Ditengah hiruk pikuk kota, taman menjadi tempat bersantai. Di samping itu, taman juga berfungsi sebagai lahan hijau untuk meminimalisir polusi kendaraan bermotor. Fungsi taman yang beragam ini membuat para arsitek berlomba-lomba membuat desain taman seunik dan seindah mungkin. Salah satunya adalah dengan mengkombinasikan kolam dengan taman atau disebut juga kolam taman.

Kolam taman saat ini cukup banyak diterapkan di berbagai negara. Terdapat kolam taman cantik di berbagai belahan dunia yang mungkin belum banyak diketahui orang. Apa saja, yuk simak ulasannya! 

Garden of Versailles

nationalgeographic.com

Taman yang berada di dalam Palace of Versailles, Prancis ini merupakan taman istana terluas di dunia dengan luas mencapai 800 hektar. Taman pada negara yang terkenal dengan bangunan dan desain rumah-rumah klasik ini berupa formal garden dengan jalan taman, rumput dan pepohonan yang didesain membentuk pola-pola geometrik yang meliputi bangunan orangery, beberapa kolam, air mancur, juga kanal.

Kolam taman di Garden of Versailles, Perancis merupakan kolam taman yang cantik dengan desain klasik serta dikelilingi patung-patung klasik kuno pada bagian tengahnya.

pinterest.com

Selain itu, terdapat puluhan model air mancur yang bersanding dengan kolam taman yang letaknya menyebar di seluruh area Garden of Versailles. Biasanya air mancur baru akan dinyalakan ketika raja akan melewati taman ini.

Tertata dengan apik dan indah, kolam taman ini menjadi salah satu kolam taman tercantik di Perancis. Taman yang dibangun untuk Louis XIV itu dirancang Andre Le Notre dengan masa pembangunan selama 40 tahun lamanya. Untuk masuk ke taman ini, pengunjung tidak dikenakan biaya, kecuali pada acara Musical Fountain Show dan Musical Garden.

Minneapolis Sculpture Garden, Amerika Serikat

flickr.com

Minneapolis Sculpture Garden berada di Minnesota, Amerika Serikat, letaknya dekat dengan Walker Art Center yang dikelola oleh Minneapolis Park and Recreation Board. Taman seluas 11 hektar ini adalah salah satu permata mahkota negara Minnesota karena kecantikannya. Selain itu, kolam taman air mancur berbentuk sendok yang ada di taman ini sudah menjadi ikon bukan hanya bagi Minneapolis Sculpture Garden, tapi juga bagi negara Minnesota.

Merupakan salah satu kolam taman tercantik yang ada di dunia, Minneapolis Sculpture Garden telah dibuka sejak tahun 1988 dan sudah mengalami beberapa kali perubahan. Kolam taman ini dibuka untuk umum setiap hari mulai pagi hingga tengah malam.

 

Yuyuan Garden

wikipedia.org

Di Shanghai terdapat satu taman bersejarah yang tak pernah dilupakan bernama Yuyuan Garden. Taman yang biasa disebut Yu Garden ini merupakan sebuah taman kuno yang berdiri di atas lahan jantung kota Shanghai seluas 20.000 meter persegi. Arsitektur bangunannya bernuansa oriental dengan bentuk atap melengkung ke atas dan membentuk sudut runcing.

pinterest.com

Dikelilingi oleh kolam taman yang luas, taman ini awalnya merupakan taman pribadi milik seorang gubernur dari dinasti Ming Pan Yunduan. Namun, setelah terjadi renovasi pada beberapa bagian, pada tahun 1961 taman ini dibuka untuk umum. Berbeda dengan kolam ikan yang biasanya merupakan kolam ikan miniterdapat banyak ikan peliharaan yang menempati kolam taman tersebut. Pengunjung bisa memberi makan ikan-ikan yang ada.

Shalimar Garden

blaineharrington.photoshelter.com

Shalimar Garden atau yang sekarang dikenal dengan sebutan Shalimar Bagh adalah sebuah taman yang dibuat pada tahun 1619 di Sri Nagar, Kashmir, Pakistan oleh Kaisar Jahangir, ayahanda dari Shah-Jahan, seorang raja Mugha India yang memerintah dari tahun 1605-1627 M. Shalimar sendiri memiliki arti keabadian cinta, karena taman ini didedikasikan untuk sang istri tercinta, Nur Jahan.

Bentuknya yang terbagi menkadi 4 bagian dan dikelilingi oleh air mancur sehingga membuat taman ini semakin indah. Terdapat 410 kolam taman air mancur yang mengaliri saluran utama di sana. Secara keseluruhan, taman yang dibangun pada 1619 oleh Raja Jahangir ini meliputi area seluas 12,4 hektar.

The Grand Cascade

nordic.cruises.com

Kolam taman The Grand Cascade berada di area Palace of Peterhof, Rusia. Merupakan salah satu kolam taman air mancur terindah di dunia, Grand Cascade menelan biaya hingga jutaan dollar untuk pembuatannya. Tidak heran kolam taman satu ini terlihat sangat megah. The Grand Cascade menampilkan air mancur di antara patung-patung mewah berlapis emas yang aliran airnya mengalir sampai ke laut.

Pembangunan taman beserta isinya selesai pada tahun 1721. Pada musim dingin, kolam taman air mancur ini seringkali tidak beroperasi karena tujuan perawatan.

Sanssouci Park

Berada di halaman Sans Souci Palace, Postdam, Jerman, taman istana yang luasnya mencapai 1,6 kilometer persegi ini memiliki lanskap yang sangat menarik dengan kolam taman dan air mancur yang menjadi sumbu taman. Patung-patung bersanding dengan tanaman, deretan bunga mekar aneka warna membingkai jalur sisi jalan setapak pada taman tersebut.

pinterest.com

Sesuai namanya, Sans Souci dalam bahasa Perancis secara harfiah berarti ‘tanpa kekhawatiran’. Kolam taman di Sans Souci Palace hadir menampilkan keindahan yang memanjakan mata sekaligus menawarkan ketenangan hati melalui gemericik air dari kolamnya. Efek menenangkan bisa kamu dapatkan seperti layaknya rasa damai saat memandang kolam koi.

Kolam Taman Villa d’Este

romancandletours.com

Taman Villa d’Este berlokasi di Tivoli, Italia dan dianggap sebagai karya dari budaya Renaissance, arsitektur dan desainnya telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Kebun ini juga merupakan bagian dari anggota Grandi Giardini Italiani, sebuah asosiasi kebun terbaik di Italia. Taman bertingkat ini memiliki beragam koleksi flora, air mancur, juga kolam.

Kolam taman yang cukup besar terdapat di bagian tengah taman dengan bentuk memanjang. Di ujungnya terdapat air mancur megah yang berundak-undak. Sedangkan di sisi lainnya terdapat kolam taman air terjun. Setiap sisinya dilengkapi kehadiran patung-patung romawi kuno yang membuat kolam taman terlihat semakin artistik.

wikimedia.org

Taman dan villa ini dibangun atas perintah Cardinal Ippolito II pada abad ke 16. Setelah menjadi taman milik pribadi selama beberapa abad, taman ini diakuisisi oleh pemerintah setelah Perang Dunia ke II dan menjadi tujuan wisata populer hingga saat ini.


Tujuh kolam taman di atas sungguh cantik dan menakjubkan bukan. Tentunya membuat siapa saja yang mengunjungi betah dan ingin terus kembali ya. Berminat mengunjunginya?

Kamu sedang mencari hiasan atau perlengkapan rumah baru? Dekoruma tempatnya! Dekoruma jual perabotan, keranjang, karpet, taplak meja, hingga peralatan masak. Dekoruma juga jual sapu, kemoceng, dan sikat untuk membersihkan rumahmu. Yuk, lengkapi semua kebutuhanmu bersama Dekoruma!