Rumahmu terdiri atas 2 lantai? Jika iya, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan area kosong yang ada di bawah tangga. Area kosong ini bisa kamu manfaatkan sebagai tempat penyimpanan yang maksimal. Apalagi jika rumah kamu berukuran kecil, namun kebutuhan area penyimpanan sangat tinggi. Solusi yang tepat adalah membuat lemari bawah tangga.

Bagi kamu yang tertarik mencobanya, coba simak beberapa desain lemari bawah tangga berikut ini!

1. Lemari bawah tangga untuk buku

home-designing.com

Bagi penggemar buku, memiliki perpustakaan pribadi di ruang santai yang nyaman adalah mimpi yang jadi kenyataan. Tidak perlu berukuran besar, dua lemari bawah tanah seperti ini rasanya cukup untuk diubah jadi rak buku. Agar lebih nyaman kamu bisa meletakkan karpet dan window nook yang lengkap dengan bantal di sebelah lemari bawah tangga ini.

2. Lemari bawah tangga sebagai area pajang

pinterest.com

Kamu perlu meletakkan beberapa dekorasi agar rumah terlihat lebih menarik. Buat saja lemari bawah tangga yang sifatnya terbuka seperti ini. Kemudian letakkan benda pajangan sesuai dengan ukurannya masing-masing, misalnya sebuah dekorasi vas bunga.

 

3. Lemari bawah tangga untuk menyimpan sepatu

pinterest.com

Lemari bawah tangga juga bisa diubah sebagai rak sepatu, rak pakaian, hingga tempat untuk meletakkan payung. Saat hendak keluar rumah, kamu bisa mengunjungi area ini dan mengambil barang-barang yang diperlukan. Dijamin tidak ada barang yang akan ketinggalan lagi selama bepergian!

4. Lemari bawah tangga untuk menyimpan minuman anggur

decoist.com

Jika para penggemar buku bisa memiliki perpustakaan pribadi di bawah tangga, maka para pecinta minuman anggur juga bisa memanfaatkan lemari bawah tangga. Lemari bawah tangga untuk menyimpan minuman anggur ini tidak perlu mewah dan rumit, cukup berupa rak-rak sederhana. Letakkan minuman anggur berdasarkan merk atau tahun pembuatan agar kamu lebih mudah mencari botol yang diinginkan ya.

5. Lemari bawah tangga yang tertutup

idealhome.co.uk

Lemari bawah tangga yang tertutup akan membuat ruangan terlihat lebih rapi. Lemari bawah tangga dengan model kotak-kotak seperti ini cocok sebagai kotak penyimpanan mainan, handuk, koleksi sarung bantal, hingga alat-alat kebersihan.

6. Lemari bawah tangga untuk tempat tidur peliharaan dan meja belajar

pinterest.com

Desain lemari bawah tangga yang satu ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat tidur peliharaan kesayanganmu. Di sebelahnya masih ada tersisa ruang untuk menempatkan meja belajar. Agar meja belajar semakin komplit, gunakan rak melayang untuk meletakkan berbagai keperluan belajarmu. Kamu bisa memasang aneka hiasan dinding seperti lukisan kaligrafi atau kalimat motivasi.

7. Lemari bawah tangga untuk menyimpan sepeda

homecrux.com

Rumah dengan tipe cluster biasanya dibuat tanpa pagar pembatas. Bagi para pemilik sepeda, hal tersebut bisa membuat was-was karena kemungkinan sepeda dicuri jadi lebih besar. Belum lagi jika sepeda terkena hujan, bisa-bisa sepeda jadi rusak.

Oleh karena itu, manfaatkan saja lemari bawah tangga sebagai tempat menyimpan sepeda. Jika sepedamu bisa dilipat, kamu bisa menggunakan lemari tertutup. Jika sepedamu tidak bisa dilipat, gantungkan saja seperti gambar di atas.

8. Lemari bawah tangga berukuran besar

pinterest.co.uk

Lemari bawah tangga yang berukuran cukup besar ini bisa dimasuki oleh orang dewasa. Area ini cocok untuk menyimpan alat kebersihan seperti alat pel, sapu, lap, kemoceng, pembersih lantai, atau sikat. Rumah pun akan terlihat lebih rapi karena tidak ada alat bersih-bersih di halaman depan atau belakang.


Demikian 8 desain lemari bawah tangga untuk area penyimpanan yang maksimal. Kini area bawah tangga tidak lagi menganggur sia-sia. Jika tidak memungkinkan untuk membuat lemari bawah tangga, coba gunakan laci sebagai gantinya. Kamu bisa menemukannya di Dekoruma yang jual laci dengan beragam model dan ukuran sehingga bisa disesuaikan dengan ukuran bawah tanggamu.

Selain itu, Dekoruma juga jual Olymplast, merek lemari kabinet plastik terkenal yang sudah menjadi produk favorit masyarakat Indonesia. Selamat menciptakan lemari bawah tangga di rumah sendiri! Jangan lupa cek juga artikel menarik lainnya di Dekoruma!