Kegiatan memasak di dapur akan terasa lebih nyaman jika ada sebuah kabinet dapur. Kabinet dapur ini adalah area penyimpanan peralatan masak, peralatan makan, hingga bumbu dapur. Dengan kabinet dapur di area dapur, kamu tidak perlu berjalan jauh untuk menyiapkan segala kebutuhan memasak.

Seperti apa desain kabinet dapur yang tepat untuk kebutuhanmu? Simak 7 desain kabinet dapur berikut ini ya!

Kabinet dapur dengan bukaan samping

dekoruma.com

Desain kabinet dapur dengan bukaan ke samping ini adalah yang paling umum digunakan. Bukaan ke samping akan memudahkan kamu pada saat hendak mencari barang atau peralatan masak di dalam kabinet. Masak pun jadi lebih cepat selesai!

Kabinet dapur dengan pintu bukaan atas

pinterest.com

Kabinet dapur dengan pintu bukaan ke atas akan sangat cocok diletakkan di dapur berukuran kecil di dinding bagian atas. Saat memasang ke dinding, pastikan ada sisa ruang di bagian atas agar langit-langit tidak terpentok oleh pintu kabinet dapur ini. Di dalam kabinet dapur dengan pintu bukaan ke atas ini kamu bisa menyimpan mangkuk, gelas, cangkir, hingga kotak makan, seperti kotak makan Calista.

Kabinet dapur dengan bukaan digeser

pinterest.com

Kabinet dapur dengan bukaan geser ini cocok untuk menghiasi dapur bergaya minimalismu. Kabinet ini dibuat menyatu dengan dinding di dekat area cuci piring sehingga tidak terlihat makan ruang. Terdiri dari beberapa tingkatan rak, kamu bisa menggunakannya sebagai tempat penyimpanan alat makan dan timbangan kue di bagian dasarnya.

4. Kabinet dapur dengan pintu kaca

decoist.com

Kabinet dapur dengan pintu kaca akan memudahkanmu saat hendak mencari peralatan masak atau peralatan makan. Biasanya pintu kaca ini dikombinasikan dengan material kabinet dari stainless steel atau kayu. Kehadirannya bisa membuat dapur terlihat lebih elegan dan rapi.

Kabinet dapur tanpa pintu

decoist.com

Desain kabinet dapur berikutnya yang perlu kamu ketahui adalah kabinet dapur tanpa pintu alias kabinet melayang. Keunggulan dari penggunaan kabinet dapur ini adalah ruang dapur terlihat lebih lega. Kamu pun akan lebih mudah untuk mencari barang saat memerlukannya. Jika kamu mau, peralatan makan warna-warni yang disusun dengan rapi bisa menjadi dekorasi tak langsung untuk ruang dapur. Menarik, ya?

Kabinet dapur dengan pintu papan tulis

decoist.com

Saat berada di dapur, mungkin saja kamu teringat sesuatu akan bumbu dapur yang sudah mau habis atau menemukan ide untuk menu masak untuk akhir pekan. Mencatat menggunakan kertas terkadang bisa terselip dan hilang. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan kabinet dapur dengan pintu dari papan tulis. Di sana kamu bisa menuliskan menu masakan, resep, daftar belanjaan, hingga kata-kata mutiara.

Kabinet dapur dengan pintu tanpa pegangan

elledecor.com

Kabinet dapur dengan pintu tanpa pegangan ini biasanya digunakan pada ruang dapur minimalis dan modern. Tanpa pegangan pintu, kabinet dapur akan terlihat lebih ringkas dan elegan. Untuk menggantikan pegangan pada pintu kabinet, biasanya ada lubang atau cekungan di bagian bawah pintu.

Kabinet dapur dengan ruang maksimal

decoist.com

Tahukah kamu kalau bagian sudut kabinet dapur dekat kulkas seringkali terbuang sia-sia karena posisi pintu yang bertabrakan saat dibuka? Untuk kamu yang menginginkan area penyimpanan maksimal, cobalah gunakan lemari dapur dengan laci 90° pada bagian sudutnya seperti ini. Saat mau membuka laci, kamu bisa melakukannya tanpa bertabrakan serta tidak ada lagi ruang kosong yang tidak terpakai.


Sekarang sudah tahu kan seperti apa saja desain kabinet yang bisa kamu gunakan? Jadi, selamat memilih kabinet yang sesuai dengan kebutuhanmu di dapur!

Kalau kamu sedang mencari perlengkapan makan dan minum untuk melengkapi kabinet dapurmu, Dekoruma jual piring, gelas, cangkir, dan mangkuk. Pilihan mereknya pun ada banyak. Dekoruma jual Nakami, Luminarc, ZEN, dan beragam merek terkenal lainnya yang kualitasnya terjamin.

Tak hanya itu saja, Dekoruma juga jual kursi bar, lemari kabinet, rak dinding, meja makan minimalis, dan berbagai furnitur lainnya dengan beragam model dan merek untuk melengkapi dapurmu. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek di Dekoruma!