Bicara tentang hiasan untuk rumah, seringkali orang-orang lebih memperhatikan hiasan untuk interior ketimbang eksterior. Bagian eksterior, khususnya taman, sering ditata tanpa hiasan karena ada yang menganggap bahwa bunga warna-warni sudah cukup dan ada juga yang tidak mau repot karena area taman akan terkena hujan—membuat hiasan taman rusak pada akhirnya.

facebook.com

Padahal, menambahkan hiasan taman akan membuat tampilan eksterior rumah jadi lebih cantik dan unik. Jika kamu tidak mau dibebani masalah terkait hiasan taman rusak akibat cuaca, kamu bisa memilih hiasan yang berbahan stainless steel atau berbahan dasar batu.

Sudah siap untuk menambahkan hiasan taman untuk taman impian keluargamu? Yuk, simak beberapa hiasan taman unik berikut ini!

1. Hiasan taman berupa bird feeder

youtube.com

Hiasan taman berupa bird feeder belum terlalu populer di kalangan masyarakat Indonesia. Tapi tidak ada salahnya untuk meletakkan salah satu dekorasi taman ini di taman, apalagi jika kamu penggemar burung. Bird feeder adalah tempat makan burung liar. Dijamin burung-burung liar akan senang datang ke rumah dan membalas kebaikanmu dengan kicauannya yang merdu.

2. Hiasan taman berupa rumah peri dari tunggul pohon

Punya pohon yang baru mati atau terpaksa ditebang karena mengganggu kabel listrik? Jangan buru-buru singkirkan tunggulnya, kamu bisa mengubahnya menjadi hiasan taman yang cantik.

pinterest.com

Misalnya saja membuat rumah peri yang lengkap dengan pintu, jalan setapak, patung-patung kecil, dan bunga hias gantung cantik sebagai penghias atapnya. Jika terlalu malas untuk membuat rumah peri, kamu bisa melubangi bagian atas tunggul dan mengisinya dengan bibit bunga warna-warni.

3. Hiasan taman berupa patung air mancur

buzzfeed.com

Hiasan taman berikutnya cukup mudah, model-model air mancur ditemui di toko perlengkapan kolam dan taman. Patung air mancur yang umum digunakan adalah patung malaikat atau anak kecil yang sedang buang air kecil. Bagaimana jika kali ini menggunakan hiasan taman berupa patung air mancur berbentuk anak kuda nil yang menyemburkan air? Menggemaskan!

4. Hiasan taman sekaligus pencegah lantai becek, rain chain

Pada saat hujan turun, ada satu hal yang membuat repot para pemilik taman yaitu lantai di sekitar taman rumah menjadi becek dan kotor akibat cipratan tanah. Solusinya, kamu bisa menggunakan hiasan taman rain chain. Cara kerja hiasan taman berupa rain chain ini sederhana, air hujan yang turun akan mengalir melalui rantai-rantai kemudian jatuh ke tanah dengan perlahan sehingga tidak menimbulkan cipratan.

latimes.com

Agar rain chain ini bisa menambah nilai estetika, pilihlah bentuk lucu seperti ikan, lonceng, atau kupu-kupu. Mau berkreasi sendiri? Cobalah merangkai rain chain dari sendok dan garpu bekas.

5. Hiasan taman dari pot bekas

Untuk kamu yang suka dengan DIY, hiasan taman yang satu ini pilihan yang tepat! Harga bahan hiasan taman berupa patung dari pot ini murah, bahkan kamu tidak perlu mengeluarkan uang jika memiliki banyak pot bekas.

google.com

Susunlah pot-pot tanaman menggunakan lem atau kawat menjadi orang-orangan yang sedang duduk di atas kayu. Pada pot paling atas, tanamilah tanaman favoritmu sebagai rambutnya.

6. Hiasan taman berupa lilin-lilin cantik

Untuk kamu yang suka mengadakan pesta kebun di taman, jelas membutuhkan penerangan yang cukup. Selain menggunakan lampu taman, kamu bisa menambahkan lilin gantung di beberapa dahan pohon yang juga berfungsi sebagai hiasan taman.

pinterest.com

Agar tidak mudah tertiup angin, letakkan lilin di dalam mason jar. Agar makin cantik, tambahkan kerikil pada bagian dasar lilin dan bunga pada bagian atas mason jar. Hiasan taman yang sederhana ini bisa menciptakan kesan romantis juga loh!


Dengan kehadiran hiasan taman yang unik ini, taman impian keluargamu akan menjadi lebih menarik. Kamu sebagai penghuni rumah akan senang dan para tamu yang datang akan terpesona menikmatinya. Jadi, kapan mau meletakkan hiasan taman favoritmu? Selamat menghias taman rumahmu!

Temukan aneka furnitur untuk tamanmu di Dekoruma! Ada kursi teras, kursi panjang, kursi malas, dan meja kopi. Selain itu, Dekoruma juga jual Guhdo, Comforta, dan King Koil, merek kasur ternama yang bisa kamu gunakan untuk tidur di kamar. Lengkap banget, ‘kan? Yuk, langsung saja kepoin Dekoruma!