Pada masa pertumbuhannya, anak-anak sangat mudah menyerap dan mempelajari hal-hal baru. Ini adalah saat yang tepat bagi  orang tua untuk memfasilitasi aktivitas belajar mereka, salah satunya dengan memiliki ruang belajar yang edukatif dan nyaman di rumah. Tantanganya adalah suasana ruang belajar harus didesain semenarik dan semenyenangkan mungkin. agar anak-anak tidak gampang bosan dan hilang fokus saat belajar.

Apa saja yang harus diperthatikan dalam penataan ruang belajar untuk anak? Inilah 6 kiat efektif untuk mendesain ruang belajar edukatif di rumahmu.

1. Ciptakan Ruang Belajar yang Kolaboratif

dekoruma.com

Untuk anak-anak, aktivitas belajar akan lebih menyenangkan dan tidak terasa sulit jika dilakukan bersama-sama. Maka dari itu, akan lebih baik jika ruang belajar di rumah bisa mengakomodasi beberapa orang. Dengan begitu, mereka bisa berkreasi bersama dengan saudara mereka atau pun mengerjakan pekerjaan rumah bersama dengan teman yang lain. Orang tua juga bisa ikut berkolaborasi dengan mereka di ruang belajar ini.

2. Pilih Furnitur dan Alat Peraga yang Atraktif

dekoruma.com

Agar desain ruang belajar bisa menarik perhatian si kecil, kamu bisa memilih furnitur dengan desain yang berbeda, misalnya satu set meja belajar berbentuk kuda nil ini, si kecil pasti betah menulis dan menggambar di sana. Dalam penataannya di ruang belajar, meja belajar bisa ditempatkan di dekat jendela. Cahaya yang cukup dari lampu belajar dan jendela, serta udara segar bisa membantu menstimulasi kreativitas mereka.

dekoruma.com

Ruang belajar yang edukatif adalah ruang belajar yang diisi dengan mainan dan alat peraga yang dapat membantu perkembangan otak si kecil. Sediakan alat peraga atraktif di ruang belajar, seperti sempoa, sebuah papan tulis, buku-buku, dan segala hal yang bisa membuat orang tua terlibat dalam proses belajar mereka.

3. Percantik Ruang Belajar Dengan Dekorasi Dinding yang Kreatif

dekoruma.com

Dinding sebagai latar sangat mempengaruhi pensuanaan ruang belajar, pilihan warna cat rumah dan dekor dinding yang dipilih harus bisa membangkitkan semangat belajar dan inspirasi anak-anakmu. Ajak mereka memilih warna cat dan membuat hiasan dinding  bersama-sama, jadikan dinding ruang belajar sebagai kanvas untuk anak-anakmu berkreasi.

4. Sediakan Rak Sebagai Area Penyimpanan

dekoruma.com

Mendesain ruang belajar yang edukatif sama halnya dengan mengajarkan anak-anakmu untuk merapikan dan merawat barang-barang milik mereka. Agar ruang belajar tertata dengan rapi, tempatkan rak buku untuk menyimpan buku-buku dan peralatan belajar mereka. Libatkan mereka dalam penataanya dengan mengelompokan buku dan barang-barang yang lain ke dalam boks-boks kotak penyimpanan.

5. Lengkapi dengan Meja Belajar Multifungsi

dekoruma.com

Meja belajar yang bisa berfungsi sebagai ruang penyimpanan sekaligus alat peraga bisa menjadi furnitur alternatif untuk sebuah ruang belajar yang edukatif.  Meja belajar ini juga awet digunakan sampai si kecil besar. Bahkan, meja ini bisa digunakan sebagai meja komputer.

6. Tambahkan Aksesoris dan Benda-benda yang Mereka Sukai

dekoruma.com

Personalisasi ruang belajar dengan memajang barang-barang kesukaan si kecil. Agar mereka semakin merasa memiliki ruang belajar tersebut, pasang papan hias atau hiasan dinding yang bertuliskan nama mereka. Memasang quote penyemangat belajar dan mood board untuk menempel karya mereka juga membuat mereka semakin semangat berkarya.

Mainkanlah kombinasi warna pada penataan dekorasi ini, seperti kesatuan warna pastel pada pajangan di rak dan warna biru yang berpadu serasi dengan warna abu-abu dan putih.

dekoruma.com

Bagaimana, tidak sulit kan mendesain ruang belajar untuk anak? Dengan konsep ruang belajar yang edukatif suasana belajar di rumah pun akan semakin seru. Selamat mencoba!

Ingin mengganti furnitur rumahmu dengan yang baru? Di Dekoruma, kamu bisa menemukan aneka jenis furnitur berkualitas dengan harga bersahabat, lho! Dekoruma jual rak dinding, meja makan, lemari anak, sofa, dan kursi kantor dengan beragam model serta ukuran.

Selain itu, Dekoruma juga jual cermin, lampu hias, lukisan, tirai, dan berbagai dekorasi lainnya yang pastinya siap menghidupkan suasana rumahmu. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!

Artikel ini juga dimuat di Kompas.com