Apakah akhir-akhir ini kamu susah tidur, atau tidurmu kurang nyenyak dan sering bermimpi buruk? Bisa jadi salah satu penyebabnya adalah tata ruang kamar tidur yang bermasalah. Menata kamarmu sesuai dengan aturan feng shui kamar tidur bisa membantumu mendapatkan waktu tidur yang berkualitas, loh.

pinterest.com

Tidak jauh berbeda dengan feng shui rumah, aturan feng shui kamar tidur pada dasarnya mengatur pergerakan elemen alam pada bangunan. Aspek-aspek yang diperhatikan adalah cahaya, suara, dan warna. Dengan memperhatikan aspek-aspek feng shui kamar tidur, energi positif dipercaya akan mengalir ke sekeliling ruangan, sehingga tercipta harmoni ruangan yang nyaman dan tenang untuk membantumu tidur lebih nyenyak.

Ingin merasakan tidur lebih nyenyak? Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan tentang feng shui kamar tidur!

Menentukan Lokasi Kamar Tidur yang Tepat

Dalam menentukan lokasi yang tepat sesuai dengan aturan feng shui kamar tidur, aspek yang diperhatikan adalah sumber bising (suara), suhu ruangan, dan sirkulasi udara. Letak kamar menurut feng shui kamar tidur idealnya jauh dari ruang keluarga dan kamar tidur lain, kedua ruangan ini sering digunakan dan cenderung bising.

pinterest.com

Temperatur kamar tidur juga bisa naik apabila letaknya dekat dengan dapur atau garasi. Di samping itu, asap dan bau yang datang dari dapur dengan mudah masuk melalui ventilasi kamar, sirkulasi udara pun jadi terganggu. Halaman belakang adalah lokasi yang paling ideal menurut feng shui kamar. Selain lebih tenang dan mendapatkan sirkulasi udara yang baik, kamu bisa mendapatkan momen yang lebih privat di sana.

Perhatikan Arah, Posisi, dan Letak Ranjang

pinterest.com

Penempatan kasur dalam feng shui kamar tidur merupakan sesuatu yang krusial. Yang terpenting, letak ranjang tidak boleh sejajar dan terlalu dekat dengan pintu. Pintu harus langsung terbuka ke arah ranjang, tapi tidak langsung berhadap-hadapan. Menurut aturan feng shui kamar tidur, pintu  merupakan penyalur jalan masuknya energi dari luar, apabila ranjang dan pintu langsung berhadap-hadapan, energi dari luar bisa mengganggu tidurmu dan menyebabkan gangguan kesehatan.

pinterest.com

Aturan feng shui kamar tidur juga mementingkan terciptanya rasa aman sebelum tidur. Menggunakan ranjang dengan headboard pilihan, kasur yang empuk, dan tidak menempatkan lampu gantung di atas ranjang dapat meningkatkan rasa aman. Arah ranjang yang benar menurut feng shui kamar tidur berbeda-beda bagi setiap orang. Ini tergantung arah mata angin apa yang jadi keberuntunganmu.

Jangan Ragu Pakai Skin Color Sebagai Warna Utama

pinterest.com

Aturan feng shui kamar tidur menghindari penggunaan warna-warna mencolok sebagai warna utama, termasuk untuk warna sprei, gorden minimalis, dan cat  kamar tidur. Feng shui kamar tidur mengutamakan penggunaan warna kulit seperti cokelat dan krem, karena warna cerah cenderung membuat kamu tetap terjaga. Alternatif penggunaan warna cerah dalam feng shui kamar tidur adalah digunakan sebagai aksen atau diseimbangkan dengan pencahayaan lampu yang lebih redup.

Tata Letak Furnitur dan Dekorasi Juga Penting!

pinterest.com

Berdasarkan feng shui kamar tidur, sebaiknya furnitur berukuran besar tidak ditempatkan di sebelah ranjang karena cenderung memberi kesan intimidatif yang membuat sulit tidur. Spring bed atau kasur juga tidak boleh berseberangan dengan cermin di kamar. Hal ini disebabkan sifat manusia yang sensitif terhadap pergerakan yang terlihat. Bukannya tidur, kamu jadi ingin berkaca.

pinterest.com

Lukisan atau artwork yang dipajang sebaiknya juga memberikan energi positif dan menginspirasi. Hindari elemen dekorasi yang berbau kekerasan dan melankolis, ini akan mempengaruhi suasana hatimu menjelang tidur. Kalau kamu mau menambah dekorasi berupa tanaman, perhatikan juga jenisnya. Kamu bisa memilih tanaman yang dapat membawa keberuntungan, seperti bambu hoki.

Pencahayaan yang Temaram

pinterest.com

Dalam aspek pencahayaan, aturan feng shui kamar tidur mengutamakan lampu yang lebih redup untuk menciptakan atmosfer yang lebih rileks dan tentram. Kamu juga bisa menggunakan lilin-lilin aromaterapi. Menurut feng shui kamar tidur, manfaat aromaterapi antara lain bisa membersihkan energi kotor yang ada di sekitar kamar. Selain membantumu lebih rileks, suasana kamar juga menjadi lebih hangat, dijamin tidurmu semakin pulas!

pinterest.com

Kamar tidurmu belum mengikuti aturan feng shui kamar tidur? Tenang, kamu bisa memulainya dengan membuat daftar rencana yang harus diperbaiki, kemudian pelan-pelan memperbaiki tata ruangnya.

Sekarang, kamu nggak perlu repot mencari perabotan dan dekorasi yang tepat karena semua kebutuhan rumahmu bisa dicari secara online di Dekoruma. Dekoruma jual kursi, meja makan, tirai, lampu meja, dan lainnya.

Dekoruma pun jual kasur Zees, Florence, King Koil, dan Serta. Merek-merek kasur tersebut sudah dipercaya masyarakat Indonesia sebagai alas tidur berkualitas tinggi. Selamat berkreasi!