihan hobi yang bisa membantumu menghilangkan stres sekaligus memberikan rumahmu sebuah elemen dekorasi yang baik secara visual serta mampu menghidupkan suasana ruangan. Sayangnya, memiliki akuarium air laut tidaklah semudah memiliki akuarium air tawar konvensional. Selain memiliki perawatan yang berbeda, ada beberapa hal lain yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk memiliki akuarium air laut.

Jika kamu termasuk orang yang hendak menambahkan akuarium air laut baik dalam bentuk aquarium mini maupun besar, sebagai salah satu elemen dari interior rumah, berikut hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk memiliki akuarium air laut!

1. Tipe Ekosistem dari Akuarium Air Laut

Setiap akuarium air laut memiliki jenis ekosistem yang berbeda. Perbedaan ekosistem berarti perbedaan perawatan serta perlengkapan yang kamu perlukan juga.

Beberapa jenis ekosistem akuarium air laut yang umumnya dimiliki para pecinta akuarium air laut adalah ekosistem FOWLR (fish only with live rock) yang hanya terdiri dari batu dan ikan laut hias, ekosistem terumbu karang, ekosistem kuda laut, ekosistem terumbu karang air dingin, dan berbagai jenis ekosistem lainnya. Tentunya jenis ikan hias air tawar tidak bisa kamu masukkan ke dalam akuarium air laut, ya!

pinterest.com

Ekosistem FOWLR adalah ekosistem akuarium air laut paling dasar yang menjadikan ikan hias air laut sebagai elemen utamanya tanpa memikirkan penggunaan koral. Meskipun begitu, kamu bisa menggunakan koral buatan sebagai hiasan aquarium yang menarik sekaligus membantu ikan-ikan hias yang umumnya bersimbiosis dengan koral menjadi lebih betah hidup di akuarium air laut milikmu.

Selain itu, pemula dalam hobi akuarium air laut juga kerap menggunakan ekosistem terumbu karang dengan soft corals seperti leathers corals, zoanthids, dan mushrooms corals yang memang lebih mudah beradaptasi dengan berbagai jenis kondisi akuariuam air laut.

2. Ukuran Akuarium Air Laut yang Kamu Miliki

Hal selanjutnya yang perlu kamu pahami setelah menentukan ekosistem seperti apa yang ingin kamu aplikasikan pada akuarium air laut adalah ukuran dari akuarium air laut yang hendak kamu miliki.

aliexpress.com

Banyak yang mengira nano aquarium atau akuarium air laut berukuran kecil lebih cocok untuk pemula. Padahal, akuarium air laut yang terlalu kecil justru sangat rentan terhadap berbagai permasalahan.

Akuarium air laut berukuran sedang adalah pilihan paling tepat untuk kamu yang baru mau memulai hobi akuarium air laut, karena akan memberikan lebih cukup ruang untuk memperbaiki kesalahan perawatan yang dampaknya tidak akan secepat jika kamu menggunakan akuarium kecil. Nggak ada salahnya lho berkreasi dengan desain akuarium unik!

3. Sistem Penyaringan Akuarium Air Laut

Salah satu hal penting yang perlu kamu perhatikan dalam memiliki akuarium air laut adalah sistem penyaringan. Sama halnya dengan akuarium, bahkan kolam ikan pada umumnya, sistem penyaringan ini berfungsi untuk memastikan air di dalam akuarium air laut bersih dan bebas dari berbagai zat yang membahayakan ekosistem yang ada pada akuarium.

youtube.com

Namun, menggunakan sistem penyaringan akuarium yang konvensional beresiko akuarium air laut milikmu kehilangan nutrisi yang berguna untuk ikan hias dan juga koral yang ada di dalam akuarium. Untuk menanggulangi itu, gunakan nutrisi tambahan secara berkala.

4. Sistem Pencahayaan dari Akuarium Air Laut

Sistem pencahayaan adalah perlengkapan lain yang perlu dipahami setelah sistem penyaringan pada akuarium air laut, terutama jika di dalam akuarium air laut terdapat koral. Koral membutuhkan cahaya yang cukup untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

google.com

Untuk pilihan sistem pencahayaan, jenis lampu LED sangat direkomendasikan untuk pemula. Selain lebih hemat listrik dan tak mudah rusak, cahaya dari lampu LED cukup baik untuk pertumbuhan dari koral yang ada di dalam akuarium air laut

5. Pelajari tentang Koral

google.com

Koral adalah salah satu elemen ekosistem dan hiasan aquarium air laut yang menjadikannya berbeda dengan akuarium air tawar. Jenis-jenis koral yang bisa kamu aplikasikan pada akuarium air laut ada banyak; selain berbeda dalam hal bentuk visual, koral akuarium air laut juga memiliki karakter yang berbeda-beda. Berikut beberapa jenis koral yang umumnya digunakan dalam akuarium air laut:

pinterest.com

  • Soft Corals
    , koral jenis ini paling mudah beradaptasi dengan berbagai jenis sistem pencahayaan dan mudah dirawat. Contoh koral dari jenis ini adalah Leather Corals, Xenia, Anthelia, Zoanthids, dan Mushrooms.
  • LPS (Large Polyp Stony Corals), jenis koral ini membutuhkan pencahayan lebih sedang. Umumnya pencahayaan yang cocok untuk jenis koral ini adalah lampu LED 165 watt. Koral jenis ini juga membutuhkan perawatan lebih disiplin karena lebih sulit beradaptasi dan sensitif terhadap lingkungan sekitarnya.
  • SPS (Small Polyp Stony Corals), koral jenis ini memerlukan pencahayaan yang lebih banyak serta kandungan nutrisi yang lebih rendah pada air. Contoh koral dari jenis ini adalah Acroporas, Montipora, Leptoseris, Birdsnests (Stylophora, Pocillopora, Seriatopora), dan juga Stylocoinellas.

Small Polyp Stony Corals umumnya lebih cocok untuk penggemar akuarium air laut yang sudah ahli dan profesional. Untuk kamu yang masih pemula dalam hobi akuarium air laut, Soft corals lebih cocok untukmu memulai akuarium ikan idaman.

6. Ikan untuk Akuarium Air Laut

Setelah memahami koral seperti apa yang akan kamu gunakan pada ekosistem akuarium air laut-mu, saatnya menentukan jenis ikan yang akan hidup bersama koral di dalam akuarium air laut milikmu.

google.com

Agak berbeda dengan kolam ikan mini, hal terpenting dalam memilih ikan yang akan mengisi akuarium air laut milikmu adalah kecocokannya antar ikan yang satu dengan ikan yang lain. Apalagi, banyak jenis ikan yang memiliki karakter yang besifat teritoris dimana ikan biasanya enggan membagikan areanya untuk ikan lain.

Setelah ikan dipilih, buatlah ekosistem akuarium air laut semirip mungkin dengan ekosistem aslinya di laut untuk membuat ikan lebih nyaman dan tidak mudah stress dengan menambah koral yang umumnya ada pada ekosistem dimana ikan itu hidup di laut.

Memulai Akuarium Air Laut

google.com

Cara paling jitu untuk memahami bagaimana cara kerja akuarium air laut adalah dengan langsung mempraktekkannya. Saat hendak memulai, jangan ragu untuk berdiskusi dengan ahli atau tempat kamu mendapatkan berbagai bahan aquascape khusus air laut milikmu.

Selalu pantau perkembangan awal akuarium air laut milikmu sehingga saat terjadi kesalahan, kamu bisa segera memperbaikinya sebelum hal tersebut memberikan dampak pada akuarium air laut yang kamu miliki.


Dengan memahami terlebih dahulu ketujuh hal mendasar dalam memulai hobi akuarium air laut, kamu nggak hanya jadi lebih siap tetap kamu juga bisa memastikan akuarium air laut yang kamu miliki lebih awet dan tahan lama. Selamat berkreasi!

Kamu sedang mencari furnitur? Dekoruma bisa jadi solusimu, lho! Dekoruma jual meja belajar, sofa, lemari pakaian, kursi kerja, dan rak tv dengan berbagai model serta ukuran. Ada juga beragam jenis kasur dengan kualitas material terbaik untuk menemani tidur nyenyakmu. Dekoruma jual King Koil, The Luxe, Lady Americana, dan merek-merek kasur terkenal lainnya.

Tak hanya sampai di situ saja, Dekoruma juga menyediakan aneka properti di berbagai daerah yang strategis dan sedang berkembang, seperti rumah baru di Jakarta Timur, apartemen dijual di Tangerang, dan rumah dijual di Jakarta Selatan. Dengan demikian, kamu bisa memilih hunian sesuai kebutuhan dan domisilimu. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!