Bagi kamu yang tinggal di kawasan perumahan modern atau di apartemen, pasti sudah tidak asing lagi dengan konsep open plan (ruang terbuka). Konsep ini menyebabkan beberapa ruangan seperti ruang tamu, dapur, dan ruang makan harus menyatu tanpa adanya dinding penyekat. Karena konsep open plan ini, ruang tamu juga harus merangkap menjadi ruang TV atau ruang keluarga. Oleh karena itu, dekorasi ruang tamu yang diterapkan tidak sama dengan dekorasi ruang tamu tertutup.

Dekorasi ruang tamu yang meliputi pemilihan dan penataan furnitur, elemen dekoratif, serta pemilihan warna cat rumah harus dapat menyiasati resiko yang muncul dari konsep open plan ini. Dekorasi yang dipilih harus selaras dengan dekorasi ruangan lainnya. Untuk mengetahui lebih jauh, yuk langsung saja simak tipsnya satu persatu!

1. Gunakan Furnitur Sebagai Pembatas Ruang Tamu

dekoruma.com

Jika kamu menginginkan sedikit privasi pada ruang tamu yang langsung terhubung dengan ruangan lain, maka dekorasi ruang tamu yang bisa dicoba adalah menjadikan lemari atau rak display, rak-rak buku, ataupun meja konsol sebagai sebuah pembatas ruangan. Selain itu, dekorasi ruang tamu menggunakan mini bar atau island bar juga bisa dijadikan sekat ruangan antara ruang tamu dengan ruangan lainnya.

dekoruma.com

Jika kamu bingung dimana bisa mendapatkan furnitur atau dekorasi untuk dijadikan sebagai pembatas ruangan, Dekoruma jual rak buku dan rak display dengan berbagai model dan ukuran yang bisa kamu sesuaikan dengan luas ruang tamu. Dengan demikian kamu bisa menciptakan ruang tamu yang lebih privasi dengan mudah.

2. Perhatikan Bentuk dan Letak Sofa

pinterest.com

Untuk dekorasi ruang tamu dengan konsep open plan, kamu bisa menggunakan sofa dengan bentuk L. Bentuknya yang menyiku bisa dengan mudah disesuaikan dengan ragam kebutuhan ruangan. Misalnya, pada dekorasi ruang tamu, sofa berbentuk L bisa kamu tempatkan di sudut ruangan atau di tengah ruangan, dihadapkan ke arah focal point ruang tamu, yaitu TV, atau menyamping dengan jendela.

pinterest.com

Sebaiknya sofa tidak membelakangi dinding pada dekorasi ruang tamu terbuka, melainkan memusat ditengah ruangan. Untuk membuat kesan ini pada ruang tamu, kamu bisa menyusun beberapa sofa kecil membentuk huruf U, dengan sofa utamanya membelakangi ruangan lain.

3. Pasang Rug atau Karpet untuk Menandakan Wilayah Ruang Tamu

pinterest.com

Penggunaan karpet pada dekorasi ruang tamu yang tidak bersekat sangat penting. Karpet dapat menjadi penanda batas antar ruangan. Sesuaikan warna atau corak karpet dengan dekorasi ruang tamu seperti sofa, coffee table, dan dengan dekorasi ruangan terdekatnya, supaya prinsip harmoni pada kesatuan ruang tetap terjaga.

pinterest.com

Dengan menggunakan karpet pada salah satu area, para tamu yang berkunjung jadi bisa membedakan mana ruang tamu dan mana ruang lainnya. Kehadiran karpet ini juga bisa menciptakan suasana yang lebih hangat pada ruang tamumu, lho!

4. Terapkan Perpaduan Warna yang Senada dengan Ruangan Lain

pinterest.com

Konsep dekorasi ruang tamu pada ruangan terbuka adalah bagian dari dekorasi ruangan secara keseluruhan. Konsep dekorasi ruang tamu dapat dibuat lebih mengalir salah satunya melalui warna. Buatlah seakan dekorasi ruang tamu melanjutkan tema dekorasi ruangan-ruangan disekitarnya. Kamu bisa memberanikan diri menerapkan konsep dekorasi ruang tamu yang kontras dengan ruangan lain, tetapi jangan sampai melenceng jauh dari kesatuan desain secara keseluruhan.

Agar dekorasi ruang tamu terlihat seimbang dengan ruangan lain, pilihlah warna cat dinding yang netral, mainkan kontras warna melalui warna. Kalau kamu sedang mencari furnitur yang bisa disesuaikan dengan dekorasi ruang tamu berkonsep open plan milikmu, Dekoruma jual kursi, sofa, karpet, gorden, dan chusion dengan beragam model dan warna.

5. Lengkapi Dekorasi Ruang Tamu Terbuka dengan Beragam Aksesoris

pinterest.com

Setelah furnitur tersusun rapi, kini giliran pernak-pernik dipasang untuk melengkapi dekorasi ruang tamu yang ada. Pada dekorasi ruang tamu terbuka, meskipun tidak dekat ke dinding, kamu tetap bisa memasang artwork dan kolase bingkai foto, lho. Kamu bisa memasangnya pada bagian belakang lemari yang kamu jadikan penyekat. Cermin yang dipasang berhadap-hadapan juga bisa memberikan kesan ruang tamu yang lebih luas.

pinterest.com

Menata ruangan dengan konsep open plan memang seperti melukis di atas kanvas kosong, kamu bisa bebas bereskpresi di dalamnya. Namun, jangan sampai melupakan room planning (merencanakan sketsa tata letak furnitur dan dekorasi) dan perhitungkan juga ukuran furnitur dengan ukuran ruangannya. Pastikan kamu mengisi hunian dengan furnitur dan dekorasi berkualitas yang bisa kamu temukan di Dekoruma. Dekoruma juga jual meja tv berkualitas untuk ruang tamu berkonsep open plan.

Tak hanya untuk ruang tamumu saja, Dekoruma juga menyediakan aneka jenis kasur untuk mengisi kamar tidurmu, lho! Ada banyak merek kasur terkenal yang bisa kamu pilih. Dekoruma jual kasur Airland, kasur King Koil, dan kasur Serta. Yuk, cari semua kebutuhan rumahmu di Dekoruma!