Kamu pasti tahu dong tumbuhan bonsai? Hampir sebagian besar orang tahu bahwa bonsai adalah tanaman kerdil yang cantik dengan harga jual yang sangat tinggi. Karena Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki aneka ragam tumbuhan, Indonesia memiliki banyak jenis tumbuhan yang dapat dijadikan bonsai.

Untuk bisa membuat tanaman bonsai dengan bentuk yang unik dibutuhkan keahlian khusus dan waktu yang cukup lama dalam proses pembuatannya. Hal itulah yang menjadikan harga tanaman bonsai bisa mencapai ratusan juta rupiah, tergantung pada usia bonsai dan tingkat kesulitan dalam proses pembuatannya.

Apa kamu tertarik memelihara bonsai di rumah? Jika iya, selain mengetahui cara menanam bonsai, kamu juga harus mengenali jenis bonsai yang bisa kamu tanam. Yuk, simak ulasan dari Kania berikut ini!

Bonsai Adenium

Adenium atau yang disebut dengan kamboja Jepang adalah salah satu jenis tanaman hias yang indah dibonsai karena memiliki akar dan bonggol yang besar dan daya tahan hidup yang tinggi. Bunga Adenium yang berwarna-warni membuat tanaman satu ini semakin menarik untuk dijadikan bonsai.

youtube.com

Kepopuleran bonsai Adenium sampai ke luar negeri. Banyak pencinta tanaman mencari bonsai Adenium karena keunikannya. Bonggolnya yang besar membuat kita bisa bebas berkreasi sesuai keinginan kita. Padukan juga bonsai ini dengan pot yang cantik.

Bonsai Beringin Korea

Berdasarkan perkembangannya, bonsai beringin telah berhasil mengalahkan pamor dari bonsai asam belanda ataupun asam jawa. Bonsai beringin lebih disukai karena mempunyai badan yang besar dan tidak mudah mati.

nichigobonsai.com

Selain itu, bonsai beringin juga mempunyai karakter bentuk batang dan akar yang atraktif. Pohon beringin banyak ditanam di sekitar taman rumah untuk dijadikan tanaman hias.

Bonsai Bougainville

Tanaman bunga bougainville atau kerap disebut sebagai bunga kertas juga salah satu tanaman yang bisa dijadikan bonsai. Bunga bougainville sendiri dipercaya sebagai tanaman yang bisa membawa keberuntungan.

youtube.com

Nggak heran jika harga tanaman hias bonsai ini cukup mahal dan jarang sekali dijual di pasaran secara bebas. Bougainville dapat hidup baik di dataran rendah dan mampu beradaptasi dengan kekurangan air.

Bonsai Cemara Udang

Cemara udang juga termasuk jenis tanaman yang bisa dibuat bonsai. Tumbuhan atau pohon dengan daun yang lancip pada bagian ujungnya seperti jarum ini juga sering disebut sebagai cemara jarum. Selain bentuk daunnya yang unik, cemara udang juga mempunyai batang yang besar dan keras.

pinterest.com

Cemara udang tahan terhadap serangan hama dan gulma. Ciri khas lainnya adalah tanaman ini memiliki daun yang tipis, batang yang segar, serta bonggol besar yang berlekuk-lekuk. Cocok sebagai hiasan penyegar di ruang santai milikmu.

Bonsai Bunga Azalea

Bonsai bunga Azalea adalah salah satu tanaman hias dengan batang kayu yang keras dan daun yang berukuran kecil. Variasi warna yang beragam membuat tanaman yang satu ini dijuluki sebagai salah satu pohon bonsai terindah.

aliexpress.com

Meski tampilannya sangat menarik, bunga Azalea memiliki pertumbuhan yang relatif lambat. Selain itu, bunga Azalea hanya akan berbunga apabila tumbuh di daerah tinggi yang bersuhu rendah.

Bila ditanam di daerah yang rendah, Azalea sulit berbunga bahkan tidak mengeluarkan bunga sama sekali. Hal ini terkait dengan kebutuhan sinar matahari yang diperlukan bunga Azalea.

Pohon Bonsai Serut

Pohon bonsai satu ini memiliki karakteristik daunnya hijau lebat dengan batang berwarna putih. Bonsai pohon serut memiliki buah berwarna hijau dan bunga yang berwarna putih. Namun karena ukurannya yang sangat kecil, kedua bagian tersebut tidak terlalu terlihat. Batang bonsai ini mudah tumbuh di area yang kecil, tunasnya mudah sekali muncul sehingga kita bisa membentuknya batangnya sesuai keinginan kita.

wordpress.com

Pada musim kemarau, bonsai serut akan merontokkan daunnya sebagai salah satu upaya bagi tumbuhan untuk menghemat air yang terkandung di dalamnya. Tapi, daun-daun yang berguguran tersebut akan tumbuh kembali seminggu setelahnya.

Bonsai Pinus

blogspot.com

Bonsai pinus adalah salah satu jenis tanaman hias yang berasal dari pohon pinus atau tusam. Di Indonesia, tanaman ini sering juga disebut dengan damar bunga.

Pohon pinus sesungguhnya memiliki struktur yang sangat besar. Tingginya bisa mencapai 20 sampai 40  meter, namun ketika dibuat bonsai bisa menjadi versi kecil yang tingginya hanya 1 meter saja. Daunnya yang berbentuk jarum berwarna hijau cerah dan diselimuti sisik tipis akan semakin indah ketika ditanam dalam bentuk bonsai.

Bonsai Buxus

Buxus atau boxwood adalah salah satu spesies tumbuhan yang bisa dibentuk sebagai bonsai. Memiliki daun yang mengelilingi tangkai hingga batangnya, tanaman ini tingginya hanya 30 sampai 40 sentimeter dan umurnya bisa mencapai 15 tahun.

wikipedia.org

Tanaman ini merupakan tanaman asli dari Eropa bagian barat dan selatan, Afrika bagian barat laut, serta Asia barat daya. Buxus bisa dikatakan tumbuhan langka. Banyak pencinta tanaman hias yang belum mengetahui keberadaan tumbuhan unik dan eksentrik ini.


Itulah delapan jenis bonsai yang cantik dan menarik yang bisa membuat rumahmu semakin asri sekaligus indah dipandang. Tertarik memilikinya di rumah? Yuk, hadirkan bonsai di rumah dengan menerapkan cara membuat bonsai bersama keluarga!

Kesulitan mencari furnitur berkualitas yang tepat untuk hunianmu? Kamu bisa menemukannya secara online di Dekoruma, lho! Dekoruma jual rak display, meja, kursi, sofa, tempat tidur, lemari pakaian, dan furnitur lainnya dengan beragam model.

Dekoruma juga jual kasur The Luxe, King Koil, dan Sleep Care, tiga merek kasur ternama dengan kualitas material terbaik untuk menemani tidur nyenyakmu. Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!