Hiasan dinding mengandung nilai estetika yang dapat mempercantik sebuah ruangan. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercantik tampilan dinding interior rumah minimalis. Salah satunya adalah menerapkan lukisan dinding. Banyak orang yang meninggalkan lukisan dinding karena sudah ada wallpaper atau

wall covering 
dengan beragam pilihan corak. Meski begitu, bagi beberapa orang, penerapan lukisan dinding akan memberikan nilai seni tersendiri.

Jika kamu termasuk salah seorang dari mereka yang tetap ingin menerapkan lukisan dinding, coba simak beberapa ide lukisan dinding menarik untuk rumah minimalis berikut ini!

1. Lukisan dinding abstrak

Lukisan dinding yang abstrak memiliki nilai seni yang tinggi jika dilakukan dengan benar. Bagi kamu para pemula yang ingin mencoba sendiri lukisan dinding abstrak, cobalah yang mudah terlebih dahulu seperti membuat gambar abstrak atau pelangi abstrak.

pinterest.com

Untuk lukisan dinding ini, kamu hanya perlu menyiapkan cat 7 warna dan kemudian mengoleskannya ke dinding secara acak, namun bersebelahan satu sama lain. Ukuran dan bentuknya tidak perlu sama. Jika kamu masih ragu, sebaiknya serahkan tugas ini kepada para ahli, misalnya jasa desainer interior profesional.

2. Lukisan dinding dengan teknik ombre

pinterest.com

Teknik perpaduan lebih dari 2 warna ini sebelumnya juga sempat populer untuk urusan rambut dan pakaian. Untuk lukisan dinding, teknik ombre ini pada dasarnya cocok untuk semua jenis ruangan. Namun jika berminat untuk menerapkannya di ruangan bergaya minimalis, kamu bisa mencoba ombre warna hitam ke putih atau hitam ke abu-abu. Ide perpaduan warna yang lebih cerah seperti merah ke pink juga merupakan ide yang bagus.

3. Lukisan dinding dengan efek ilusi

pinterest.com

Bagi kamu yang ingin rumahnya terlihat lebih unik, cobalah menerapkan lukisan dinding dengan efek ilusi atau 3D. Tidak perlu yang rumit, cukup dengan model tumpukan kubus seperti ini, misalnya. Pemilihan warnanya bisa disesuaikan dengan gaya ruangan dan warna furnitur. Lukisan dinding seperti ini disarankan hanya untuk sebagian bidang dinding saja, karena jika terlalu besar akan membuat orang yang melihatnya merasa pusing.

4. Lukisan dinding dengan teknik cipratan

Membuat lukisan dinding tidak selalu harus menorehkan kuas dan cat langsung di dinding. Agar mendapatkan tampilan yang natural dan keren, cobalah mencipratkan cat secara acak di dinding. Kamu bisa menggunakan satu warna saja atau beberapa warna sekaligus. Memakai warna cat rumah minimalis yang sedang tren juga boleh, lho.

etsy.com

Untuk tampilan elegan, pilihlah latar belakang berwarna gelap seperti abu-abu kemudian cipratkan cat berwarna terang seperti emas atau putih saat membuat lukisan dinding. Jika ingin tampilan yang lebih ceria, gunakanlah latar belakang warna putih dan cipratan cat warna-warni.

 

5. Lukisan dinding siluet pohon

pinterest.com

Untuk kamu yang suka dengan tampilan minimalis pada area dinding, coba terapkan lukisan dinding berupa siluet pohon. Cukup lukiskan satu pohon di bagian pinggir dinding. Selain terlihat minimalis, kamu pun hanya memerlukan cat warna hitam saja. Lumayan mengirit dana beli cat, kan? Suasana di dalam rumah pun jadi lebih damai tapi tetap terlihat stylish.

6. Lukisan dinding berupa potret tokoh

etsy.com

Memajang kolase bingkai foto di dinding rumah sudah terlalu biasa. Agar terlihat unik, mengapa tidak membuat lukisan dinding berupa potret tokoh? Tokoh tersebut bisa kamu selaku pemilik rumah atau pun tokoh favorit seperti penyanyi dan artis. Untuk suasana yang minimalis, buatlah lukisan dinding ini dalam satu warna saja seperti hitam atau merah.

7. Lukisan dinding dengan motif geometris

pinterest.com

Lukisan dinding dengan motif geometris juga cocok untuk rumah bergaya minimalis loh. Pertama-tama, putuskan warna cat apa saja yang akan digunakan. Pilihalah warna cat rumah dengan hati-hati. Kamu bisa menyesuaikannya dengan warna furnitur secara keseluruhan. Setelah itu, siapkan lakban atau perekat untuk membatasi area yang akan diwarnai. Mau dibentuk segitiga atau geometris acak, sesuaikan saja lukisan dinding ini dengan keinginanmu.


Ternyata ide lukisan dinding nggak perlu ribet dan mahal kan. Dari tujuh ide lukisan dinding tadi, nomor berapa yang akan kamu coba buat di akhir pekan ini? Kamu bisa lho menemukan aneka lukisan dinding di Dekoruma yang pastinya nggak kalah menarik dari ide di atas.

Selain lukisan, Dekoruma juga jual furnitur berkualitas untuk mengisi hunianmu. Tak hanya itu saja, Dekoruma juga jual Serta, brand kasur ternama yang kualitasnya nggak perlu diragukan lagi. Lengkap banget, ‘kan? Yuk, langsung saja cek Dekoruma!