Ada banyak cara untuk membuat rumah mungil menjadi nyaman. Di antaranya adalah menggunakan cermin untuk efek yang lebih luas, memanfaatkan furnitur multifungsi, menyatukan dua ruangan dalam satu area, hingga membuat dapur di bawah tangga. Bawah tangga bisa menjadi ruangan bermanfaat, contohnya saja, makin banyak orang yang menyulap bagian tersebut menjadi lemari bawah tangga.

Membuat dapur di bawah tangga mungkin akan menimbulkan pertanyaan buat kamu. Bagaimana bisa leluasa memasak di bawah tangga? Daripada membayangkan yang jauh-jauh, lebih baik simak beberapa model dapur di bawah tangga ini untuk inspirasi desain rumahmu nanti!

1. Dapur di bawah tangga dengan rak terbuka

homecrux.com

Area dapur di bawah tangga ini memanfaatkan ruang kosong sebagai rak penyimpanan. Jika kamu ingin terlihat rapi, tentu rak ini harus diberi penutup. Namun jika rumahmu cukup sempit, sebaiknya rak dapur bawah tangga ini dibiarkan terbuka untuk kesan luas.

Pada rak penyimpanan ini kamu bisa manfaatkan untuk meletakkan berbagai peralatan makan dan minum, seperti mangkuk, gelas, bahkan juga untuk menyimpan termos yang jarang digunakan. Dapur di bawah tangga ini jarak antar langit-langit biasanya rendah sehingga kamu membutuhkan cooker hood supaya bisa memasak dengan nyaman tanpa gangguan asap di dalam ruangan.

2. Dapur di bawah tangga dengan nuansa minimalis

decoist.com

Dapur di bawah tangga dengan nuansa minimalis dan serba putih ini cocok untuk rumah yang dihuni oleh keluarga kecil. Bentuknya sederhana namun cukup untuk meletakkan mesin coffee maker dan sebuah bak cucian kecil. Bagian atas dan bawahnya bisa dimanfaatkan sebagai rak penyimpanan koleksi peralatan makan. Area sampingnya bisa digunakan untuk menyimpan camilan.

3. Dapur di bawah tangga berdampingan dengan ruang makan

freshome.com

Tangga biasanya berada di bagian pinggir rumah merapat dengan dinding, bentuk dapur di bawah tangga biasanya mengikuti sudut tersebut. Dapur bawah tangga ini akan memiliki ruang kosong di bagian tengahnya. Agar tidak sia-sia, kamu bisa meletakkan meja makan di sana. Manfaatkan juga area bawah tangga sebagai ruang penyimpanan alat makan dan alat rumah tangga.

4. Bar atau dapur di bawah tangga

pinterest.com

Bagi para pecinta minuman, kamu juga bisa membuat mini bar dengan rak penyimpanan minuman-minuman di dapur bawah tangga. Bagian meja dapur di bawah tangga ini cukup diisi dengan bak cucian kecil. Sementara, di bagian bawahnya kamu bisa membuat rak khusus minuman serta menaruh lemari dapur penyimpanan gelas. Untuk mewujudkan mini bar impian, kamu hanya perlu menambahkan kursi bar saja.

5. Dapur di bawah tangga bentuk U

houzz.com

Dapur di bawah tangga dengan sudut 90 derajat ini bisa dibuat dalam bentuk U. Berbeda dengan dapur di bawah tangga lainnya yang begitu sederhana dan sempit, dapur yang satu ini bisa terlihat lebih elegan dan luas. Karena posisinya berada di sudut dan memiliki langit-langit rendah, berikan penerangan lampu yang cukup agar kamu nyaman memasak. Jangan lupa memilih watt lampu yang tepat. Untuk furniturnya, akan lebih baik jika kamu menggunakan built-in furnitur supaya pas dengan bentuk bawah tangga.

6. Dapur di bawah tangga terbuka

pinterest.com

Jika model dapur di bawah tangga sebelumnya terlihat mungil karena tangganya yang dibuat dari bata dan semen, dapur di bawah tangga yang satu ini terlihat cukup lega karena tangganya sendiri hanya menggunakan kayu dan struktur dari besi. Area yang cukup luas ini memungkinkan kamu untuk menggunakan meja dapur yang panjang dengan rak dinding di bagian atasnya untuk meletakkan koleksi piring kesayangan dan beberapa hiasan.

7. Dapur di bawah tangga untuk menjamu para tamu

pinterest.com

Ketika ada tamu datang, tentu sebagai tuan rumah kamu harus menyiapkan minuman atau makanan ringan. Dapur di bawah tangga ini bisa dijadikan bar untuk menjamu para tamu karena lokasinya dekat dengan ruang tamu. Tidak ada kompor pada dapur di bawah tangga ini, yang ada hanyalah bak cucian, deretan gelas, dan koleksi minuman.

Ternyata rumah mungil bukan menjadi halangan untuk memiliki dapur yang unik dan nyaman, ‘kan? Dari ketujuh model dapur di bawah tangga tadi, mana yang akan kamu buat di rumah masa depan?

Namun, keberadaan dapur di bawah tangga tidak akan lengkap kalau tidak ada peralatan dapur di dalamnya. Nah, kalau kamu sedang mencari peralatan dapur berkualitas, kamu bisa menemukannya secara online di Dekoruma, lho! Dekoruma jual Fackelmann dan aneka merek peralatan dapur terkenal lainnya.

Dekoruma juga jual saringan, rolling pin, dan cetakan kue buat kamu yang hobi memasak roti. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek di Dekoruma!