Bagi sebagian orang, desain ruang makan merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan karena termasuk salah satu ruangan utama yang bersifat pribadi. Nggak hanya sekedar untuk menikmati hidangan menu makan siang atau malam, momen berkumpul bersama keluarga juga terjadi di ruang makan. Maka dari itu, penting untuk memiliki desain ruang makan yang baik untuk melengkapi rumah impian keluargamu.

Mewujudkan desain ruang makan yang baik dan bagus untuk rumah tak selalu memerlukan biaya yang mahal. Dengan pemilihan perabot dan gaya desain yang tepat serta penataan yang baik, kamu bisa mendapatkan desain ruang makan yang baik dari segi estetika dan juga fungsi tanpa memerlukan biaya yang mahal alias low-budget.

Jika memiliki desain ruang makan low-budget terasa sulit, kamu bisa mengintip dan meniru berbagai inspirasi desain ruang makan dengan biaya minimalis berikut dan wujudkan desain ruang makan impianmu tanpa perlu menguras dompet!

1. Desain Ruang Makan dengan Pencahayaan Alami

pinterest.com

Pada beberasa situsasi, nilai estetika dalam sebuah ruangan bisa lahir dari kesederhaan. Maka dari itu, saat sedang berkreasi dengan desain ruang makan minim budget, selalu utamakan kesederhanaan dalam desain ruang makan. Tak hanya untuk menghemat biaya yang diperlukan, tetapi juga untuk memastikan desain ruang makan yang ada di rumahmu tetap terasa nyaman dan indah.

Untuk membuat desain ruang makan lebih sempurna, maksimalkan desain ruang makan dengan pencahayaan alami yang baik serta pemilihan perpaduan warna tone interior yang senada. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir  ruang makan terasa membosankan dan kurang menarik.

2. Desain Ruang Makan Simpel Monokrom

home-designing.com

Banyak yang khawatir dengan memilih furnitur set ruang makan yang murah atau minim budget juga akan membuat desain ruang makan terlihat murahan dan kurang menarik. Padahal hal ini tak sepenuhnya benar. Untuk memberikan kesan yang lebih berkelas dan mewah, kamu bisa menyiasati desain ruang makan milikmu dengan penggunaan furnitur set ruang makan sederhana yang berwarna hitam.

Setelah itu, kamu bisa memberikan warna putih atau warna terang lainnya pada keseluruhan desain ruang makan. Desain ruang makan monokrom ini nggak cuma sederhana dan mudah diaplikasikan, tapi juga tak pernah gagal memberikan kesan yang lebih berkelas, khususnya desain ruang makan bergaya modern minimalis.

3. Desain Ruang Makan Natural

home-designing.com

Alternatif lain dalam memotong biaya dari desain ruang makanmu adalah dengan mengadaptasi konsep natural seperti desain ruang makan satu ini. Membiarkan bahan-bahan kayu alami apa adanya tak hanya akan mengurangi biaya finishing, tapi juga akan memberikan kesan natural yang hangat pada desain ruang makan yang kamu miliki.

Yang perlu kamu perhatikan dalam penggunaan ide dan konsep desain ruang makan seperti ini adalah perawatan dari perabot, seperti kursi atau meja kayu. Pastikan kamu tetap memberikan lapisan anti rayap secara berkala agar perabotan pada ruang makanmu menjadi lebih awet dan tahan lama.

4. Desain Ruang Makan dan Dapur

home-designing.com

Seperti halnya ruang keluarga yang menyatu dengan ruang makan, menggabungkan desain ruang makan dengan ruangan dapur tidak hanya membantumu menghemat ruang dan membuat desain ruang makan dan dapur terkesan lebih luas, tetapi juga akan membantumu mengurangi biaya yang perlu dikeluarkan kantongmu untuk mewujudkan desain ruang makan impian.

Dengan berkurangnya biaya untuk membuat sekat ruang, kamu juga bisa menghemat biaya desain ruang makan dengan minimnya penggunaan dekorasi ruang, karena kamu cukup mengaplikasikan beberapa dekor interior namun kesan estetisnya bisa dirasakan di dua ruang yang memiliki fungsi dan aktivitas yang berbeda.

5. Desain Ruang Makan Vintage

pinterest.com

Punya kursi-kursi lama yang sudah tidak terpakai? Jangan bingung bagaimana memanfaatkan kursi antik tersebut karena kursi lama milikmu tersebut bisa kamu jadikan bagian dari desain ruang makan low budget yang kamu inginkan.

Tak perlu khawatir bila kursi-kursi yang kamu miliki memeliki model dan warna yang berbeda karena hal tersebutlah yang akan menjadi nilai lebih dari desain ruang makan vintage. Cukup lengkapi kursi-kursi antik yang kamu miliki dengan sebuah meja makan bergaya vintage dan sempurnakan dengan berbagai dekorasi bernuansa tempo dulu.

6. Desain Ruang Makan yang Menyatu dengan Island Dapur

pinterest.com

Kreasi desain ruang makan yang bisa menjadi referensimu dalam mewujudkan rumah impian selanjutnya adalah konsep yang menyatukan island dapur dengan desain ruang makan. Tidak hanya memberikan kesan yang lebih luas dan terbuka, keberadaan island dapur ini memberikan batas ruang yang jelas antara dapur dan desain ruang makan yang kamu miliki.

Selain itu, berkreasi dengan furnitur juga peralatan dapur dan ruang makan seperti ini akan membuat desain ruang makan yang ada pada rumahmu terasa lebih unik, menarik, dan orisinil. Cantik banget, ‘kan?

7. Desain Ruang Makan Mini

pinterest.com

Tak memiliki cukup biaya dan ruang untuk mewujudkan desain ruang makan impian? Tak perlu khawatir. Permasalahan seperti ini kerap dihadapi rumah-rumah yang memiliki lahan terbatas ataupun apartemen-apartemen kecil. Namun, dengan penataan yang tepat, kamu tak perlu khawatir tak bisa mendapatkan sebuah desain ruang makan yang nyaman dan tetap terlihat menarik serta minim budget tentunya.

Pada kasus seperti ini, kamu bisa menyatukan sebuah desain ruang makan kecil dengan dapur yang kamu miliki. Perhatikan pemilihan ukuran meja dan kursi makan untuk memastikan kehadiran desain ruang makan milikmu akan mempersulit aktivitas di dapur. Gunakan warna-warna terang seperti putih sebagai warna dominan dan maksimalkan pencahayaan yang ada pada rumah.

8. Desain Ruang Makan Monokrom Modern

hypegenius.com

Memberikan konsep warna monokrom pada rumah kecil minimalis memang nggak ada habisnya. Desain ruang makan modern satu ini juga merupakan alternatif menghadirkan desain ruang makan yang menarik tanpa perlu berlebihan dalam penggunaan budget.

9. Desain Ruang Makan Terbuka

home-designing.com

Selain menggabungkan desain ruang makanmu dengan ruang dapur, kamu juga bisa mengeksplorasi konsep desain ruang makan yang terbuka dengan menggabungkannya juga dengan ruang lainnya. Konsep ruang makan yang terbuka tidak hanya membuat desain ruang makan dan keseluruhan ruang menjadi lebih luas, tapi juga bisa membuatmu lebih rileks karena bisa sekaligus menikmati pemandangan halaman rumah, kan?

Menyiasati biaya dalam merancang desain ruang makan memang bukan perkara yang mudah dan sederhana, tapi sangat mungkin untuk dilakukan. Salah satunya adalah dengan memilih furnitur dan peralatan rumah tangga yang tepat.

Jika kamu sedang mencari kursi makan berkualitas untuk melengkapi ruang makanmu, kamu bisa menemukannya di Dekoruma. Beberapa merek furnitur terkenal di antaranya adalah Aveda , Anya Living, dan Pro Design. Dekoruma juga menyediakan jasa desain rumah dan interior untuk kamu dan keluarga. Siap mewujudkan rumah impian versimu?