Gaya klasik adalah salah satu gaya yang nggak akan pernah dianggap ketinggalan zaman, termasuk juga pengimplementasiannya pada dunia arsitektur seperti pada model-model desain rumah klasik. Meski mengalami pasang surut tren, model rumah klasik nggak pernah kehilangan peminatnya dan terus berkembang dan menjadi salah satu pilihan model rumah favorit hingga saat ini.

Mewujudkan model rumah klasik impian yang sesuai keinginan memang nggak semudah membalik telapak tangan. Jika kamu memiliki keinginan untuk memiliki model rumah klasik sendiri, berikut langkah-langkah dasar untuk mewujudkan desain model rumah klasik impianmu!

1. Pastikan ukuran lahan dan rumah yang sesuai untuk model rumah klasik

pinterest.com

Sebelum memutuskan untuk memiliki model rumah klasik, kamu perlu memastikan bahwa lahan yang kamu miliki untuk membangun model rumah klasik sudah menunjang dan sesuai untuk mewujudkan desain model rumah klasik yang baik.

Model rumah klasik akan sulit diaplikasikan pada lahan yang kecil, rumah yang dipaksakan dibangun di atas lahan yang kecil justru akan terlihat tidak proporsional. Selain ukuran lahan taman rumah, bentuk dari lahan juga menjadi hal kedua yang perlu kamu perhatikan saat memilih lahan untuk mewujudkan model rumah klasik impianmu.

youtube.com

Desain fasad rumah untuk gaya arsitektur ini bekerja dan terlihat lebih baik pada bidang yang lebar. Jadi, dibandingkan lahan yang memanjang ke belakang, lahan yang melebar ke samping akan jauh lebih baik untuk mewujudkan model rumah klasik.

Atau, jika tak bisa menemukan lahan melebar ke samping, cukup pastikan lebar pada bagian muka lahan cukup lebar untuk memastikan model rumah klasik tetap terlihat proposional.

2. Perhatikan keberadaan pilar dan struktur bangunan lainnya

pinterest.com

Dalam model rumah biasa, keberadaan struktur merupakan elemen bangunan yang befungsi untuk menjaga kekokohan rumah. Pada model rumah klasik, keberadaan struktur ini memiliki peran lebih, yaitu sebagai simbol dan elemen dekoratif yang bahkan dianggap sebagai identitas bagi sebagaian orang yang menggemari salah satu gaya arsitektur populer ini.

Keberadaan pilar-pilar kolom dan juga elemen struktur lainnya dalam model rumah klasik sangat perlu ditonjolkan. Selain memberikan kesan kokoh, identitas dari model rumah klasik bisa terlihat dengan mudah dari bagaimana kamu mengolah keberadaan struktur-struktur bangunan.

hgtv.com

Umumnya, ini disembunyikan pada model rumah yang lebih modern. Nggak cuma pada bagian wajah atau fasad bangunan, keberadaan pilar-pilar khas model rumah klasik juga kerap ditemukan pada bagian dari interior rumah klasik.

3. Aplikasikan ornamen ukiran khas model rumah klasik

Setelah sebelumnya membahas soal ekplorasi elemen struktur sebagai elemen dekoratif pada model rumah klasik, keberadaan pilar-pilar pada model rumah klasik ini nggak akan lengkap tanpa kehadiran ornamen ukiran khas model rumah klasik.

pinterest.com

Ukiran pada pilar-pilar model rumah klasik umumnya terdapat pada bagian pondasi dan juga mahkota dari pilar-pilar tersebut. Berdasarkan bentuk dan era perkembangannya, bentuk-bentuk kolom rumah klasik ini umumnya diklasifikasikan menjadi tiga jenis yaitu Doric, Ionic, dan Chrohitian yang bisa kamu pilih berdasarkan selera dan keinginanmu.

Nggak hanya pada pilar, elemen dekoratif berupa ukiran ini juga diaplikasikan pada bagian lain bangunan, seperti model jendela rumah atau pintu. Tentunya, ukiran pada elemen lain pada model rumah klasik ini perlu menyesuaikan ukiran pada pilar yang kamu pilih sebelumnya.

4. Elemen kayu pada model rumah klasik

Keberadaan elemen kayu cukup erat dengan model rumah klasik. Umumnya penggunaan elemen kayu ini paling mudah ditemukan pada kusen-kusen jendela dan pintu dan juga daun pintu dan jendela.

google.com

Namun, seiring perkembangan teknologi, material alumunium yang lebih tahan lama sudah menggeser penggunakan elemen kayu pada kusen dan daun jendela dan pintu.

Namun, elemen kayu ini masih bisa kamu hadirkan pada bagian interior model rumah klasik, seperti pada perabotan, dekorasi, bahkan material lantai kayu.

5. Gunakan lebih banyak bentuk-bentuk dan gubahan masa bangunan yang melengkung

Ciri khas lainnya pada model rumah klasik adalah penggunaan elemen-elemen yang melengkung. Secara mudah, kamu bisa melihat hal ini pada penampilan fasad model rumah klasik. Namun, hal ini tidak hanya terlihat pada fasad bangunan saja seperti bentuk jendela, bentuk pilar, ataupun penggunaan kubah pada bangunan, tapi juga pada penggambaran denah.

pinterest.com

Ruang-ruang yang dibentuk melengkung bisa memberikan suasana klasik yang kuat. Namun, tantangan dari memiliki ruangan berbentuk melengkung adalah dalam penataan furnitur dan perabot. Umumnya, model rumah klasik cenderung memerlukan lahan luas untuk mempermudah penataan interior pada ruang-ruang yang sengaja dibentuk melengkung.

6. Pemilihan warna pada model rumah klasik yang tepat

Umumnya model rumah klasik sering tampil dengan warna-warna terang seperti putih dan ivory. Kamu juga bisa menggunakan pola warna yang sama sebagai pilihan paling aman. Namun, ada beberapa pilihan palet warna lain yang bisa jadi referensimu.

hgtv.com

Untuk memberikan kesan rumah klasik bergaya arsitektur rumah Mediterania, kamu bisa menggunakan palet warna earthy tone seperti penggunaan warna cokelat dan krem. Untuk memberikan kesan klasik bergaya gothic, penggunaan palet warna yang lebih gelap sepeti abu, bahkan warna hitam juga bisa kamu aplikasikan.

7. Pemilihan perabot interior yang pas dengan model rumah klasik

Untuk melengkapi model rumah klasik impianmu tentu kamu memerlukan interior dan juga perabot yang sesuai dengan gaya klasik yang dimiliki oleh rumahmu.

Penggunaan perabot-perabot yang bergaya klasik dan antik adalah pilihan aman untuk tetap memberikan kesan klasik yang selaras dari segi eksterior dan juga interior. Jadi jangan ragu meminta bantuan jasa interior untuk ini, misalnya interior dekoruma.

google.com

Namun, bukan berarti kamu nggak boleh bereksplorasi dengan model-model perabot yang lebih modern, karena kini sudah banyak perabot furnitur modern yang merupakan pengembangan dari berbagai desain klasik.


Itulah berbagai langkah yang bisa kamu ikuti untuk mewujudkan model rumah klasik impian. Meskipun terlihat tak mudah, namun memiliki model rumah klasik bukanlah hal yang mustahil. Sempurnakan model rumah klasik yang kamu inginkan dengan berbagai pilihan perabot furnitur, dekorasi rumah, dan juga pernak-pernik interior. Selamat berkreasi dengan model rumah klasik pilihanmu!

Temukan aneka furnitur dan dekorasi di Dekoruma! Dekoruma jual Claris, merek wadah makanan untuk menyimpan bumbu dapur hingga masakanmu. Untuk kasur, Dekoruma jual King Koil dan Dunlopillo, dua merek kasur ternama di Indonesia yang punya kualitas material terbaik. Yuk, langsung cari dan temukan furnitur sesuai kebutuhanmu di Dekoruma!